5 Manfaat Membaca Buku Bagi Penulis, untuk Kamu yang Ingin Jadi Penulis Terkenal

5 Manfaat Membaca Buku Bagi Penulis, untuk Kamu yang Ingin Jadi Penulis Terkenal

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Menurut ahli filsafat Yunani, menulislah maka kamu ada. Pertanyaannya, apakah bisa menjadi seorang penulis dengan cara menulis saja? Apalagi saat ini terus bermunculan penulis-penulis baru setiap saat. Apa yang harus kita lakukan agar bisa menjadi penulis buku berkualitas? Membaca buku, manfaat membaca, manfaat membaca buku, penulis, penulis terkenal, penulis novel, penulis buku.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Menulis dan membaca adalah dua hal berbeda yang saling melengkapi. Bila membaca adalah mengisi pikiran dengan kata-kata, maka menulis menjadi sarana untuk mengeluarkan isi pikiran kita.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Banyak yang bilang untuk menjadi seorang penulis maka kita harus banyak membaca buku. Mengapa demikian? Apa hubungannya menulis dan membaca? Dengan membaca buku, kita bisa berpetualang dalam dunia lain yang belum kita ketahui sebelumnya. Benarkah?

(more…)

Jatuh Cinta pada Dunia Fana yang Melenakan

Jatuh Cinta pada Dunia Fana yang Melenakan

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Hello, everyone!

[/vc_column_text][vc_column_text]

Kali ini Anin mau berbagi tentang jatuh cinta pada dunia fana yang melenakan, sebuah tulisan lama yang diperbaharui kembali dengan gaya berceritaku saat ini. Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua ya.. ^^

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Kehidupan manusia tak ada ubahnya dengan sekejap mata bagi-Nya. Hari ini kita masih diberikan kesehatan, rezeki, kebahagiaan, dan banyak lagi kenikmatan yang sempat kita cecap. Tapi hari esok, siapa yang tahu? Bisa jadi besok maut telah bersiaga untuk menjemput kita untuk kembali kepada-Nya.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Dunia yang kita tempati ini fana, kawan. Dunia ini hanyalah tempat transit sebelum menuju lokasi tujuan. (more…)

Cara Allah Menegur Kita, Tak Bisa Disangka-sangka

Cara Allah Menegur Kita, Tak Bisa Disangka-sangka

Beberapa bulan ini kehidupan memang rasanya terlalu hectic hingga tak lagi sadar bahwa terkadang aku juga butuh untuk berbincang ringan, menuliskan hal-hal yang semoga saja bisa menjadi motivasi bagi diriku dan untuk teman-teman juga. Kali ini aku akan berkisah mengenai cara Allah menegur kita.

Dalam beberapa bulan ini pula aku belajar untuk mengikhlaskan sesuatu. Yah, hidup memang penuh dengan kejutan-kejutan yang bahkan mungkin tak pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya. Hal-hal yang saat ini masih bisa kita nikmati, bisa saja beberapa jam lagi sudah hilang tak berbekas.

Sudah menjadi hal lumrah bagi manusia untuk mengeluh. Manusia akan selalu merasa kurang: kurang kaya, kurang cantik, kurang tinggi, kurang diperhatikan, kurang ini, kurang itu, dan masih banyak lagi. Meski sudah terlalu banyak nikmat yang diberikan Allah kepada kita, akan terus ada keinginan untuk selalu meminta lebih dalam banyak hal.

 

cara allah menegur kita

 

Rezeki yang diberikan Allah tak terhingga banyaknya. Kita diberikan kesehatan. Kita diberikan cukup rezeki untuk kehidupan sehari-hari. Kita masih diberikan kesempatan untuk hidup dan mencapai cita-cita. Kita masih diberi kesempatan untuk menjelajahi bumi-Nya.

Makanan selalu tersedia, ada rumah untuk berteduh, ada job untuk dikerjakan, dan ada keluarga yang senantiasa menanti kita pulang dengan sabar. Walau pun mungkin lauk yang ada tidak sama dengan lauk yang kita inginkan. Walau pun deretan deadline memaksa kita lembur tanpa kenal waktu istirahat.

Namun keluhan demi keluhan terus terlontar karena pastinya akan ada beberapa hal yang belum sesuai dengan keinginan, bisa dalam bentuk apa pun. Hingga suatu hari penyakit datang menimpa. Awalnya hanya demam biasa kemudian berangsur-angsur penyakit tersebut semakin bertambah berat.

Kita akan bertanya-tanya, mengapa harus kita yang diberikan penyakit itu? Mengapa memilih kita yang diberikan penyakit ini, ya Allah? Kita lupa bahwa itulah cara Allah menegur kita. Bisa jadi kita sudah membelot dan berpaling dari-Nya.

 

 

 

Cara Allah Menegur Kita, Tak Bisa Disangka-sangka

 

 

Sakit itu memang sebagai penggugur dosa dan juga salah satu cara Allah menegur hambanya. Akan tetapi, tetap ada syarat dan ketentuan di baliknya yang harus kita pahami terlebih dahulu. Jika kita pasrah kepada Allah dan kembali kepada-Nya, niscaya akan ada obat untuk penyakit tersebut. Karena sesungguhnya semua penyakit ada obatnya, kecuali kematian.

Atau bisa jadi kita terlalu egois dan kurang bersyukur, hingga Allah mengambil kembali hal-hal yang ia titipkan kepada kita. Harta kekayaan, dan keluarga misalnya. Bisa jadi selama ini kita terlalu fokus mencari rezeki hingga kita melupakan-Nya. Kita kehilangan beberapa hal yang paling berharga, hal-hal yang selama ini dijaga dengan segenap jiwa.

 

cara allah menegur kita

 

Coba diingat-ingat terlebih dahulu, bisa jadi kita terlewat untuk menyedekahkan uang yang dipunyai. Padahal pada setiap harta yang kita miliki, termasuk juga di dalamnya hak orang miskin. Atau bisa jadi, kita terlalu kikir dan memiliki hutang namun belum sempat dibayarkan.

Selain sakit dan kehilangan, ada banyak cara Allah menegur kita. Oleh karena itu, marilah introspeksi diri kita masing-masing dan dekatkan diri kepada-Nya. Jangan lupa pula untuk senantiasa bersyukur. Yakinlah, Allah menyayangi semua hambanya, hingga ada banyak cara yang Allah gunakan untuk menegur segala tingkah laku kita di dunia fana ini.

Jangan Jadi Orang yang Bersikap Egois, Duhai Teman!

Jangan Jadi Orang yang Bersikap Egois, Duhai Teman!

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Good morning, everybody!

[/vc_column_text][vc_column_text]

Kali ini postingan bebas, feel free to comment, asal dalam batas-batas ya.. Kita akan membahas mengenai ‘jangan jadi orang yang bersikap egois’. Egois di sini berarti terlalu mementingkan diri sendiri hingga merugikan orang lain. Apa saja? Cekidot yak!

(more…)

Belajar Bahasa Inggris secara Fun dan Seru

Belajar Bahasa Inggris secara Fun dan Seru

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Halo-halo semuanya![/vc_column_text][vc_column_text]Anin balik lagi dengan postingan kolaborasi nge-blog nih.[/vc_column_text][vc_column_text]

Tema tulisan trigger #KEBloggingCollab yang dituliskan oleh mak Nia dari kelompok Mira Lesmana kali ini adalah tentang mengajarkan cara bicara Bahasa Inggris (Lima Tips Anak Jago Bicara Bahasa Inggris), jadi anak-anak bisa cas-cis-cus dengan lancar. Tapi ada masalah nih Buk-ibuk Pak-Bapak, Anin ini belum nikah apalagi punya anak. Jadi ketimbang bagaimana cara mengajarkan anak mengenai bahasa Inggris, temanya akan sedikit dibelokkan menjadi bagaimana cara efektif belajar Bahasa Inggris namun tetap funOkay, are you ready?

[/vc_column_text][vc_column_text]Baca juga: [Pola Pengasuhan Anak, Kini dan Nanti][/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Sebelumnya aku mengingatkan bahwa postingan ini banyak curhatnya ya gaes. Kalau dipikir selama ini postingan KEBloggingCollab-nya memang isinya kebanyakan tjurhat. Iyes, tulisan Anin mah rata-rata mah ada aja curhat yang nyempil. Namanya juga blog pribadi kan ya, curhat diperbolehkan dong *alesan aja ini mah. Aslinya memang tulisan tjurhat inilah yang bisa dijadikan sepanjang-panjangnya fufufufu.

[/vc_column_text][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://2.bp.blogspot.com/-iSqM5hJrZ-U/Ww6mSo_K_zI/AAAAAAAACyA/oyiSp2cvpWMsjfpnyrlMNRIJ1Ozo-fkKgCLcBGAs/s640/belajar-bahasa-inggris-secara-fun-dan-seru-2.jpg”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Zaman SMP dulu seorang Anindita tuh paling susah belajar bahasa Inggris, udah macem masuk telinga kanan keluar telinga kiri ajaKarena si Ayah udah terlalu hopeless sama kemampuan anaknya ini, saat teman-temanku datang ke rumah dan kita bikin tugas kelompok bareng-bareng, si Ayah malah mengajak teman-temanku ini untuk belajar private di rumahku. Nanti akan ada guru dipanggil dan Ayahku yang bayar katanya.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Aku dan teman-teman berjumlah sekitar sepuluh orang saat itu. Ayah menyanggupi untuk membiayai anak-anak ini, dibela-belain demi anaknya bisa belajar. Hasilnya apa? Yang pada pinter bahasa Inggrisnya ya teman-temanku doang, akunya masih dodol juga. Iyes separah itu memang.

[/vc_column_text][vc_column_text]

And then ketika aku melanjutkan SMA yang jauh dari orang tua, aku mulai berkenalan dengan Disney, J-dorama, K-drama, mulai suka anime lagi. Dan dari situlah aku menemukan beberapa cara untuk belajar bahasa Inggris secara fun dan seru.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”15px”][vc_custom_heading text=”Belajar Bahasa Inggris secara Fun dan Seru” font_container=”tag:h2|text_align:center|color:%23db0f90″ google_fonts=”font_family:Advent%20Pro%3A100%2C200%2C300%2Cregular%2C500%2C600%2C700|font_style:400%20regular%3A400%3Anormal” css_animation=”zoomIn”][vc_separator style=”shadow” border_width=”3″ el_width=”80″ css_animation=”zoomIn”][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”2/3″][vc_column_text css_animation=”rotateInDownRight”]

Menonton

[/vc_column_text][vc_column_text]

Yang pertama kali kita harus lakukan untuk mempelajari bahasa asing -dalam hal ini bahasa Inggris- adalah menyukai bahasanya itu sendiri. Karena aku kurang suka belajar bahasa secara formal, maka harus mencari cara untuk belajar dengan caraku sendiri. Kemudian aku mengetahui bahwa cara pertama yang paling efektif adalah dengan menonton. Bisa dengan menonton anime, film, dorama, K-drama, apapun jenis tontonan yang kamu suka. (more…)

Asuransi Jiwa Seberapa Penting?

Asuransi Jiwa Seberapa Penting?

Aku mau nanya nih, siapa sih yang sekarang ini ga kenal sama asuransi jiwa? Atau minimal asuransi lah ya, udah jadi rahasia umum kok. Lalu, asuransi jiwa seberapa penting kah untuk diperbincangkan?

Asuransi

n. Pertanggungan (perjanjian antara dua pihak, pihak yang satu berkewajiban membayar iuran dan pihak yang lain berkewajiban memberikan jaminan sepenuhnya kepada pembayar iuran apabila terjadi sesuatu yang menimpa pihak pertama atau barang miliknya sesuai dengan perjanjian yang dibuat)

Asuransi jiwa

n. Perjanjian jiwa (tentang kematian) [Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima]

Asuransi jiwa seringkali menjadi pokok pembicaraan antara aku dan beberapa teman. Karena kami masuk dalam kategori usia produktif, maka selain masalah pekerjaan, asuransi jiwa pun menjadi bahan perbincangan.

Membeli polis asuransi jiwa menjadi hal penting, terutama dalam keluarga. Wajib, kudu, harus, mesti punya asuransi jiwa lah pokoknya.

Asuransi jiwa seberapa penting bagi keluargaku?

  • Kalau dulu ada Ibu yang membantu perekonomian keluarga, sekarang tidak lagi. Sejak Ayah menjadi satu-satunya pencari nafkah di keluarga kami, asuransi menjadi begitu krusial. Asuransi jiwa sebagai layanan asuransi yang berfungsi sebagai salah satu pencegahan terjadinya kerugian finansial akibat kematian anggota keluarga tertanggung, di mana tertanggung menjadi pencari nafkah utama (dalam keluarga kami adalah Ayah). Tidak ada yang bisa mengetahui jika ada musibah atau jika ada kemungkinan terburuk, orang tersayang pergi meninggalkan kita untuk selamanya bukan?
  • Di keluarga kami, diabetes menjadi musuh nomor satu. Keturunan penderita diabetes memiliki resiko enam kali lebih besar untuk ikut menderita diabetes. Kakek dari pihak ayah sampai sekarang menderita diabetes, yang kemudian diturunkannya kepada ayah. Untunglah sampai saat ini aku dan adik-adik belum terindikasi untuk terkena penyakit ini. Dengan memiliki polis asuransi jiwa, kita bisa lebih tenang jika terjadi apa-apa pada Ayah dan semua anggota keluarga.
  • Ini juga yang menjadi alasan penting bagi kami untuk memiliki asuransi jiwa: untuk menabung. Ayahku bukanlah seorang pegawai negeri ataupun pegawai swasta. Sebagai seorang wiraswasta yang tidak selalu bisa diprediksi penghasilannya dan memiliki banyak anak yang beberapa masih kecil, asuransi jiwa menjadi sangat penting sebagai persiapan di hari tua juga sebagai  perlindungan terhadap biaya pendidikan anak-anak di masa mendatang yang sudah pasti semakin mahal. Bayangkan jika tidak memiliki asuransi jiwa, bagaimana dengan biaya pendidikan adik-adikku ini?
  • Dan yang paling penting bagiku sekarang: untuk memberikan rasa aman saat pergi traveling. Yup, aku senang sekali menjelajah tempat-tempat baru. Selalu ada kesenangan tersendiri bagiku mendapati kakiku bergerak ke manapun yang aku inginkan. Masalah yang sering timbul tiap kali aku akan bepergian ini adalah soal perizinan. Sebagai orang tua yang takut anak perempuannya pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, akan lebih nyaman meninggalkan keluarga jika kita sudah membeli polis asuransi jiwa. Dan tentunya yang di rumah pun juga lebih tenteram rasanya. Jadi, asuransi jiwa seberapa penting?

Apa aja sih pengalaman asuransi yang pernah aku alami?

Akhir-akhir ini, aku sering ditawarkan program asuransi jiwa terbaru oleh sebuah badan. Aku mengerti bahwa para pegawainya yang menawarkan fitur-fitur yang tersedia itu akan mendapatkan bonus jika ada yang tertarik membeli asuransi jiwa tersebut. Sempat juga aku dipaksa untuk tanda tangan, tapi aku berkelit dan meminta waktu untuk berpikir. Sebenarnya hal tersebut terasa sedikit menyebalkan. Ini bisa jadi saran untuk penyedia layanan asuransi jiwa agar meningkatkan pelayanannya… ^^

Belum lama ini juga, aku lepas dari asuransi wajib yang ditetapkan pemerintah karena sudah melewati umur dan sudah selesai kuliah. Sebelumnya, dengan menggunakan asuransi ini, cukup mudah untuk mengklaim jika terjadi musibah.

Sebagai contohnya, salah seorang adik aku sudah beberapa kali keluar-masuk rumah sakit dikarenakan fisiknya yang lemah. Jika kami tidak memiliki asuransi, beberapa kali masuk rumah sakit ini tentu menyedot banyak biaya. Syukurnya dengan asuransi ini bisa meng-cover biaya rumah sakit, sehingga mengurangi biaya meskipun masih ada tambahan biaya yang kami bayar.

Lalu, sebagai seorang pecinta buku yang kerjaannya baca di manapun dan kapanpun ini, menjadikanku mau tidak mau mengalami sedikit gangguan penglihatan. Dengan asuransi yang aku miliki sebelumnya, aku bisa memeriksa kesehatan mata dan mendapatkan kacamata secara gratis. Lumayan banget loh ^^

Aku juga memiliki tabungan berjangka bulanan. Dengan tabungan berjangka bulanan ini, aku diwajibkan untuk membayar beberapa ratus ribu setiap bulannya yang kemudian akan dikembalikan ke nomor rekeningku setelah melewati batas waktu yang ditentukan. Dengan tabungan berjangka bulanan ini pula, aku menerima polis asuransi di mana akan memberikan sejumlah biaya jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, selama batas waktu tabungan berjangka bulanan tersebut dibayarkan.

Ohiya, bercerita tentang traveling nih, akhir tahun lalu saat aku dan seorang teman dalam perjalanan pulang dari pergi menggembel, kami mengalami kecelakaan. Waktu itu, kami menaiki mini bus yang mana sepertinya dikarenakan sopirnya mengantuk sehingga mini bus kami menabrak sebuah mobil. Mobil yang kami tabrak itu ringsek, penumpangnya terluka parah dan harus dilarikan ke rumah sakit.

Alhamdulillah aku dan temanku ini tidak apa-apa karena kami tidak ada yang tertidur saat itu, hanya lebam memar di beberapa tempat, bibir berdarah, juga bibir pecah dan dagu berdarah karena terantuk kursi di depan kami. Saat itu malam hari dan lokasi kejadian berada di tengah hutan. Untungnya, dari tiket travel mini bus yang kami tumpangi itu, terdapat juga tarif asuransi yang menjamin keselamatan kami. Sehingga setelah sampai di tempat tujuan, beberapa hari setelah itu Ibu dari temanku ini mendatangi loket travel tersebut untuk mendapat uang ganti rugi dari tarif pengobatan kami berdua.

See, penting banget kan asuransi jiwa buat kita? Asuransi jiwa seberapa penting? Penting banget.

Saat ini, aku sedang mempertimbangkan beberapa asuransi jiwa yang kira-kira cocok buatku. Adakah saran dari teman-teman semua? ^^

Jadi bagaimana, asuransi jiwa seberapa penting buatmu?

Baca juga: Tentang Poligami, Siapkah jika Suami Menikah Lagi?

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest