1. Sentuhan Cinta Ibu dan Tempra, Sembuhkan Anak dari Sakit
  2. Terbang dengan Pesawat Sriwijaya Air dan Nikmati Pesona Lain dari Danau Toba
  3. My 2018 Resolution: Tahun Baru, Semangat Baru bersama Theragran-M
  4. [Review Novel] Angel in the Rain – Windry Ramadhina
  5. DIY Origami Pembatas Buku
  6. Madu Vitabumin Penjaga Daya Tahan Tubuh Anak, Ada di Mana-mana
  7. Voucher Diskon Bukalapak bisa Dimanfaatkan oleh Siapa Saja
  8. Tips Belanja Hemat ala Perempuan Cermat
  9. Padu Padan Boots untuk Muslimah ala Dian Pelangi
  10. Berkaca pada Usia, Apa yang Pemuda Berikan untuk Negara?
  11. Kenapa Menulis di Blog?
  12. Cinta dan Muara Kehidupan
  13. Jatuh Cinta pada Dunia Fana yang Melenakan
  14. Cara Allah Menegur Kita
  15. O’Chicken, Organik Fried Chicken Halal yang Bikin Ketagihan
  16. Resep Simpel Anti Telat Masuk Kantor Ala Salimah Food
  17. Jeruk Kalamansi, Sang Produk Unggulan Bengkulu
  18. Perilaku Mengedepankan Gengsi
  19. Solusi Nabung Untung dengan SOBATKU
  20. Ingin Buka Bisnis? Yuk Pelajari Dulu Resikonya!
  21. Realita Kids Zaman Now, Ada Apa?
  22. Liburan ke Luar Kota, Mengapa dijadikan Liburan Impian?
  23. Kopi Gading Cempaka, Oleh-Oleh Khas Bengkulu
  24. Asuransi Jiwa, Seberapa Penting?
  25. Tentang Poligami, Siapkah jika Suami Menikah Lagi?
  26. Menelusuri Warisan Sejarah di Bengkulu
  27. Kemerdekaan dan Kebebasan Berpendapat
  28. Layanan AC Terlengkap di Central Elektro Bengkulu
  29. Yuk ke Pulau Tikus bareng Koperasi Jasa Sapta Pesona Wisata!
  30. Happy Birthday, Blogger Bengkulu!
  31. Kenapa dari Domain Gratis Berubah menjadi Domain Berbayar?
  32. Disclosure
  33. Kita Tidak Tahu…
  34. Menari di Bawah Hujan
  35. [Asean Trip 2016] We’re Going to Siem Reap Cambodia!
  36. [Asean Trip 2016] Catch up di KLIA 2 Kuala Lumpur Malaysia
  37. [Asean Trip 2016] Akhirnya Resmi Jadi Anak Ilang Lagi! Welcome to Kuala Lumpur Malaysia!
  38. Sitemap
  39. Hey, I Miss You. I Just Can’t Tell You.
  40. Mai Kuraki – Koi ni Koishite
  41. Mai Kuraki – Secret of My Heart
  42. [Review Film] Melbourne: Rewind The Movie
  43. Nanowrimo Challenge, Day 1
  44. Tentang Cerita Sederhana
  45. Dari Anakmu yang Selalu Rindu
  46. Kenapa Harus Pergi?
  47. Rindu Itu Nyata
  48. Belajar Memahami Karakter Orang Lain
  49. Kepada Rindu yang Membelenggu
  50. [Review Buku] Purple Eyes – Prisca Primasari
  51. Izinkan Aku
  52. Bisakah Kita Kembali ke Masa Lalu?
  53. [Review Buku] All You Need is Love – Fakhrisina Amalia
  54. Anda Tidak Dijamin Masuk Surga Hanya Karena Anggapan Anda Atas Orang Lain
  55. [Review Buku] Heartling – Indah Hanaco
  56. Jika Nantinya Jarak itu Tiba
  57. Seandainya, Suatu Saat Nanti
  58. Merindu Langit Biru
  59. Aku Pernah Jatuh Cinta
  60. Menghitung Rindu
  61. Ada
  62. [Review Buku] Friends Don’t Kiss – Syafrina Siregar
  63. Kepada Tuan yang Tidak Sempurna #2
  64. [Review Buku] Not A Perfect Wedding – Asri Tahir
  65. Tentang Rindu
  66. [Review Buku] 11 Jejak Cinta Kumpulan Cerpen Teenlit
  67. Kamu (Jangan Pernah) Kembali
  68. [Review Buku] Holland, One Fine Day in Leiden – Feba Sukmana
  69. Like Rain, I Fell for You
  70. [Review Film] TV Movie Radio Rebel
  71. Hati Ini – Nabilah JKT48 (OST. Sunshine Becomes You)
  72. [Review Film] Sunshine Becomes You The Movie
  73. [Review Buku] Sincerely Yours – Tia Widiana
  74. [Review Film] Negeri Van Oranje The Movie
  75. [Review Buku] Promises, Promises – Dahlian
  76. [Review Film] Single – Raditya Dika
  77. [Review Buku] Negeri Van Oranje – Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, Rizki Pandu Permana
  78. [Review Buku] Baby Proposal – Dahlian dan Gielda Latifa
  79. Note to Myself
  80. (Bukan Ucapan) Selamat Hari Ibu, Ibu
  81. Super Random Post
  82. Kangen
  83. [Review Buku] Travel in Love – Diego Christian
  84. Semua Hal Terjadi Karena Sebuah Alasan
  85. Hanya Raga Tanpa Jiwa, Tanpa Hati
  86. Mencintaimu, Sesulit Itu.
  87. Kepada Tuan yang Tidak Sempurna
  88. Tik.
  89. [Review Buku] I Remember You – Stephanie Zen
  90. [Review Novel] Memori – Windry Ramadhina
  91. [Review Buku] Manga Gals – Mihona Fuji
  92. #NulisRandom2015 – 2
  93. #NulisRandom2015 – 1
  94. Confident – Demi Lovato
  95. [Review Film] Maze Runner: The Scorch Trials
  96. [Review Buku] Unplanned Love – Jenny Thalia Faurine
  97. What Does Traveling Means to Me?
  98. Something that Comes in My Mind
  99. Tentang Pindah dan Rasa Kehilangan
  100. [Review Film] Catatan Akhir Kuliah The Movie
  101. Sail Tomini 2015
  102. Buku dan Passion
  103. Desa Pondok Kelapa, Memperingati KKN Dua Tahun yang Lalu
  104. Pergi
  105. [Review Buku] Sunshine Becomes You – Ilana Tan
  106. Diam
  107. [Review Buku] Imaji Terindah – Sitta Karina
  108. [Review Buku] Lukisan Hujan (Edisi Lama) – Sitta Karina
  109. [Review Buku] Even If It Kills Me Diet Abis-abisan – Dorothy Joan Harris
  110. [Review Buku] Kencana – Sitta Karina
  111. [Review Buku] Koala Kumal – Raditya Dika
  112. Daftar Buku yang Telah Dibaca (Selalu Update)
  113. Aku Terjaga
  114. Aku Meragu
  115. Hujan Malam Ini.
  116. [Review Buku] Dirty Little Secret – AliaZalea
  117. Warrior – Demi Lovato
  118. Running Man di Indonesia! Asian Dream Cup 2014!
  119. [Review Buku] SeoulVivor – Lia Indra Andriana & Tatz
  120. Perbaikan Tugas 2 E-Commerce – Artikel If-Else
  121. Tugas 4 Ecommerce – Artikel Pemrograman Intenet dan E-commerce
  122. Tugas 4 Ecommerce – Pengalaman di Teknik Informatika Universitas Bengkulu
  123. Google Removes .CO.CC Subdomains Over Phishing, Spam Concerns
  124. Secrets in the Keyboard Shift Key Functions
  125. The Risk of Working in the IT World
  126. About Me
  127. Portfolio
  128. IU 바다가 기억하는 얘기 (Memories of the Sea)
  129. #forlife Writing Project
  130. For The Love Of A Daughter
  131. Believe In Me – Demi Lovato
  132. I Miss You – Miley Cyrus
  133. Just For My Mom
  134. #dearpapa

Hitam manis, hitam manis
Yang hitam manis

*Eh kok malah nyanyi? XP

Kopi dan mahasiswa Teknik Informatika, bisa dibayangkan kaitannya seperti apa?

Ga usah dijelaskan panjang lebar lagi ya hahaha. Jadi anak TI itu bisa dipastikan bakal sering begadang menghadapi tugas-tugas bertumpuk. Berkumpul bersama teman-teman sambil mengerjakan tugas yang ga habis-habis, apa lagi sih yang setia menemani sepanjang malam? Cemilan dan tentu saja minuman penghalau kantuk, kopi misalnya.

Aku sendiri bukanlah seorang pecandu kopi. Tidak banyak jenis kopi setelah aku cicipi rasanya, membuatku ketagihan. Seringnya sih, udah dicicip ya udah gitu aja, ga mau lagi. Pilihan paling aman buatku ya permen kopiko, apalagi zaman udah lulus kuliah gini. Eh tapi pas cobain Kopi Gading Cempaka di Kelas Blogger Kedua dari Blogger Bengkulu, ternyata aku suka banget sama kopi ini ^^

Kopi Gading Cempaka

Since 1920-

Kopi Gading Cempaka menyediakan Kopi Premium, sebagai manivestasi kecantikan dan kecerdasan dari sosok Putri Gading Cempaka. Putri Gading Cempaka merupakan putri bungsu dari Raja Ratu Agung, pendiri sekaligus Raja pertama Kerajaan Sungai Serut. Parasnya cantik memesona titisan dari Kerajaan Majapahit. Putri Gading Cempaka juga memiliki kecerdasan yang rupawan. Karena sebab inilah, pangeran dari Aceh tergila-gila padanya. Lantaran pinangannya ditolak, terjadilah perang dahsyat antara kerajaan Bengkulu dengan pasukan pangeran Aceh.

Sebagai posisi ketiga dari lima daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia dengan hasil panen menghasilkan 88.861 ton tiap tahun, Kopi Gading Cempaka mencoba mengangkat sejarah panjang masyarakat Bengkulu yang diangkat untuk mengabadikan sejarah leluhur. Selain itu, provinsi Bengkulu juga merupakan daerah segi tiga emas penghasil Robusta terbesar ketiga di pulau Sumatera setelah Sumatera Selatan dan Lampung.

Pemilihan Buah Kopi pada Kopi Gading Cempaka

Pemilihan Buah Kopi pada Kopi Gading Cempaka

Mengikuti slogan yang digunakan, Kopi Gading Cempaka diproduksi dengan melalui banyak tahapan, antara lain:

  1. Tahap pertama, pemilihan buah kopi yang telah merah untuk dipetik.
  2. Tahap kedua, melakukan proses sortasi tahap pertama, untuk memastikan tidak ada buah kopi yang busuk dan memisahkan buah kopi yang benar-benar matang dan yang belum matang namun turut terpetik.
  3. Tahap ketiga, buah kopi yang telah dilakukan sortasi tahap pertama tadi dijemur.
  4. Tahap keempat, setelah dijemur hingga kering, akan dilanjutkan dengan pengupasan kulit pada buah kopi terpilih.
  5. Tahap kelima, dilakukan sortasi tahap kedua hingga benar-benar menjadi biji kopi pilihan berkualitas premium. Proses sortasi kedua ini juga akan benar-benar memilih biji kopi berkualitas bagus, yang akan dipisahkan dari biji kopi yang rusak.
  6. Tahap keenam, dilakukan proses sortasi tahap ketiga
  7. Tahap ketujuh, dilakukan proses roasting atau pemanggangan.
  8. Tahap kedelapan, setelah dilakukan proses roasting, akan dilakukan proses sortasi tahap keempat untuk membuang biji kopi yang terlihat pucat atau tidak sama dengan biji-biji lain.
  9. Tahap kesembilan, dilakukan penggilingan pada biji kopi
  10. Tahap kesepuluh, pengemasan.
Biji Kopi Terbaik pada Kopi Gading Cempaka

Biji Kopi Terbaik pada Kopi Gading Cempaka

Panjang ya prosesnya? Menghasilkan serbuk kopi yang benar-benar enak itu jelas membutuhkan tahapan panjang. Ingatlah, sesungguhnya proses tidak akan pernah mengkhianati khasil.

Menurutku, ada tiga aspek yang perlu diperhatikan oleh sebuah produk:

Rasa

Yang membuat kopi robusta premium dari Kopi Gading Cempaka ini beda juga karena empat tahap proses sortasi. Makanya kualitas yang dihasilkan juga bagus sekali. Proses panjang yang ditempuh akan menghasilkan cita rasa khas, yang tentu saja akan menggugah selera. Aromanya harum, rasanya enak, dan ekstrak kopi yang dihasilkan juga lebih halus.

Hampir semua anggota keluargaku menyukai kopi. Jadi tak heran jika aku bahkan membuatkan kopi robusta premium ini untuk dicicipi. Lucunya, saat si Ayah mencoba rasa kopinya, agak susah baginya untuk mendeskripsikan lebih lanjut rasa kopi ini. Biasanya cuma berkomentar “Enak” aja, eh yang ini selang beberapa jam kemudian minta dibikinin lagi XP

Harga

Kopi Gading Cempaka menyediakan dua produk utama baik berupa ‘roasted beans‘ ataupun ‘ground coffee beans‘ dengan harga terjangkau. Seperti kata pepatah lah ya, ada harga ada kualitas.

Robusta Premium 200 gram = Rp 30.000
Arabika Premium 100 gram = Rp 20.000

Packaging Kopi Gading Cempaka

Packaging Kopi Gading Cempaka

Packaging/Kemasan

Kopi robusta premium, Kopi Gading Cempaka ini juga memperhatikan kualitas packaging atau kemasannya. Kopi ini dibungkus dengan packaging berkualitas dan diberikan luaran kantong kertas tebal.

Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar, tak heran jika Bengkulu menjadikan kopi sebagai salah satu oleh-oleh khas daerah. Sering kali aku mendengar orang-orang yang mencicipi kopi asal Bengkulu sangat menyukai rasanya. Apalagi kalo yang jadi oleh-oleh ini kopi robusta premium dari Kopi Gading Cempaka ya, walaupun aku pribadi belum pernah menjadikan kopi ini sebagai oleh-oleh. Ga malu-maluin lah pastinya.

Kopi Bengkulu enak-enak semua loh, walaupun belum begitu terkenal. Kalo ke Bengkulu, jangan lupa beli Kopi Gading Cempaka! Udah dari tahun 1920 kopinya diproduksi, ga bakal nyesel deh. Pertanyaan terakhir nih, hari ini udah ngopi belum? Ngopi pake kopi robusta premium-nya Kopi Gading Cempaka yuk… ^^

Kopi Gading Cempaka

Untuk pemesanan lebih lanjut, dapat menghubungi:

Whatsapp 08117321511 – 081995850700
Twitter @kopigadingID
Fanpage Kopi Gading Cempaka
IG @kopigadingcempaka
www.kopigadingcempaka.com

Bisa juga COD di studio Radio B-One FM Kota Bengkulu
Jalan S. Parman No. 117 Padang Jati Ratu Samban Kota Bengkulu.

Sumber foto tanpa watermark: Kopi Gading Cempaka

 

Baca juga: Asuransi Jiwa, Seberapa Penting?

Tags: ,

Lulus dari Teknik Informatika, namun tidak bisa lepas dari novel dan sastra.
Menulis tentang traveling, review buku, review film, coret-coretan pribadi, jurnal absurd, serta hal-hal random.

Related Article

79 Comments

Alfu laila 30/09/2017 at 14:56

Lumayan murah ya harganya mak 😊 kudu coba nih kapan-kapan 😍

    Anindita Ayu Prastiwi 30/09/2017 at 15:01

    Iya mak, murah ini.. Yuk dicobain mak.. ^^

zefy 30/09/2017 at 14:59

ia, cocok banget nih nin dijadikan oleh-oleh, kalau orang-orang dari Jawa kan sering bawa kopi kalau pulang dari Bengkulu

    Anindita Ayu Prastiwi 30/09/2017 at 15:02

    Iya bener banget nih mbak. Temen anin malah ada yang packing sendiri terus dijual lagi. Dan laku loh mbak XP

nizam 30/09/2017 at 16:19

wah kopi nih, suka ngopi juga biar melek pas nugas

    Anindita Ayu Prastiwi 30/09/2017 at 16:36

    Bener kak. Kopi paling cocok diminum pas nugas ya, biar ga ngantuk hihi ^^

Ria Kurniasih 30/09/2017 at 18:23

Wahhh kemasannya rapi ya, trus harganya juga terjangkau

    Anindita Ayu Prastiwi 30/09/2017 at 19:10

    Bener mbak, packaging juga salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat beli konsumen sih menurutku. Kalo elegan gini kan, lucu.. Jadi tambah pengen beli, hihi ^^

Aang verianto 30/09/2017 at 19:04

Kopinya sdah melalui proses yg baik, jadi tidak ragu untuk konsumsiny

    Anindita Ayu Prastiwi 30/09/2017 at 19:08

    Udah panjang banget proses produksinya ya kak.. ^^

Apura 30/09/2017 at 19:18

Bisa bikin juga kemasan mini, biar bisa lebih banyak yang coba

    Anindita Ayu Prastiwi 30/09/2017 at 19:28

    Ide bagus tuh mbak. Buat tester ya, jadi tambah banyal yang nyicipin.. ^^

ungayossydotcom 30/09/2017 at 20:58

udah jatuh cinta banget sama ini kopi kyaknya kak

    Anindita Ayu Prastiwi 30/09/2017 at 21:00

    Iya mbak, hihihi ^^

Nur Azizah 30/09/2017 at 21:38

Kopi nya bisa dijadiin lulur sama masker nih mba anin

    Anindita Ayu Prastiwi 30/09/2017 at 21:47

    Hahaha iya nih zizah, bisa buat beauty treatment juga ya.. ^^

Kartika Nugmalia 30/09/2017 at 22:57

Aku suka kopiiii….aduh jadi kebayang wanginya seduhan kopi niihhh…boleh deh kapan kapan dicoba yaaaak. Buat temen kalo dikejar deadline #KEBLoggingCollab wkwkwkkw

    Anindita Ayu Prastiwi 01/10/2017 at 03:09

    Hihihi ayo mak dicoba.. ^^

mbak avy 01/10/2017 at 06:35

Indonesia ini kaya kopi juga ya
hampir di semua wilayah mempunyai kopi yg khasm

    Anindita Ayu Prastiwi 01/10/2017 at 08:30

    Iya mbak, udah pernah cobain yang dari Bengkulu kah mbak? ^^

Junita Susanti 01/10/2017 at 13:05

Kopi enak kak.. cocok dijadikan oleh2 untuk saudara di luar kota

    Anindita Ayu Prastiwi 01/10/2017 at 13:09

    Bener banget kak… Dijadikan oleh-oleh cocok ya.. ^^

Kuma Seo 01/10/2017 at 13:16

nikmatnya seduhan kopi gading cempaka, itulah kalimat yang cocok yang saya kasih saat minum kopi ini. ENAAKKK 😀

    Anindita Ayu Prastiwi 01/10/2017 at 13:20

    Iya kak, wanginya juga harum banget ya… ^^

Fillyawie 01/10/2017 at 18:19

Waduh kopi panas itu memang sahabat paling setia di segala suasana. Kalau saya wajib memulai hari dengan secangkir kopi, walaupun sekarang lagi cuti dulu dari minum kopi 😀.
Di hampir setiap daerah di Indonesia kayaknya ada kopi andalan masing-masing ya, boleh juga nih kapan-kapan nyobain kopi Bengkulu. Jadi Penasaran kayak apa rasanya.

    Anindita Ayu Prastiwi 02/10/2017 at 07:58

    Ayo mak, cobain… ^^

Puspita Yudaningrum 02/10/2017 at 04:37

AKu juga suka banget kopi ini. Enak dan gak terlalu pahit walaupun robusta.

    Anindita Ayu Prastiwi 02/10/2017 at 07:58

    Hihihi iya rasanya enak ya… ^^

azmipadila 02/10/2017 at 07:44

iya,,aq sdh cb,, beneran enak,,

    Anindita Ayu Prastiwi 02/10/2017 at 07:54

    Iya bener banget mbak… ^^

Nova Violita 02/10/2017 at 10:38

Hmmm..jadi kangen aroma kopi…
Aku ..sebenarnya suka ngopi tapi asam lambung jadi gak berani nyentuh…

    Anindita Ayu Prastiwi 02/10/2017 at 10:51

    Jangan sering-sering minum kopi kalo begitu mbak… ^^

ayu wardani yue 02/10/2017 at 11:39

kopinya emg enak Mbk, beda, walpun berampas tp ampasnya ga kerasa kyk kopi kebanyakan 😊

    Anindita Ayu Prastiwi 02/10/2017 at 11:43

    Hihihi benar mbak… ^^

Noe 02/10/2017 at 12:10

Utk menghadirkan kopi premium dan berkualitas dan enak, ternyata banyak ya tahapannya. Sayang aku gk bs minum kopi nih, bawaannya deg2an dan mual mules. Heuheu, padahal kopi indonesia salah satu yg terkenal dan punya nilai di mata dunia yaa

    Anindita Ayu Prastiwi 02/10/2017 at 12:56

    Panjang banget emang prosesnya mbak, makanya kualitas yang dihasilkan juga bagus kan.. Sayang banget mbak ga bisa nyobain kopi..
    Iya, kopi Indonesia banyak yang suka emang ya mbak.. ^^

Nchie Hanie 02/10/2017 at 12:24

Waah aku suka kopi niy, kopi bengkulu belom pernah nyobain, kapan2 mesti icip2 niy.

Hayu kita begadang samil ngopi atuh hihii

    Anindita Ayu Prastiwi 02/10/2017 at 12:54

    Hihihi ayo cobain mbak..
    Begadang emang paling cocoknya sambil ngopi ya mbak.. ^^

Inge 02/10/2017 at 13:10

Saya nggak suka kopi tapi suka aroma kopi hehe. Paling doyan kopi ya kopi susu, itu pun bikinnya sesekali pas pengen aja.

    Anindita Ayu Prastiwi 02/10/2017 at 13:12

    Kopi susu juga enak kok… Tapi aroma kopi emang harumnya beda ya mbak.. ^^

meirida 02/10/2017 at 13:43

Hmm.. aroma kopi selalu bisa bikin seger. Apa lagi kopi yg diolah dg penuh cinta … Tsssaah ..

    Anindita Ayu Prastiwi 02/10/2017 at 13:48

    Tambah enak ya mbak rasa kopinya kalo gitu.. ^^

Rach Alida Bahaweres 02/10/2017 at 15:51

Kayaknya kalau ke Bengkulu mau beli oleh oleh kopi juga ah. Sekali skali aku minum kopi dan dikirim teman juga

    Anindita Ayu Prastiwi 02/10/2017 at 17:03

    Ayo sini ke Bengkulu mbak.. ^^

Ambar Pravita 02/10/2017 at 20:37

Inget begadang bikin tugas. Sajian utamanya kopi.. Melek sampe pagi, langsung ngampus.. wkwkwk

    Anindita Ayu Prastiwi 02/10/2017 at 21:27

    Aaaaaa kangen kuliah lagi mak >.<

Wiyati Rino 02/10/2017 at 21:26

Saya suka minum kopi kalau niatnya mau bergadang hehehe

    Anindita Ayu Prastiwi 02/10/2017 at 21:27

    Biar ga ngantuk ya kak, hihi ^^

andyhardiyanti 02/10/2017 at 22:42

Harganya cukup terjangkau yaa..eh tapi kalau sudah dipasarkan di Lombok pasti bakal naik banget, karena ada biaya distribusi dll.

Suami saya suka beli kopi dari daerah-daerah lain soalnya 🙂 Jadi sedikit banyak tahu..

    Anindita Ayu Prastiwi 03/10/2017 at 08:03

    Hehe iya mbak, kalo beli langsung emang jauh lebih murah ya..
    Ayo coba beliin buat suaminya aja mbak kalo gitu.. ^^

Maya Siswadi 03/10/2017 at 06:43

Suamiku suka banget kopi mbaaa. Sementara aku cuma suka aromanya, aku ga bisa minum pure coffee, migrain soalnya

    Anindita Ayu Prastiwi 03/10/2017 at 08:02

    Beliin buat suaminya aja kalo gitu mbak.. ^^

April Hamsa 03/10/2017 at 08:57

Saya peminum kopi tapi bukan pecandu.
Kyknya kalau dilihat daeri prosesnya yang panjang kopi ini pasti jadi salah satu yg bakal disukai para kopiholic ya mbak 😀
Hanya ada di Bengkulu ya? Kudu jadi oleh2 wajib kalau ke sana nih TFS

    Anindita Ayu Prastiwi 03/10/2017 at 09:55

    Iya mbak, kualitasnya bagus emang mbak.. ^^
    Ayo cobain mbak.. ^^

April Hamsa 03/10/2017 at 09:01

Tes komen, komenku kok susah masuk ya mbk, apa dimoderasi 🙁

    Anindita Ayu Prastiwi 03/10/2017 at 09:55

    Iya mbak.. ^^

IndiRa 03/10/2017 at 15:44

Suka bangeeet kopi, tapi sekarang udah ga kuat lagi jantung berdebar hahaha tua banget dech gue.
Mbak Dita suka kopi juga yaa, pasti ini yg pure coffee, enak banget ini mbak kayak kopi Gayo Aceh

    Anindita Ayu Prastiwi 04/10/2017 at 05:13

    Belum pernah nyoba kopi gayo aceh sih.. Wah perlu dicoba juga nih mbak.. ^^

Alaika Abdullah 03/10/2017 at 16:57

Aku belum pernah coba kopi bengkulu, Mba, juga kopi Gading Cempaka ini. Dan sama denganmu, karena bukan pecandu kopi hitam, jadi ga terlalu peduli dg jenisnya.
Tapi membaca ulasanmu, kayaknya perlu dicoba juga nih. 🙂

    Anindita Ayu Prastiwi 04/10/2017 at 05:13

    Ayo dicobain mbak.. ^^

Nova DW 04/10/2017 at 09:41

Proses sortasi sampai 4 kali? Wow … Hmmm… Jadi pingin nyicip juga nih kopinya 🙂

    Anindita Ayu Prastiwi 05/10/2017 at 09:46

    Panjang ya mbak proses sortasi sampai empat kali.. Ayo dicicipin mbak.. ^^

Dian Safitri 04/10/2017 at 10:09

Sepertinya kalau suami ke Bengkulu aku bakal minta dibawain Kopi Gading Cempaka ini. Syukur-syukur sih aku sendiri yang bisa sampai ke Bengkulu.
Pasti enak banget kopi ini ya. Aku pecinta kopi yang menurut aku enggak ada kopi yang enggak enak sih.

    Anindita Ayu Prastiwi 05/10/2017 at 09:44

    Emang cocok banget dijadiin oleh-oleh nih mbak.. Hihihi buat pecinta kopi mah enak semua ya.. ^^

Helena 04/10/2017 at 11:23

30ribu dapat robusta? Whaaa enak ini nyeduh sendiri di rumah. Kalau udah masuk coffee shop jadi berlipat harganya.

    Anindita Ayu Prastiwi 05/10/2017 at 09:43

    Lumayan murah emang mbak untuk robusta. Ayo dicobain mbak.. ^^

lianny hendrawati 04/10/2017 at 15:12

Wah cocok buat oleh-oleh nih kopinya.
Suami yang suka minum kopi, kalo aku teh aja hihi.

    Anindita Ayu Prastiwi 05/10/2017 at 09:37

    Iya mbak, cocok banget ini jadi oleh-oleh… ^^

Ranii 04/10/2017 at 15:34

Hoo jadi ini yaa kopi khas bengkulu. Okaay noted, kalau pan kapan mampir bengkulu, jadi gak bingung lagi cari oleholehnya 😀

    Anindita Ayu Prastiwi 05/10/2017 at 09:37

    Hihihi iya mbak, ayo dicobain.. ^^

Ica Annajmi 05/10/2017 at 22:16

Wah, saya terpana baca 10 tahapan prosesnya mbak. Ekspektasi awal saya membaca, ini mungkin harganya ‘lil bit pricey’ tapi setelah lihat harganya jadi rada kaget. Affordable sekali ya. Semoga nanti kalo ada yang ke Bengkulu saya bisa nitip ini 🙂

    Anindita Ayu Prastiwi 06/10/2017 at 08:56

    Iya mbak, untuk proses yang sebegitu panjang, harganya cukup murah.. Ayo dicobain mbak.. ^^

Utie adnu 06/10/2017 at 06:04

Ingat kopi pasti ingat almarhum bapak Karena cuma dia yg suka di rumah, skrang sedia hny u.tamu yg dtng,, jd mau ke Bengkulu mau explore noted u.tambhan ide oleh2 nya

    Anindita Ayu Prastiwi 06/10/2017 at 08:55

    Sip.. Ayo ke Bengkulu mbak.. ^^

Latifika Sumanti 06/10/2017 at 09:08

Hmmm, aku sukaa banget kopi. Aromanya itu relaxing di aku…. Pengen nyoba kopi Bengkulu jadinya 🙁

    Anindita Ayu Prastiwi 07/10/2017 at 15:44

    Ayo cobain mbak.. ^^

Doni Nurdiansyah 06/10/2017 at 14:36

Pernah merasakan..dan memang uenak banget kopinya…
mantap pollll

    Anindita Ayu Prastiwi 07/10/2017 at 15:26

    Iya kak, ^^

Leave a Comment

Anindita Ayu

Anindita Ayu

Stay Connected

Archives

Community

IBX5A274EC1167BB
error: Content is protected !!