Hello, everyone! ^^

Kali ini tema tulisan #KEBloggingCollab ga terlalu berat sih. Tapi tetap harus memilih di antara dua pilihan *halah, udah macem orang penting aja XP

Pilihan yang agak susah, secara aku kan diajakin ke mana-mana mah hayo aja. Jika diminta memilih tujuan liburan impianmu, liburan di dalam kota atau ke luar kota, mana yang akan kamu pilih? Apa alasannya? Buatku pribadi, aku akan memilih liburan ke luar kota.

Kenapa?

Karena buatku, bercapek-capek dalam perjalanan menuju kota tujuan itu, akan membuat liburan lebih berasa. Dan setelah perjalan berakhir, akan ada memori yang bisa dikenang lebih lama. Walaupun itu juga berarti sebelum liburan ke luar kota bakalan riweuh sama segala macam persiapan:

Baca juga: [Asean Trip 2016] We’re Going to Siem Reap Cambodia!

Travelmate

Teman dalam perjalanan nih yang harus ditentukan pertama kali, apakah harus solo traveling ataupun bersama teman. Pergi sendiri berarti lebih fleksibel memanajemen waktu, meminimalisir perselisihan saat perjalanan, dan tentu saja lebih bebas. Sedangkan jika bepergian bersama-sama, maka kita bisa berbagi biaya perjalanan, tidak tersasar sendirian (penting banget buat orang yang hobi nyasar seperti aku), ada teman buat diminta tolong fotoin kita dan have fun bareng, namun mungkin akan ada drama di perjalanan. Sesekali perlu loh, traveling sendiri. Semacam me time lah ya, memberi penghargaan pada diri sendiri.

Itinerary

Itinerary ini yang paling rempong. Perlu waktu yang cukup lama untuk menyusun rencana perjalanan. Kadang cukup seminggu, kadang bisa berbulan-bulan tergantung dengan sejauh apa lokasi yang dituju. Pertama, tentukan kota tujuan. Lalu, tentukan juga destinasi yang ingin dikunjungi dan berapa lama di tempat tersebut. Biasanya untuk itinerary ini dibuat dalam bentuk tabel rinci yang berisi: destinasi wisata, waktu perjalanan menuju dan waktu stay di suatu destinasi, serta perkiraan biaya. Semakin jauh perjalanan, maka itinerary harus dibuat serinci mungkin. Namun tidak menutup kemungkinan itinerary harus dirombak saat traveling.

Desa Paling Indah Sedunia, Sumatera Barat liburan di luar kota

Sumatera Barat, Desember 2016

Daftar barang yang perlu dibawa

Biasanya aku lebih memilih untuk membawa backpack, kecuali dalam keadaan wajib untuk membawa koper. Selain lebih simpel, jika membawa backpack maka secara otomatis hanya barang-barang terpentinglah yang akan dibawa. Anehnya, jika liburan di dalam kota barang bawaanku seringkali lebih banyak dibandingkan liburan ke luar kota.

Perkiraan biaya-biaya

Biaya-biaya esensial dalam suatu perjalanan di sini yaitu: transportasi menuju dan di kota tujuan, biaya makan, penginapan, dan tentu saja sedikit oleh-oleh. Karena biasanya aku menggembel, maka yang harus dihemat adalah biaya menuju ke kota tujuan dan penginapan. Kalau bisa sih cek promo sebelum bepergian, dan jika ada tempat menumpang di kota tujuan, maka jelas aku akan lebih memilih untuk menumpang. Ini juga termasuk salah satu alasan lebih sering bawa backpack, karena seringnya jadi gembel jadi biar tidak tergoda untuk belanja banyak-banyak, baik itu untuk diri sendiri maupun untuk oleh-oleh.

Lawang Sewu Semarang liburan di luar kota

Semarang, September 2016

Alun-Alun Yogyakarta liburan di luar kota

Yogyakarta, Oktober 2016

Sumatera Barat liburan di luar kota

Sumatera Barat, Desember 2016

Angkor Wat, Siem Reap Cambodia liburan di luar kota

Angkor Wat, Siem Reap Cambodia, Juli 2016

San Poo Kong Semarang liburan di luar kota

Semarang, September 2016

Kota Tua Jakarta liburan di luar kota

Jakarta, April 2017

Ho Chi Minh City Vietnam liburan ke luar kota

Ho Chi Minh City Vietnam, Juli 2016

Menara Petronas Kuala Lumpur Malaysia liburan ke luar kota

Kuala Lumpur Malaysia, Agustus 2016

Baca juga: Menelusuri Warisan Sejarah di Bengkulu

Eh tapi jangan salah, walaupun aku jarang liburan di dalam kota, Bengkulu tentu tidak kalah keren. Masih banyak tempat wisata tersembunyi yang bisa kita kunjungi. Tapi ya balik lagi ke pernyataan aku selanjutnya, aku lebih suka kalo liburan ke luar kota. Jika hanya liburan di Bengkulu, biasanya aku hanya mengunjungi beberapa teman, beli buku, dan sesekali pergi ke destinasi wisata di sini. Menurutku jika liburan ke luar kota aku bisa lebih menikmati esensi perjalanan itu sendiri: bercapek-capek di perjalanan, dan voila, perjalanannya akan terasa sangat worth it. Namun, ada kalanya liburan sejenak di dalam kota cukup menjadi pelepas lelah dan penat.

Pantai di Bengkulu Tengah

Bengkulu Tengah, September 2017

Wisata Hutan Mangrove Bengkulu

Bengkulu, September 2017

Wisata Hutan Mangrove Bengkulu

Bengkulu, September 2017 (Nggak, rambutnya ga dimacem-macemin kok. Cuma jadi aneh gegara fotonya diterangkan)

Jadi, liburan selanjutnya pilih mana? Liburan di dalam atau ke luar kota? Atau bahkan mau ke luar negeri?

Foto-foto di atas hanya foto-foto traveling bukan selfie sekitar setahun terakhir yang ada di hp. Sebagian besar masih ada di laptop, tapi dengan keadaan tangan yang tidak memungkinkan mengedit semua gambar, so yeah cuma bisa pake yang di hp aja. Lumayan banyak gambarnya, sekalian pengingat bahwa aku masih punya banyak utang draft traveling yang harus diselesaikan.

Dituliskan untuk #KEBloggingCollab, menjawab tulisan trigger mak Awie di web Kumpulan Emak Blogger:

Baca tulisan mak Awie: Liburan Impian, Liburan di Dalam atau ke Luar Kota?

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This