1. Sentuhan Cinta Ibu dan Tempra, Sembuhkan Anak dari Sakit
  2. Terbang dengan Pesawat Sriwijaya Air dan Nikmati Pesona Lain dari Danau Toba
  3. My 2018 Resolution: Tahun Baru, Semangat Baru bersama Theragran-M
  4. [Review Novel] Angel in the Rain – Windry Ramadhina
  5. DIY Origami Pembatas Buku
  6. Madu Vitabumin Penjaga Daya Tahan Tubuh Anak, Ada di Mana-mana
  7. Voucher Diskon Bukalapak bisa Dimanfaatkan oleh Siapa Saja
  8. Tips Belanja Hemat ala Perempuan Cermat
  9. Padu Padan Boots untuk Muslimah ala Dian Pelangi
  10. Berkaca pada Usia, Apa yang Pemuda Berikan untuk Negara?
  11. Kenapa Menulis di Blog?
  12. Cinta dan Muara Kehidupan
  13. Jatuh Cinta pada Dunia Fana yang Melenakan
  14. Cara Allah Menegur Kita
  15. O’Chicken, Organik Fried Chicken Halal yang Bikin Ketagihan
  16. Resep Simpel Anti Telat Masuk Kantor Ala Salimah Food
  17. Jeruk Kalamansi, Sang Produk Unggulan Bengkulu
  18. Perilaku Mengedepankan Gengsi
  19. Solusi Nabung Untung dengan SOBATKU
  20. Ingin Buka Bisnis? Yuk Pelajari Dulu Resikonya!
  21. Realita Kids Zaman Now, Ada Apa?
  22. Liburan ke Luar Kota, Mengapa dijadikan Liburan Impian?
  23. Kopi Gading Cempaka, Oleh-Oleh Khas Bengkulu
  24. Asuransi Jiwa, Seberapa Penting?
  25. Tentang Poligami, Siapkah jika Suami Menikah Lagi?
  26. Menelusuri Warisan Sejarah di Bengkulu
  27. Kemerdekaan dan Kebebasan Berpendapat
  28. Layanan AC Terlengkap di Central Elektro Bengkulu
  29. Yuk ke Pulau Tikus bareng Koperasi Jasa Sapta Pesona Wisata!
  30. Happy Birthday, Blogger Bengkulu!
  31. Kenapa dari Domain Gratis Berubah menjadi Domain Berbayar?
  32. Disclosure
  33. Kita Tidak Tahu…
  34. Menari di Bawah Hujan
  35. [Asean Trip 2016] We’re Going to Siem Reap Cambodia!
  36. [Asean Trip 2016] Catch up di KLIA 2 Kuala Lumpur Malaysia
  37. [Asean Trip 2016] Akhirnya Resmi Jadi Anak Ilang Lagi! Welcome to Kuala Lumpur Malaysia!
  38. Sitemap
  39. Hey, I Miss You. I Just Can’t Tell You.
  40. Mai Kuraki – Koi ni Koishite
  41. Mai Kuraki – Secret of My Heart
  42. [Review Film] Melbourne: Rewind The Movie
  43. Nanowrimo Challenge, Day 1
  44. Tentang Cerita Sederhana
  45. Dari Anakmu yang Selalu Rindu
  46. Kenapa Harus Pergi?
  47. Rindu Itu Nyata
  48. Belajar Memahami Karakter Orang Lain
  49. Kepada Rindu yang Membelenggu
  50. [Review Buku] Purple Eyes – Prisca Primasari
  51. Izinkan Aku
  52. Bisakah Kita Kembali ke Masa Lalu?
  53. [Review Buku] All You Need is Love – Fakhrisina Amalia
  54. Anda Tidak Dijamin Masuk Surga Hanya Karena Anggapan Anda Atas Orang Lain
  55. [Review Buku] Heartling – Indah Hanaco
  56. Jika Nantinya Jarak itu Tiba
  57. Seandainya, Suatu Saat Nanti
  58. Merindu Langit Biru
  59. Aku Pernah Jatuh Cinta
  60. Menghitung Rindu
  61. Ada
  62. [Review Buku] Friends Don’t Kiss – Syafrina Siregar
  63. Kepada Tuan yang Tidak Sempurna #2
  64. [Review Buku] Not A Perfect Wedding – Asri Tahir
  65. Tentang Rindu
  66. [Review Buku] 11 Jejak Cinta Kumpulan Cerpen Teenlit
  67. Kamu (Jangan Pernah) Kembali
  68. [Review Buku] Holland, One Fine Day in Leiden – Feba Sukmana
  69. Like Rain, I Fell for You
  70. [Review Film] TV Movie Radio Rebel
  71. Hati Ini – Nabilah JKT48 (OST. Sunshine Becomes You)
  72. [Review Film] Sunshine Becomes You The Movie
  73. [Review Buku] Sincerely Yours – Tia Widiana
  74. [Review Film] Negeri Van Oranje The Movie
  75. [Review Buku] Promises, Promises – Dahlian
  76. [Review Film] Single – Raditya Dika
  77. [Review Buku] Negeri Van Oranje – Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, Rizki Pandu Permana
  78. [Review Buku] Baby Proposal – Dahlian dan Gielda Latifa
  79. Note to Myself
  80. (Bukan Ucapan) Selamat Hari Ibu, Ibu
  81. Super Random Post
  82. Kangen
  83. [Review Buku] Travel in Love – Diego Christian
  84. Semua Hal Terjadi Karena Sebuah Alasan
  85. Hanya Raga Tanpa Jiwa, Tanpa Hati
  86. Mencintaimu, Sesulit Itu.
  87. Kepada Tuan yang Tidak Sempurna
  88. Tik.
  89. [Review Buku] I Remember You – Stephanie Zen
  90. [Review Novel] Memori – Windry Ramadhina
  91. [Review Buku] Manga Gals – Mihona Fuji
  92. #NulisRandom2015 – 2
  93. #NulisRandom2015 – 1
  94. Confident – Demi Lovato
  95. [Review Film] Maze Runner: The Scorch Trials
  96. [Review Buku] Unplanned Love – Jenny Thalia Faurine
  97. What Does Traveling Means to Me?
  98. Something that Comes in My Mind
  99. Tentang Pindah dan Rasa Kehilangan
  100. [Review Film] Catatan Akhir Kuliah The Movie
  101. Sail Tomini 2015
  102. Buku dan Passion
  103. Desa Pondok Kelapa, Memperingati KKN Dua Tahun yang Lalu
  104. Pergi
  105. [Review Buku] Sunshine Becomes You – Ilana Tan
  106. Diam
  107. [Review Buku] Imaji Terindah – Sitta Karina
  108. [Review Buku] Lukisan Hujan (Edisi Lama) – Sitta Karina
  109. [Review Buku] Even If It Kills Me Diet Abis-abisan – Dorothy Joan Harris
  110. [Review Buku] Kencana – Sitta Karina
  111. [Review Buku] Koala Kumal – Raditya Dika
  112. Daftar Buku yang Telah Dibaca (Selalu Update)
  113. Aku Terjaga
  114. Aku Meragu
  115. Hujan Malam Ini.
  116. [Review Buku] Dirty Little Secret – AliaZalea
  117. Warrior – Demi Lovato
  118. Running Man di Indonesia! Asian Dream Cup 2014!
  119. [Review Buku] SeoulVivor – Lia Indra Andriana & Tatz
  120. Perbaikan Tugas 2 E-Commerce – Artikel If-Else
  121. Tugas 4 Ecommerce – Artikel Pemrograman Intenet dan E-commerce
  122. Tugas 4 Ecommerce – Pengalaman di Teknik Informatika Universitas Bengkulu
  123. Google Removes .CO.CC Subdomains Over Phishing, Spam Concerns
  124. Secrets in the Keyboard Shift Key Functions
  125. The Risk of Working in the IT World
  126. About Me
  127. Portfolio
  128. IU 바다가 기억하는 얘기 (Memories of the Sea)
  129. #forlife Writing Project
  130. For The Love Of A Daughter
  131. Believe In Me – Demi Lovato
  132. I Miss You – Miley Cyrus
  133. Just For My Mom
  134. #dearpapa
DIY Origami Pembatas Buku

DIY origami pembatas buku

Waktunya balik lagi dengan #KEBloggingCollab. Untuk kali ini tema yang diajukan mak Alfu kali ini adalah DIY, dengan postingan triggernya adalah Key Cover Buatan Sendiri. Tantangan baru lagi nih, selama ini kan belum pernah menulis tentang DIY. Mak-mak di KEB ini tiap tema yang diajukan mantap-mantap semua, rata-rata bikin baper atau pusing sendiri XP

Oke ngaku, ini postingan udah telat banget. Beberapa minggu ini lagi riweuh banget-nget-nget. Bolak-balik sana sini udah macem makhluk nomaden. Ah sudahlah, mari kembali ke topik awal.

Dikarenakan aku adalah seorang penimbun buku, yang paling dekat dengan keseharianku ya buku. Untuk sederhananya, aku memilih membuat DIY origami pembatas buku ini karena beberapa alasan di baliknya, antara lain:

  1. Untuk buku-buku terbitan baru, sebagian besar memang telah dilengkapi dengan pembatas buku namun tidak semua. Buku-buku terbitan lama juga kebanyakan tidak memiliki pembatas buku, hingga aku sering menyelipkan kertas, tiket, struk pembayaran dan lain-lain sebagai pembatas. Namun sayangnya, terkadang aku jenuh dengan bentuk pembatas yang itu-itu saja dan membutuhkan variasi.
  2. Banyak di antara peminjam buku-bukuku itu walaupun telah diselipkan pembatas di dalam bukunya, namun tetap melipat kertas di dalamnya sebagai penanda bacaan mereka. Jenis peminjam seperti ini nih yang mengesalkan. Udah minjem, merusak pula. Jadi perlu pembatas buku yang lebih besar agar mereka sadar dan tidak merusak buku-bukuku lagi.
  3. Dan alasan ketiga adalah: see how cute this origami bookmark is?

So without further do, let’s get this DIY Origami Pembatas Buku started.

DIY origami pembatas buku

Ada dua jenis pembatas buku yang akan kita buat kali ini. Untuk alat dan bahan kita hanya membutuhkan kertas origami yang banyak dijual di toko buku. Kertas origami ini pun banyak jenisnya. Ada yang polos, bermotif, berwarna bolak-balik, dan beberapa jenis lainnya. Tinggal pilih saja jenis dan ukuran kertas origami yang kita butuhkan.

DIY origami pembatas buku

Pembatas buku pertama

Untuk jenis pembatas buku ini, aku menggunakan kertas origami bermotif. Adapun cara pembuatannya antara lain:

a. Lipat secara diagonal kertas origami. Lipat pula sisi satunya secara diagonal.

DIY origami pembatas buku

b. Buka kembali pola lipatan awal. Balikkan kertas, lalu lipat dua. Ulangi pada sisi lainnya.

DIY origami pembatas buku

c. Lipat menjadi segitiga seperti pola berikut ini.

DIY origami pembatas buku

d. Ambil salah satu sudut lancip dari pola segitiga, lalu lipat ke arah atas. Lakukan hal yang sama pada sisi satunya.

DIY origami pembatas buku

e. Buka lipatan pada langkah d. Ikuti pola sebelumnya, lalu lipat pola ke atas seperti gambar di bawah ini.

DIY origami pembatas buku

f. Ambil sudut tengah, lalu tekuk tepat pada lipatan dalam hingga kembali membentuk segitiga seperti contoh berikut ini.

DIY origami pembatas buku

g. Lipat kembali sudut tengah tadi dan lipat ke kiri hingga bersentuhan dengan pola segitiga pada langkah f. Repeat pada sudut tengah yang satu lagi.

DIY origami pembatas buku

h. Lipat sudut lancip bentukan dari langkah g ke arah atas pada kedua sudut.

DIY origami pembatas buku

i. Lipat ke arah belakang kertas origami di atas segitiga hasil dari langkah h. And we’re done! It is so cute, isn’t it?

DIY origami pembatas buku

DIY origami pembatas buku

Dicobain langsung di buku. Cute ya!

Pembatas buku kedua

Untuk pembeda dari jenis pertama tadi, maka untuk pembatas buku kedua ini aku menggunakan kertas origami polos. Dan langkah-langkah pembuatannya antara lain:

a. Lipat menjadi dua bagian pada kertas origami. Lipat juga pada sisi lainnya.

DIY origami pembatas buku

b. Setelah itu, lipat menjadi dua setengah bagian dari kertas origami.

DIY origami pembatas buku

c. Balik kertas yang telah kita lipat tersebut. Ambil kedua ujung atas dari lipatan sebelumnya dan lipat ke arah bawah secara simetris.

DIY origami pembatas buku

d. Balikkan lagi kertas origami. Ambil kedua sudut bawah dari kertas, dan lipat ke arah dalam secara simetris.

DIY origami pembatas buku

e. Balikkan kembali kertas origami. Kali ini, ujung lancip yang tadinya mengarah ke atas kita putar ke arah bawah. Ambil sudut di lapisan luar kertas origami, lalu tekuk menjadi segitiga seperti contoh ini. Lakukan juga pada sisi lainnya.

DIY origami pembatas buku

f. Setelah itu, ambil kembali sisa sisi di bagian tengah kertas origami dan lipat menuju segitiga hasil langkah e. Lakukan pula pada sisi satunya.

DIY origami pembatas buku

g. Lipat sudut lancip hasil dari langkah f ke arah atas seperti gambar.

DIY origami pembatas buku

h. Dan terakhir, lipat ke arah belakang setengah bagian dari kertas origami. Selesai deh!

DIY origami pembatas buku

See, aku sih bakal bikin banyak nih. Me likey!

DIY origami pembatas buku

Kamu lebih suka yang mana? Pembatas buku origami jenis pertama atau kedua? Sharing yuk DIY apa yang sering dibuat.. ^^

DIY origami pembatas buku

Dituliskan untuk #KEBloggingCollab kelompok Najwa Shihab.

Baca juga: Padu Padan Boots untuk Muslimah ala Dian Pelangi

Tags: ,

Lulus dari Teknik Informatika, namun tidak bisa lepas dari novel dan sastra.
Menulis tentang traveling, review buku, review film, coret-coretan pribadi, jurnal absurd, serta hal-hal random.

Related Article

30 Comments

Ambar Pravita 29/11/2017 at 18:43

Wahh,, mau donk di buatin qaqa’ 😊😊

Fillyawie 29/11/2017 at 20:29

Lucu banget origaminya, jadi inget jaman pas masih sekolah dulu sering banget bikin origami tapi sekarang udah lupa caranya. Lihat ini ingatan saya jadi ter refresh kembali. Bagus Mak DIY nya step by step nya jelas dan mudah diikuti.

Miranti 30/11/2017 at 09:34

Gemes gemeess, apalagi sekarang origami udah ga polosan lagi yaa, makin semangat lipet2nyaa 😀

Atiqo 30/11/2017 at 10:37

Cuteeeee
Mau cona arghhh

Sumayyah Tsabitah 30/11/2017 at 11:30

Bagus mbakk.. Aku suka liatnya, apalagi yg model pertamaa… Mau coba ahhh

Munasyaroh 30/11/2017 at 11:57

Keren neh pembatas bukunya, mau praktek bikin sama anak2 ah….

Aang verianto 30/11/2017 at 15:56

Baru tau juga kalo origami bisa dijadiin pembatas buku. Terimaksih tulisannya informatif

Ria Kurniasih 30/11/2017 at 17:40

Wahhh aku suka model yang pertama nih, makasih ya nin tutorialnya jafi bisa bikin sendiri pembatas bukunya

Kartika Nugmalia 30/11/2017 at 18:21

Aaaakkkk….ini lucuk bangeeeettt enelaaaann. Nyontek yaaa…pasti buku jadi makin cantik kalau pembatas bukunya kece beginiii. Laffff

Elva Susanti 30/11/2017 at 19:06

Keren hasilnya mbak, cantik dan cara buatnya pun detail. Mau nih nyoba, saya suka yang pertama

Fira Firdaus 30/11/2017 at 20:49

wih lucu banget mbak, pas baca judul sebenarnya kupikir mau bikin pembatas yang persegi biasa bonus buku (yang sering aku hilangin hehe). Ternyata buat disudut. Bisa dicoba nih

Apura 30/11/2017 at 21:46

Coba ahhh lucuk banget pembatas bukunya

Ammar Dental 01/12/2017 at 01:15

Mantap yah mba sangat kreatif. di rumah aku jadi contohin itu loh

herva yulyanti 01/12/2017 at 06:05

lucu mba ini aplagi kertas origaminya yg motif jd kepengen bikin juga ni

monda 01/12/2017 at 08:54

lucu banget mak pembatas bukunya…
gampang tapi unik ya…
selama ini aku batasin buku pake tiket2 museum yg bagus2 dilaminating aja

Helena 01/12/2017 at 10:27

Kertas lipatnya lucu deh motifnya. Makin cantik setelah jadi pembatas buku.

Junita Susanti 01/12/2017 at 10:44

aku harus ocba kak bikin pembatas dari origami, sale selama ini aku suka gunting2 undangan buat dijadiin pembatas… kurang ketjeh hihihi

Dahlia Siregar 01/12/2017 at 10:50

Origami memang media kreatif yg disukai segala usia. Boleh nih dijadikan suvenir wedding

andyhardiyanti 01/12/2017 at 11:50

Kebetulan nih di rumah lagi ada stok kertas origami dan pas banget si kakak lagi doyan-doyannya baca buku. Nanti coba bikin pembatas buku seperti di atas ah~

Erik A Saputro 01/12/2017 at 12:43

karena memang suka membaca, dari pada bukunya dilipet-lipet dan bikin buku rusak mending make origami ini yah… kreatif bgt… ^^

zefy 01/12/2017 at 14:19

cantik ya pembatas bukunya nin, mbak mau juga

Puspita Yudaningrum 01/12/2017 at 19:07

Lucuuu.. Kreatif bgt mbak Anin. Mau buat juga aah itu buku” yg ada yg punya pembatas hehe

Mira Kaizen 02/12/2017 at 03:06

Kreatif banget nih kak anin, memang pembatas buku perlu banget buat yg cinta buku. Cz klo aku paling gk suka liat halaman buku dilipat-lipat gara-gara dijadiin sebagai pembatas bacaan. Rasanya kasian banget liat si buku yang halamannya banyak rusak perihal kemalasan kita kasih pembatas.

Enny Mamito 02/12/2017 at 11:59

Lucuukk.. Dan bermanfaat bgt. Secara pas beli buku gak selalu ada pembatas bukunya. Thanks for share mb 🙂

Lulu Shifa 02/12/2017 at 14:23

Lucuuu lucuu..
thanks for sharing kakak ^_^

Keluarganawra 03/12/2017 at 08:11

wah, bisa ditiru ama kakak Nawra ini, mungkin nanti nunggu ante anin datang gajarin ya, hahaha

Alfu Laila 03/12/2017 at 17:11

Keren makkk, simple tapi bermanfaat 😍😍

Nining 03/12/2017 at 19:24

Aaaaah, selain kertasnya yg udah lucu. Model origaminya pun kiyut!

Salam kenal mak 🙂

lianny hendrawati 13/12/2017 at 21:06

Cakeup pembatas bukunyaaa, kreatif banget!

Leave a Comment

Anindita Ayu

Anindita Ayu

Stay Connected

Archives

Community

IBX5A274EC1167BB
error: Content is protected !!