Hello, everyone!

Tidak bisa dipungkiri, jadi perempuan itu banyak sekali godaannya. Yup, rata-rata perempuan itu hobinya belanja. Pakaian, sepatu, make up, tas. Jika tidak pintar dalam berbelanja, dijamin kantong jebol. Gaji satu bulan pun tiba-tiba ludes. Gimana dong?

Kalau begini, mau tidak mau harus bisa belanja hemat. Sayangnya, belanja hemat itu susah-susah gampang. Namun jangan khawatir, ada banyak jalan menuju Roma. Yuk perhatikan beberapa tips belanja hemat ala perempuan cermat berikut ini:

Membuat list barang yang dibutuhkan

Tips pertama dan paling utama adalah membuat list kebutuhan. Pada langkah pertama ini, kita harus bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Seringkali, kita ingin membeli semua barang, namun tidak semuanya dibutuhkan. Dengan membuat daftar kebutuhan, maka kita bisa menyesuaikan tingkat kebutuhan terhadap suatu barang, sehingga kita hanya akan membeli barang yang benar-benar dalam top priority.

Cari info diskon

Siapa coba yang bisa nolak barang diskon? Di era digital seperti ini, info diskon bertebaran di mana-mana. Intinya sih, harus rajin mencari info diskon. Catat tanggal, waktu, dan lokasinya. Terutama saat weekend, beberapa tempat belanja memberikan diskon yang lumayan. So, lebih hemat bukan?

Tips Belanja Hemat ala Perempuan Cermat

Berbelanja online

Bukan lagi rahasia umum jika berbelanja daring itu lebih hemat. Berbeda dengan toko yang membutuhkan biaya sewa toko, pajak, listrik, dan lain-lain, toko online tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayarnya. Sehingga untuk belanja daring biasanya diberikan potongan harga hingga 30% dalam keadaan normal.

Gunakan voucher atau kupon

Selain rajin mencari info diskon, rajin-rajinlah mengecek beberapa website yang khusus menyediakan voucher. Biasanya voucher atau diskon yang tersedia bisa digunakan secara online maupun offline. Dengan tambahan kupon, kita bisa belanja lebih hemat. Dan perhatikan juga syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ikutan milis banyak brand

Milis atau mailing list menjadi salah satu cara untuk berbelanja hemat. Tidak ada salahnya mengikuti milis banyak e-commerce, kita bisa menjadi orang pertama yang mengetahui jadwal promo dari online shop tersebut.

Cek Budget

Lalu, cek budget yang kita miliki. Diskon besar-besaran memang menggoda, namun jangan sampai karena membeli barang diskonan sampai berhutang. Ini berarti lebih besar pasak daripada tiang, bukan? Jika kita tidak bisa sanggup membelinya, cari barang sejenis yang memiliki fungsi sama dengan harga yang lebih rendah.

Cermat terhadap standar harga barang di pasaran

Sebelum tergiur membeli barang yang lebih murah, kita harus mengetahui terlebih dahulu harga normal barang incaran tersebut. Jangan sampai karena terlihat diskon yang cukup besar kita langsung membeli, padahal sebelum didiskon harga barangnya telah dinaikkan terlebih dahulu.

Tips Belanja Hemat ala Perempuan Cermat

Belanja hemat di toko online terpercaya

Berbeda dengan belanja di toko yang dapat kita lihat dan pegang barang incaran secara langsung, jika berbelanja daring haruslah cermat dalam menentukan toko daring mana yang terpercaya. Cek toko daring yang memberikan real photo. Jangan lupa cek juga penilaian dari toko daring tersebut. Semakin baik rating dari review yang diberikan konsumen, maka toko tersebut lebih terpercaya.

Menunggu saat tepat

Berbelanja barang diskon memang menggoda iman, namun kita harus tahu kapan saja saat tepat untuk berbelanja. Misalnya saja, promo sebuah e-commerce dimulai dari pukul 18.00 WIB, maka sedari pukul enam sore lalu lintas e-commerce tersebut padat. Banyak pengunjung yang telah memantau dan ingin cepat bertransaksi. Nah, hindari jam-jam lalu lalang padat tersebut. Lebih baik kita menunggu sebentar setelahnya, hingga aksesnya lebih lancar.

Jangan lupa menabung

Selain berbelanja, kita tidak boleh lupa menyisihkan dana yang ada untuk menabung. Simpanan ini diperlukan untuk antisipasi terhadap suatu hal yang tidak diinginkan dan untuk traveling misalnya.

Sebagai perempuan cermat, kita harus jeli dalam berbelanja. Terutama saat memasuki akhir tahun, kita akan menemukan banyak sekali diskon yang menarik. Pada bulan Desember nanti, kita dapat belanja sepuasnya di momen HARBOLNAS 2017 di ZALORA Indonesia.

Tunggu apa lagi? Yuk segera terapkan tips belanja hemat ala perempuan cermat ini!

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This