1. Sentuhan Cinta Ibu dan Tempra, Sembuhkan Anak dari Sakit
  2. Terbang dengan Pesawat Sriwijaya Air dan Nikmati Pesona Lain dari Danau Toba
  3. My 2018 Resolution: Tahun Baru, Semangat Baru bersama Theragran-M
  4. [Review Novel] Angel in the Rain – Windry Ramadhina
  5. DIY Origami Pembatas Buku
  6. Madu Vitabumin Penjaga Daya Tahan Tubuh Anak, Ada di Mana-mana
  7. Voucher Diskon Bukalapak bisa Dimanfaatkan oleh Siapa Saja
  8. Tips Belanja Hemat ala Perempuan Cermat
  9. Padu Padan Boots untuk Muslimah ala Dian Pelangi
  10. Berkaca pada Usia, Apa yang Pemuda Berikan untuk Negara?
  11. Kenapa Menulis di Blog?
  12. Cinta dan Muara Kehidupan
  13. Jatuh Cinta pada Dunia Fana yang Melenakan
  14. Cara Allah Menegur Kita
  15. O’Chicken, Organik Fried Chicken Halal yang Bikin Ketagihan
  16. Resep Simpel Anti Telat Masuk Kantor Ala Salimah Food
  17. Jeruk Kalamansi, Sang Produk Unggulan Bengkulu
  18. Perilaku Mengedepankan Gengsi
  19. Solusi Nabung Untung dengan SOBATKU
  20. Ingin Buka Bisnis? Yuk Pelajari Dulu Resikonya!
  21. Realita Kids Zaman Now, Ada Apa?
  22. Liburan ke Luar Kota, Mengapa dijadikan Liburan Impian?
  23. Kopi Gading Cempaka, Oleh-Oleh Khas Bengkulu
  24. Asuransi Jiwa, Seberapa Penting?
  25. Tentang Poligami, Siapkah jika Suami Menikah Lagi?
  26. Menelusuri Warisan Sejarah di Bengkulu
  27. Kemerdekaan dan Kebebasan Berpendapat
  28. Layanan AC Terlengkap di Central Elektro Bengkulu
  29. Yuk ke Pulau Tikus bareng Koperasi Jasa Sapta Pesona Wisata!
  30. Happy Birthday, Blogger Bengkulu!
  31. Kenapa dari Domain Gratis Berubah menjadi Domain Berbayar?
  32. Disclosure
  33. Kita Tidak Tahu…
  34. Menari di Bawah Hujan
  35. [Asean Trip 2016] We’re Going to Siem Reap Cambodia!
  36. [Asean Trip 2016] Catch up di KLIA 2 Kuala Lumpur Malaysia
  37. [Asean Trip 2016] Akhirnya Resmi Jadi Anak Ilang Lagi! Welcome to Kuala Lumpur Malaysia!
  38. Sitemap
  39. Hey, I Miss You. I Just Can’t Tell You.
  40. Mai Kuraki – Koi ni Koishite
  41. Mai Kuraki – Secret of My Heart
  42. [Review Film] Melbourne: Rewind The Movie
  43. Nanowrimo Challenge, Day 1
  44. Tentang Cerita Sederhana
  45. Dari Anakmu yang Selalu Rindu
  46. Kenapa Harus Pergi?
  47. Rindu Itu Nyata
  48. Belajar Memahami Karakter Orang Lain
  49. Kepada Rindu yang Membelenggu
  50. [Review Buku] Purple Eyes – Prisca Primasari
  51. Izinkan Aku
  52. Bisakah Kita Kembali ke Masa Lalu?
  53. [Review Buku] All You Need is Love – Fakhrisina Amalia
  54. Anda Tidak Dijamin Masuk Surga Hanya Karena Anggapan Anda Atas Orang Lain
  55. [Review Buku] Heartling – Indah Hanaco
  56. Jika Nantinya Jarak itu Tiba
  57. Seandainya, Suatu Saat Nanti
  58. Merindu Langit Biru
  59. Aku Pernah Jatuh Cinta
  60. Menghitung Rindu
  61. Ada
  62. [Review Buku] Friends Don’t Kiss – Syafrina Siregar
  63. Kepada Tuan yang Tidak Sempurna #2
  64. [Review Buku] Not A Perfect Wedding – Asri Tahir
  65. Tentang Rindu
  66. [Review Buku] 11 Jejak Cinta Kumpulan Cerpen Teenlit
  67. Kamu (Jangan Pernah) Kembali
  68. [Review Buku] Holland, One Fine Day in Leiden – Feba Sukmana
  69. Like Rain, I Fell for You
  70. [Review Film] TV Movie Radio Rebel
  71. Hati Ini – Nabilah JKT48 (OST. Sunshine Becomes You)
  72. [Review Film] Sunshine Becomes You The Movie
  73. [Review Buku] Sincerely Yours – Tia Widiana
  74. [Review Film] Negeri Van Oranje The Movie
  75. [Review Buku] Promises, Promises – Dahlian
  76. [Review Film] Single – Raditya Dika
  77. [Review Buku] Negeri Van Oranje – Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, Rizki Pandu Permana
  78. [Review Buku] Baby Proposal – Dahlian dan Gielda Latifa
  79. Note to Myself
  80. (Bukan Ucapan) Selamat Hari Ibu, Ibu
  81. Super Random Post
  82. Kangen
  83. [Review Buku] Travel in Love – Diego Christian
  84. Semua Hal Terjadi Karena Sebuah Alasan
  85. Hanya Raga Tanpa Jiwa, Tanpa Hati
  86. Mencintaimu, Sesulit Itu.
  87. Kepada Tuan yang Tidak Sempurna
  88. Tik.
  89. [Review Buku] I Remember You – Stephanie Zen
  90. [Review Novel] Memori – Windry Ramadhina
  91. [Review Buku] Manga Gals – Mihona Fuji
  92. #NulisRandom2015 – 2
  93. #NulisRandom2015 – 1
  94. Confident – Demi Lovato
  95. [Review Film] Maze Runner: The Scorch Trials
  96. [Review Buku] Unplanned Love – Jenny Thalia Faurine
  97. What Does Traveling Means to Me?
  98. Something that Comes in My Mind
  99. Tentang Pindah dan Rasa Kehilangan
  100. [Review Film] Catatan Akhir Kuliah The Movie
  101. Sail Tomini 2015
  102. Buku dan Passion
  103. Desa Pondok Kelapa, Memperingati KKN Dua Tahun yang Lalu
  104. Pergi
  105. [Review Buku] Sunshine Becomes You – Ilana Tan
  106. Diam
  107. [Review Buku] Imaji Terindah – Sitta Karina
  108. [Review Buku] Lukisan Hujan (Edisi Lama) – Sitta Karina
  109. [Review Buku] Even If It Kills Me Diet Abis-abisan – Dorothy Joan Harris
  110. [Review Buku] Kencana – Sitta Karina
  111. [Review Buku] Koala Kumal – Raditya Dika
  112. Daftar Buku yang Telah Dibaca (Selalu Update)
  113. Aku Terjaga
  114. Aku Meragu
  115. Hujan Malam Ini.
  116. [Review Buku] Dirty Little Secret – AliaZalea
  117. Warrior – Demi Lovato
  118. Running Man di Indonesia! Asian Dream Cup 2014!
  119. [Review Buku] SeoulVivor – Lia Indra Andriana & Tatz
  120. Perbaikan Tugas 2 E-Commerce – Artikel If-Else
  121. Tugas 4 Ecommerce – Artikel Pemrograman Intenet dan E-commerce
  122. Tugas 4 Ecommerce – Pengalaman di Teknik Informatika Universitas Bengkulu
  123. Google Removes .CO.CC Subdomains Over Phishing, Spam Concerns
  124. Secrets in the Keyboard Shift Key Functions
  125. The Risk of Working in the IT World
  126. About Me
  127. Portfolio
  128. IU 바다가 기억하는 얘기 (Memories of the Sea)
  129. #forlife Writing Project
  130. For The Love Of A Daughter
  131. Believe In Me – Demi Lovato
  132. I Miss You – Miley Cyrus
  133. Just For My Mom
  134. #dearpapa

Aku mau nanya nih, siapa sih yang sekarang ini ga kenal sama asuransi jiwa? Atau minimal asuransi lah ya, udah jadi rahasia umum kok.

Asuransi

n. Pertanggungan (perjanjian antara dua pihak, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat)

Asuransi jiwa

n. Perjanjian jiwa (tentang kematian) [Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima]

Asuransi jiwa seringkali menjadi pokok pembicaraan antara aku dan beberapa teman. Karena kami masuk dalam kategori usia produktif, maka selain masalah pekerjaan, asuransi jiwa pun menjadi bahan perbincangan.

Membeli polis asuransi jiwa menjadi hal penting, terutama dalam keluarga. Wajib, kudu, harus, mesti punya asuransi jiwa lah pokoknya.

Kenapa sih asuransi itu penting bagi keluargaku?

  • Kalau dulu ada Ibu yang membantu perekonomian keluarga, sekarang tidak lagi. Sejak Ayah menjadi satu-satunya pencari nafkah di keluarga kami, asuransi menjadi begitu krusial. Asuransi jiwa sebagai layanan asuransi yang berfungsi sebagai salah satu pencegahan terjadinya kerugian finansial akibat kematian anggota keluarga tertanggung, di mana tertanggung menjadi pencari nafkah utama (dalam keluarga kami adalah Ayah). Tidak ada yang bisa mengetahui jika ada musibah atau jika ada kemungkinan terburuk, orang tersayang pergi meninggalkan kita untuk selamanya bukan?
  • Di keluarga kami, diabetes menjadi musuh nomor satu. Keturunan penderita diabetes memiliki resiko enam kali lebih besar untuk ikut menderita diabetes. Kakek dari pihak ayah sampai sekarang menderita diabetes, yang kemudian diturunkannya kepada ayah. Untunglah sampai saat ini aku dan adik-adik belum terindikasi untuk terkena penyakit ini. Dengan memiliki polis asuransi jiwa, kita bisa lebih tenang jika terjadi apa-apa pada Ayah dan semua anggota keluarga.
  • Ini juga yang menjadi alasan penting bagi kami untuk memiliki asuransi jiwa: untuk menabung. Ayahku bukanlah seorang pegawai negeri ataupun pegawai swasta. Sebagai seorang wiraswasta yang tidak selalu bisa diprediksi penghasilannya dan memiliki banyak anak yang beberapa masih kecil, asuransi jiwa menjadi sangat penting sebagai persiapan di hari tua juga sebagai  perlindungan terhadap biaya pendidikan anak-anak di masa mendatang yang sudah pasti semakin mahal. Bayangkan jika tidak memiliki asuransi jiwa, bagaimana dengan biaya pendidikan adik-adikku ini?
  • Dan yang paling penting bagiku sekarang: untuk memberikan rasa aman saat pergi traveling. Yup, aku senang sekali menjelajah tempat-tempat baru. Selalu ada kesenangan tersendiri bagiku mendapati kakiku bergerak ke manapun yang aku inginkan. Masalah yang sering timbul tiap kali aku akan bepergian ini adalah soal perizinan. Sebagai orang tua yang takut anak perempuannya pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, akan lebih nyaman meninggalkan keluarga jika kita sudah membeli polis asuransi jiwa. Dan tentunya yang di rumah pun juga lebih tenteram rasanya.

Asuransi Jiwa

Sumber gambar: lintasgayo

Apa aja sih pengalaman asuransi yang pernah aku alami?

Akhir-akhir ini, aku sering ditawarkan program asuransi jiwa terbaru oleh sebuah badan. Aku mengerti bahwa para pegawainya yang menawarkan fitur-fitur yang tersedia itu akan mendapatkan bonus jika ada yang tertarik membeli asuransi jiwa tersebut. Sempat juga aku dipaksa untuk tanda tangan, tapi aku berkelit dan meminta waktu untuk berpikir. Sebenarnya hal tersebut terasa sedikit menyebalkan. Ini bisa jadi saran untuk penyedia layanan asuransi jiwa agar meningkatkan pelayanannya… ^^

Belum lama ini juga, aku lepas dari asuransi wajib yang ditetapkan pemerintah karena sudah melewati umur dan sudah selesai kuliah. Sebelumnya, dengan menggunakan asuransi ini, cukup mudah untuk mengklaim jika terjadi musibah.

Sebagai contohnya, salah seorang adik aku sudah beberapa kali keluar-masuk rumah sakit dikarenakan fisiknya yang lemah. Jika kami tidak memiliki asuransi, beberapa kali masuk rumah sakit ini tentu menyedot banyak biaya. Syukurnya dengan asuransi ini bisa meng-cover biaya rumah sakit, sehingga mengurangi biaya meskipun masih ada tambahan biaya yang kami bayar.

Lalu, sebagai seorang pecinta buku yang kerjaannya baca di manapun dan kapanpun ini, menjadikanku mau tidak mau mengalami sedikit gangguan penglihatan. Dengan asuransi yang aku miliki sebelumnya, aku bisa memeriksa kesehatan mata dan mendapatkan kacamata secara gratis. Lumayan banget loh ^^

Aku juga memiliki tabungan berjangka bulanan. Dengan tabungan berjangka bulanan ini, aku diwajibkan untuk membayar beberapa ratus ribu setiap bulannya yang kemudian akan dikembalikan ke nomor rekeningku setelah melewati batas waktu yang ditentukan. Dengan tabungan berjangka bulanan ini pula, aku menerima polis asuransi di mana akan memberikan sejumlah biaya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, selama batas waktu tabungan berjangka bulanan tersebut dibayarkan.

Ohiya, bercerita tentang traveling nih, akhir tahun lalu saat aku dan seorang teman dalam perjalanan pulang dari pergi menggembel, kami mengalami kecelakaan. Waktu itu, kami menaiki mini bus yang mana sepertinya dikarenakan sopirnya mengantuk sehingga mini bus kami menabrak sebuah mobil. Mobil yang kami tabrak itu ringsek, penumpangnya terluka parah dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Alhamdulillah aku dan temanku ini tidak apa-apa karena kami tidak ada yang tertidur saat itu, hanya lebam memar di beberapa tempat, bibir berdarah, juga bibir pecah dan dagu berdarah karena terantuk kursi di depan kami. Saat itu malam hari dan lokasi kejadian berada di tengah hutan. Untungnya, dari tiket travel mini bus yang kami tumpangi itu, terdapat juga tarif asuransi yang menjamin keselamatan kami. Sehingga setelah sampai di tempat tujuan, beberapa hari setelah itu Ibu dari temanku ini mendatangi loket travel tersebut untuk mendapat uang ganti rugi dari tarif pengobatan kami berdua.

See, penting banget kan asuransi jiwa buat kita?

Saat ini, aku sedang mempertimbangkan beberapa asuransi jiwa yang kira-kira cocok buatku. Adakah saran dari teman-teman semua? ^^

 

Baca juga: Tentang Poligami, Siapkah jika Suami Menikah Lagi?

Tags:

Lulus dari Teknik Informatika, namun tidak bisa lepas dari novel dan sastra.
Menulis tentang traveling, review buku, review film, coret-coretan pribadi, jurnal absurd, serta hal-hal random.

Related Article

29 Comments

Nadzan Affi 22/09/2017 at 23:57

Harusnya sih penting, soalnya takut terjadi apa apa kalau lagi kerja atau perjalanan, nice artikel

    Anindita Ayu Prastiwi 23/09/2017 at 00:01

    Penting banget kak.. makasihh ya… ^^

Hastira 23/09/2017 at 02:22

makasih sharingnya

    Anindita Ayu Prastiwi 23/09/2017 at 05:17

    Sama-sama kak.. ^^

Ifah 23/09/2017 at 06:58

Harusnya penting. Untuk antisipasi jika terjadi sesuatu yg tdk diinginkan dan bs untuk tabungan ms depan juga.

    Anindita Ayu Prastiwi 23/09/2017 at 11:30

    Iya mbak. Kita ga tau apa aja yang bakal terjadi di masa depan kan.. ^^

Dede Ruslan 23/09/2017 at 08:10

ya, aku jadi paham arti pentingnya asuransi disaat keadaan yang tidak diinginkan misal tidak ada tabungan mencukupi utk biaya perobatan..

    Anindita Ayu Prastiwi 23/09/2017 at 11:30

    Haha sip, semoga bermanfaat kak.. ^^

Anjar Setyoko 23/09/2017 at 09:20

Bener banget memang asuransi sangat penting buat kita. sebagai alat proteksi dan jaga diri kalau-kalau ada kemalangan suatu hari nanti. Tapi dari pengalaman mbak anindita kalau ada yang nawarin asuransi cenderung memaksa. Wah jadi takut milih instansi yang kompeten dengan premi yang nggak ribet dan klaim yang bisa cepat.

    Anindita Ayu Prastiwi 23/09/2017 at 11:30

    Iya kak. Banyak pertimbangan banget sebelum memilih asuransi jiwa yang tepat nih..

Nurul Sufitri 23/09/2017 at 21:20

memang kita mesti sedia payung sebelum hujan ya mbak 😀 Aku sih selama ini punya asuransi pendidikan dan kesehatan. Yang penting jelas ya apa saja hak dan kewajiban masing2 kedua belah pihak.

    Anindita Ayu Prastiwi 24/09/2017 at 12:23

    Iya mbak, mesti ada kejelasan antara dua belah pihak, jangan sampai merugikan salah satunya.. ^^
    Asuransi pendidikan sepertinya juga penting nih mbak.. ^^

elva 27/09/2017 at 12:51

Asuransi memang sangat penting ya mbak, apalagi utk persiapan di hari tua

    Anindita Ayu Prastiwi 27/09/2017 at 21:10

    Nah bener mbak.. ^^

Dunia Faisol 27/09/2017 at 20:15

Penting banget menurutku mbak, terlebih sekarang dah makin banyak sesuatu yang bisa menghalangi keluarga kita kedepannya.

    Anindita Ayu Prastiwi 27/09/2017 at 21:10

    Bener banget kak.. ^^

Fillyawie 28/09/2017 at 21:33

Sekarang banyak sekali produk asuransi, nggak sesimple seperti produk asuransi jaman dulu, sekedar asuransi kesehatan, jiwa, pendidikan, dst.
Sebelum memilih produk seperti apa yang akan kita beli, ada baiknya di diskusikan terlebih dahulu dan di baca baik2 term and conditions yang ada. Pastikan kita membeli produk yang tepat, sehingga asuransi tsb benar-benar bisa menjadi pertolongan yang terbaik ketika dibutuhkan.

    Anindita Ayu Prastiwi 30/09/2017 at 12:34

    Bener banget mak. Teliti sebelum memutuskan asuransi yang dipilih itu kuncinya.. ^^

Alfu laila 29/09/2017 at 13:04

Penting bgt maakk.. Duh suka mikir kejadian terburuk kalau suatu saat kita kenapa-kenapa, hiks

    Anindita Ayu Prastiwi 30/09/2017 at 12:33

    Iya mak, perempuan gini ya emang, suka parno duluan. Makanya penting banget punya asuransi jiwa kan mak… ^^

mbak avy 01/10/2017 at 07:32

asuransi penting banget lo
tapi saya masyarakat kita msh blm percaya bgt sama asuransi

makasih sharingnya ya

    Anindita Ayu Prastiwi 01/10/2017 at 08:29

    Iya, kepercayaan masyarakat emang masih sangat kurang.
    Sama-sama mbak.. ^^

Kuma Seo 03/10/2017 at 22:16

jadi asuransi jiwa enting ya, wah mau ikut deh tapi yang sesuai budget yah

    Anindita Ayu Prastiwi 04/10/2017 at 05:17

    Ayo ikut kak.. ^^

Utie adnu 06/10/2017 at 06:11

Bner bngt mba asuransi jiwa itu seperti payung utk berjaga2 krn kita gk tahu apa yg trjd besok noted

    Anindita Ayu Prastiwi 06/10/2017 at 08:04

    Bener banget mbak.. ^^

Ata 20/10/2017 at 08:18

Hallo, Mba Anin. Kebetulan aku kerja di bidang ini dan Alhamdulillah seneng kalo ada yang sudah aware perihal pentingnya asuransi jiwa.
Saranku sebelum membeli polis, perhatikan baik-baik syarat umum polis, hak dan kewajiban yang akan didapat dan dilaksanakan oleh tertanggung dan penanggung, sama pilihlah asuransi yang sesuai dengan kemampuan plus kebutuhan Mba Anin. Kalo seneng investasi, ada juga asuransi jiwa yang didukung dengan investasi. Jadi selain berasuransi juga ada investasinya. Atau ada juga asuransi jiwa plus rider (misal: rawat inap). Sama perhatikan perusahaannya, apakah ‘sehat’? Dijamin oleh pemerintah? Diawasi oleh OJK? Karena ga mau kan kalo kita susah klaimnya di kemudian hari hehe. Kalau mau sharing tentang ini boleh japri aja di WA hehe aku ga jualan kok, tenang 😛

    Anindita Ayu Prastiwi 20/10/2017 at 10:44

    Wah makasih sharingnya mbak.. Siap, nanti bakal japri mbak Ata langsung buat nanya-nanya… ^^

Leave a Comment

Anindita Ayu

Anindita Ayu

Stay Connected

Archives

Community

IBX5A274EC1167BB
error: Content is protected !!