[vc_row][vc_column][vc_column_text]Halo, teman-teman semua![/vc_column_text][vc_column_text]

Sebelumnya, mari kita sedikit flashback ke tahun lalu di mana blog ini hanyalah sebuah blog dengan domain dan hosting gratisan. Yak, masih berplatform blogspot tentunya berisi tulisan yang isinya semua pure tjurhat XP.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Sampai akhirnya Juni tahun lalu aku memutuskan untuk langsung membeli domain sekaligus paket web hosting.  Kenapa harus migrasi ke WordPress self hosted sih, Nin? Yak, nggak tanggung-tanggung langsung migrasi aja si Anin XP

[/vc_column_text][vc_column_text]

Btw sebelumnya, kalau kita ngeblog di blogspot dengan alamat abc.blogspot.com itu berarti domain dan hosting masih menumpang di Blogger ya. Bisa saja teman-teman hanya mengganti domainnya saja menjadi abc.com namun masih menumpang hosting dari Blogger dengan segala konsekuensinya.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://4.bp.blogspot.com/-82uJb1Z4NkQ/W7q091QZjsI/AAAAAAAADUw/vqQNN7IZztk3LiMnZLnSX4VpRzpYtzScQCLcBGAs/s640/kenapa-harus-migrasi-ke-wordpress-self-hosted-3.png”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Lalu ada dua jenis WordPress, yaitu wordpress.com dan wordpress.org (WordPress self hosted). WordPress.com adalah domain dan hosting gratisan seperti Blogger, sedangkan yang akan dibahas dalam postingan ini adalah WordPress self hosted atau yang selanjutnya akan disebut sebagai WordPress (Untuk lebih jelasnya mengenai dua hal ini akan dijelaskan di postingan selanjutnya).

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”20px”][vc_custom_heading text=”Kenapa Harus Migrasi ke WordPress Self Hosted?” font_container=”tag:h2|text_align:center|color:%23912de2″ google_fonts=”font_family:Arizonia%3Aregular|font_style:400%20regular%3A400%3Anormal” css_animation=”flipInY”][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text css_animation=”zoomIn”]

Punya Kendali Penuh

[/vc_column_text][vc_column_text]

Alasan pertama kenapa harus migrasi ke wordpress self hosted dari hosting gratis blogger adalah kita punya kendali penuh. Maksudnya gimana nih Nin? Kalau menggunakan hosting sendiri, kita bisa mendapatkan kendali penuh untuk blog kita. Kita bisa melakukan instalasi perangkat lunak WordPress untuk konten blog yang mana akan disimpan di server dari hosting pribadi kita. Menginstal WordPress ini juga mudah banget dan tak butuh waktu lama untuk proses instalasinya.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Bedanya dengan hosting gratis dari Blogger apa dong? Bila menggunakan domain pribadi namun tetap dengan menggunakan hosting gratisan Blogger, ya berarti kita masih menumpang di Blogger. Kita tidak punya akses terhadap data-data kita yang tersimpan di server milik Google, termasuk juga tak punya akses atas perangkat lunak dan lain-lain.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Oh ya, Google juga punya kuasa penuh untuk menghapus data yang kita simpan di server mereka. Bayangkan ketika kita sudah capek-capek membangun blog lalu blog tersebut dihapus karena Google menutup layanan atau kita melanggar aturan mereka misalnya.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Diibaratkan dengan rumah, maka kita lebih leluasa untuk mengatur rumah kita sesuka hati di rumah sendiri. Namun jika masih mengontrak, maka kita masih punya beberapa aturan yang harus kita penuhi dan tentunya tidak seleluasa di rumah sendiri.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text css_animation=”zoomIn”]

WordPress Punya Beragam Plugin

[/vc_column_text][vc_column_text]

Ini dia nih alasan yang kedua kenapa harus migrasi ke WordPress self hosted. WordPress punya banyak sekali plugin yang bisa kita gunakan secara gratis tentunya. Plugin-plugin ini bisa kita manfaatkan untuk mendukung kebutuhan kita dalam nge-blog, misalnya untuk optimasi SEO bisa banget dengan plugin dari WordPress ini. Kalau aku sih menggunakan plugin Yoast SEO.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Atau untuk mengecek broken link atau back-up data misalnya. Don’t worry baby, di WordPress semua jadi lebih gampang berkat bantuan plugin-plugin ini. Tapi tetap gunakan sesuai kebutuhanmu ya, jangan semua plugin malah diaktifkan dan berakibat pada blogmu jadi berat.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text css_animation=”zoomIn”]

WordPress Punya Theme yang Lucu-lucu

[/vc_column_text][vc_column_text]

Sebagai seseorang yang penginnya punya theme yang beda dari yang lain, maka WordPress-lah pilihan yang tepat. WordPress sendiri sudah menyediakan ribuan theme siap pakai dan gratis. Theme Pink Passport ini lucu kan? (Ya setidaknya buatku sih) Theme yang aku gunakan memang berbayar sih, tapi sesuai dengan keinginanku dan bisa melakukan kustomisasi dengan lebih mudah serta pastinya tidak pasaran.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text css_animation=”zoomIn”]

Relatif Lebih Aman

[/vc_column_text][vc_column_text]

Dengan WordPress self hosted, secara berkala kita bisa meng-update perangkat lunak WordPress sehingga kita bisa memperbaharui keamanannya. Kita juga bisa menggunakan bantuan dari plugin untuk meningkatkan keamanan blog.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Nah, itu dia empat alasan utama kenapa harus migrasi ke WordPress self hosted. Tunggu dulu Nin, kan kalau menggunakan web hosting sendiri harus bayar mahal?

[/vc_column_text][vc_column_text]

No, no. Kalau teman-teman bingung mengenai penyedia jasa web hosting yang bagus dan murah, salah satunya adalah Hostinger. Hostinger menyediakan paket web hosting mulai dari Rp 9.900 per bulannya lho. Ada juga beragam paket web hosting lainnya dari Hostinger yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan teman-teman.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://1.bp.blogspot.com/-z5NmIAzDx_k/W7q0VZ81qJI/AAAAAAAADUo/aPLxcDLhsVoXtQbuUBTjBIq-mbl-Qpe4wCLcBGAs/s640/kenapa-harus-migrasi-ke-wordpress-self-hosted-2.png” caption=”Beberapa paket web hosting Hostinger”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Selamat migrasi ke WordPress self hosted ya! ^^

[/vc_column_text][vc_column_text]Baca juga: [Kenapa dari Domain Gratis Menjadi Domain Berbayar]

Baca juga: [Kenapa Menulis di Blog?]

Baca juga: [Manfaat Mengikuti KEBloggingCollab][/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

PINK PASSPORT – A Journal of Life by Anindita Ayu

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This