Sumber gambar: http://www.aluxurytravelblog.com

 

“The world is a book and those who do not travel read only one page.”  – Augustine of Hippo

What does traveling means to me? A lot. Traveling berarti banyak hal untukku.

1. Sebagai sarana pembuktian diri

“Once a year, go someplace you’ve never been before.” – Dalai Lama

Bagiku, traveling berarti aku menantang diriku sendiri, apakah aku berani atau tidak untuk keluar dari zona nyaman. Apakah aku berani untuk membuat diriku mencoba sesuatu yang baru. Sekaligus menantang diriku apakah aku bisa lepas dari orang tua, melepas semua fasilitas yang biasanya aku dapatkan.

2. Sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah

“Travel makes one modest. You see what a tiny place you occupy in the world.” – Guztave Flaubert

Traveling berarti menjelajahi bagian dunia yang baru. Semakin banyak kita melihat dunia, kita akan semakin menyadari bahwa kita ini kecil, tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan semua ciptaan Allah yang lain. Tidak ada gunanya untuk sombong dan membanggakan diri kita sendiri. Karena semakin kita membuka mata kita, semakin kita ingin mendekatkan diri kepada Allah.

3. Sebagai sarana untuk melepaskan penat

Tak bisa dipungkiri, kehidupan kita sehari-hari seringkali membuat tingkat stres kita menuju ke level tertinggi. Sensasi suasana baru yang kita rasakan saat pergi jauh untuk traveling dapat membuat kita dapat melepaskan penat yang telah menjerat kita selama ini.

4. Sebagai sarana pendewasaan diri

Bepergian ke suatu tempat yang tidak kita kenal sebelumnya, membuat kita mau tidak mau harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Kita harus bisa menurunkan ego yang tinggi. Traveling juga dapat membuat kita menginstropeksi diri kita sendiri, memikirkan apa saja yang sudah kita lakukan, apa saja yang sudah kita dapatkan selama ini. Dengan traveling, aku bisa menemukan diriku, siapa aku, dan ingin jadi seperti apa aku nantinya.

5. Sebagai sarana mengenal teman

Saat kita melakukan traveling bersama teman, kita akan dapat melihat seperti apa teman kita itu yang sebenarnya. Dalam perjalanan jauh, apalagi dengan backpacking, di saat kita kelelahan, kita dapat menemukan apakah teman kita mau membantu kita, ataupun tak acuh pada kita. Untuk menemukan sifat asli teman kita ini lah, traveling merupakan cara yang pas.

6. Sebagai sarana belajar budaya baru

“Traveling – it leave you into speechless, then turns you into a storyteller.” – Ibn Battuta

Ini adalah salah satu makna traveling yang sangat aku sukai. Belajar bahasa dan budaya baru, pasti akan kita dapatkan dari sebuah perjalanan. Berpetualanglah, maka kau akan menemukan jutaan hal baru yang tak pernah kau temukan sebelumnya.

Apa makna traveling untukmu? ^^

 

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This