Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh manusia. Kulit menutupi hampir keseluruhan dari permukaan tubuh kita, menjadikannya salah satu dari organ terbesar manusia. Ada beragam fungsi kulit, misalnya untuk melindungi organ dalam, otot, serta tulang kita.tanya dokter kulit

Kulit juga memiliki tugas sebagai pelindung terdepan terhadap virus dan kuman, menjaga kestabilan suhu tubuh, memproduksi melanin untuk melindungi tubuh dari sinar UV, meninduksi produksi vitamin D, menyembuhkan luka, serta beberapa tugas lain. Hanya itu? Tentu tidak. Kulit kita tidaklah sesederhana apa yang terlihat saja.

Ada banyak komponen penyusun kulit, seperti air, lemak, protein, mineral-mineral, bahkan senyawa kimia. Kulit kita pun terdiri dari tiga lapisan: epidermis, dermis, dan hipodermis. Masing-masing lapisan kulit memiliki fungsi yang berbeda-beda pula.

 

tanya dokter kulit

 

 

 

Kulit Sensitif

 

 

Banyaknya tugas yang diemban kulit kita sebagai proteksi terluar tubuh, pada beberapa orang justru kulitnya mudah mengalami iritasi. Kondisi kulit ini dinamakan kulit sensitif, di mana kulit mudah iritasi sebagai reaksi berlebihan akibat berbagai pemicu, misalnya udara dingin atau panas; bahan kimia pada produk-produk kecantikan, pengaruh lingkungan, dan lain sebagainya.

Pemilik kulit sensitif sering kali merasakan beberapa keluhan, seperti ruam, kulit kering, gatal, beruntusan, perih, hingga rasa terbakar. Tak jarang pemilik kulit sensitif pun mengalami alergi dan infeksi kulit.

 

 

 

Bagaimana Bila di Sekitar Kita Terdapat Penderita Infeksi Kulit dan Alergi?

 

 

Penanganan untuk penderita infeksi kulit dan alergi tentu berbeda. Tapi bagaimana bila di lingkungan sekitar kita terdapat orang yang menderita infeksi kulit dan alergi?

 

tanya dokter kulit

Bagaimana bila di lingkungan sekitar kita terdapat penderita infeksi kulit dan alergi?

 

Beberapa langkah ini harus kita lakukan saat berada di lingkungan penderita infeksi kulit, antara lain:

  • Selalu menggunakan pakaian yang bersih. Usahakan untuk selalu mengganti baju yang basah akibat keringat, karena baju yang lembab dapat menimbulkan bakteri-bakteri yang berbahaya untuk kulit.
  • Sedapatnya tidak bersentuhan fisik secara langsung dengan mereka yang memiliki infeksi kulit.
  • Usahakan tidak berbagi barang-barang pribadi seperti pakaian dan handuk. Gunakan pakaian dan handuk milik kita pribadi.
  • Gunakan produk perlengkapan mandi dan produk kecantikan yang aman dan sesuai kebutuhan kulit masing-masing.
  • Bila terdapat luka di kulit, segeralah dibersihkan dan diobati dengan sebaik-baiknya.

 

 

 

Tanya Dokter Kulit Online Saat Terjadi Infeksi Kulit dan Alergi

 

 

Bila kita menderita kulit sensitif, maka wajib untuk mencari tahu kondisi kulit kita. Salah satu caranya adalah dengan tanya dokter kulit. Ya, mencari tahu kondisi tubuh memanglah tanggung jawab kita sendiri. Sehingga bila gejala kulit sensitif mulai muncul, kita bisa segera melakukan penanganan yang tepat.

 

tanya dokter kulit

Tanya dokter kulit bila terjadi infeksi kulit dan alergi.

 

Kita bisa melakukan tanya dokter kulit melalui aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc ini merupakan salah satu aplikasi kesehatan online, sehingga memungkinkan kita untuk berkonsultasi dengan dokter kulit lewat chat. Di Halodoc kita bukan hanya bisa tanya dokter kulit saja, karena terdapat banyak pilihan dokter spesialis yang profesional di bidangnya masing-masing.

Kita bisa mendapatkan informasi sejelas-jelasnya mengenai alergi yang kita derita, serta gejala-gejala infeksi kulit yang kita alami. Dokter kulit di Halodoc akan dengan senang hari menjelaskan pengetahuan baru mengenai penyebab kulit sensitif, alergi, serta infeksi kulit.

Kita juga bisa mendapatkan diagnosis dan resep obat yang pas sesuai kebutuhan, bahkan bagaimana mencegah infeksi dan alergi datang kembali. Dengan menjaga menu asupan kita sehari-hari, misalnya, bisa menjamin infeksi dan alergi jarang muncul.

Permasalahan kulit sensitif memang cukup kompleks. Makanya pasti nggak mau kan, bila salah pilih aplikasi tanya dokter abal-abal? Tanya dokter kulit online di Halodoc bisa menjadi pilihan.

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This