Judul: Gals! 
Penulis: Mihona Fuji 
Penerbit: M&C Comics PT Gramedia Pustaka Utama 
Tahun Terbit: 2003 
ISBN: 9781401205508 
Rating: 4/5 

Sinopsis:
“Tak ada yang lebih menyenangkan selain hanging-out sama teman, nggosipin cowok keren dan shopping!” begitu kata Kotobuki Ran, gadis SMU Hunan, Tokyo yang penuh energi. Selamat datang masa remaja yang lebih ceria!
—————————————————————————————————————————————————————————
Konnichiwa minna! ^^
Ini merupakan review manga pertamaku. Manga Gals ini merupakan salah satu manga favoritku. So, let’s check my first manga review! ^^
 
Gals berkisah mengenai Kotobuki Ran siswa SMA Hounan yang menjadi ko Gal nomor satu di Shibuya. Ran bersahabat erat dengan Hoshino Aya dan Yamazaki Miyu. Manga ini menceritakan kehidupan yang dialami ketiga sahabat ini, mulai dari sekolah, persahabatan, cinta, berantem, kerja sambilan, dll.
 
Manga Gals terdiri dari sepuluh seri yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia pada tahun 2003 oleh M&C Comics. Manga ini telah dijadikan anime sebanyak lima puluh dua episode dengan judul Super Gals!.
 
Kotobuki Ran terlahir dalam keluarga besar polisi. Ayahnya, ibunya, kakeknya, neneknya, kakek buyutnya, nenek buyutnya, kakaknya Yamato adalah polisi. Begitu pula dengan Sayo–satu-satunya adik perempuan Ran–bercita-cita menjadi polisi. Tapi tidak dengan Ran. Ia malah menjadi seorang ko Gal terkuat di Shibuya, menentang keinginan keluarganya. Ia hanya ingin hidup untuk hari ini dan selalu berpikir positif dalam menghadapi hidup. Walau begitu, ia selalu tak punya uang. Karena kebodohannya, ia tak pernah sadar bahwa Asou Yuuya–sahabat Otohata Rei–menyukainya.
 
Yamazaki Miyu merupakan mantan pemimpin geng yang insyaf dan menjadi anak manis pemegang beasiswa. Ia bisa berubah berkat Yamato, kakak Ran, yang menjadi pacarnya. Sayangnya, ia ditinggalkan oleh ibunya. Hal ini membuat Yamato selalu mengkhawatirkan Miyu dan meminta Ran untuk menjaga Miyu.
 
Hoshino Aya adalah murid rajin peringkat satu di kelasnya. Aya pernah melakukan kencan dengan om-om hanya karena ia merasa orang tuanya terlalu mengekang dan menuntutnya menjadi si nomor satu. Ran menolongnya, dan akhirnya mereka bertiga bersahabat. Aya menyukai Otohata Rei dan akhirnya berpacaran dengannya.
 
Lantas apa itu ko Gal? Ko Gal adalah sebutan bagi cewek-cewek yang berpakaian dalam selera fashion yang tinggi, terutama di tempat-tempat yang sudah menjadi fashion icon di Jepang, seperti Shibuya misalnya. Namun kebanyakan dari ko Gal ini memiliki reputasi yang buruk di mata masyarakat. Banyak yang menganggap mereka hanyalah sampah masyarakat yang biasa berkencan dengan om-om, sehingga mereka bisa mendapatkan uang. Mereka juga biasa berkelahi untuk mempertahankan daerah kekuasaan mereka.
 
Namun berbeda dengan Ran. Ia merupakan ko Gal yang menjunjung tinggi prinsipnya yang tidak akan mau menyerahkan dirinya kepada siapapun. Ia tidak ingin menjadi ko Gal yang dengan mudahnya menjual dirinya hanya demi uang.
 
Manga ini pertama kali aku baca saat kelas satu SMA, meminjam di taman bacaan. Pertama kali baca aku langsung menyukainya. Hingga akhirnya tujuh tahun kemudian, di sinilah aku setelah finally memutuskan untuk membeli komiknya dan langsung membuat review ini..
 
Manga ini diceritakan dengan apik dan sederhana. Mungkin memang terdapat adegan kekerasan yang agak terlalu banyak di sini. Tapi menurutku adegan berantemnya itu malah menghibur ^^ Manga ini bukan hanya menceritakan mengenai cinta seperti kebanyakan manga lainnya. Di manga ini, komplit semua ada! Percintaan, persahabatan, kehidupan sekolah, fashion, hubungan orang tua dan anak, hubungan guru dan murid, persaingan, tanggung jawab, menjadi dewasa, semua ada. A highly recommended manga! ^^

Aku berikan empat bintang untuk manga ini… ^^

 
error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This