1. 2017, Sebuah Refleksi
  2. Wisata Pantai Impian di Yogyakarta
  3. Mengulas Tentang Perbedaan Antara Jaket Kulit Wanita Asli dan Sintetis
  4. Membuka Usaha dengan Modal Hanya 5 Juta, Bisa!
  5. Sepuluh Tips agar Tetap Cantik Saat Traveling
  6. Wanginya Kehangatan Bunda dan Minyak Telon Quufy
  7. Zenfone 6 Murah Anda Lemot? Legakan Memori Internal dengan Cara Ini Agar Kinerja Bisa Semakin Maksimal!
  8. Gembira bersama Prudential dan AnDik Lapas Anak Tangerang
  9. Belajar secara Menyenangkan lewat Smartphone? Ruangguru aja!
  10. 60 Tahun Perjalanan Astra dan Kontribusi Sosial untuk Indonesia
  11. Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah secara Tepat dan Akurat
  12. Sentuhan Cinta Ibu dan Tempra, Sembuhkan Anak dari Sakit
  13. Terbang dengan Pesawat Sriwijaya Air dan Nikmati Pesona Lain dari Danau Toba
  14. My 2018 Resolution: Tahun Baru, Semangat Baru bersama Theragran-M
  15. [Review Novel] Angel in the Rain – Windry Ramadhina
  16. DIY Origami Pembatas Buku
  17. Madu Vitabumin Penjaga Daya Tahan Tubuh Anak, Ada di Mana-mana
  18. Voucher Diskon Bukalapak bisa Dimanfaatkan oleh Siapa Saja
  19. Tips Belanja Hemat ala Perempuan Cermat
  20. Padu Padan Boots untuk Muslimah ala Dian Pelangi
  21. Berkaca pada Usia, Apa yang Pemuda Berikan untuk Negara?
  22. Kenapa Menulis di Blog?
  23. Cinta dan Muara Kehidupan
  24. Jatuh Cinta pada Dunia Fana yang Melenakan
  25. Cara Allah Menegur Kita
  26. O’Chicken, Organik Fried Chicken Halal yang Bikin Ketagihan
  27. Resep Simpel Anti Telat Masuk Kantor Ala Salimah Food
  28. Jeruk Kalamansi, Sang Produk Unggulan Bengkulu
  29. Perilaku Mengedepankan Gengsi
  30. Solusi Nabung Untung dengan SOBATKU
  31. Ingin Buka Bisnis? Yuk Pelajari Dulu Resikonya!
  32. Realita Kids Zaman Now, Ada Apa?
  33. Liburan ke Luar Kota, Mengapa dijadikan Liburan Impian?
  34. Kopi Gading Cempaka, Oleh-Oleh Khas Bengkulu
  35. Asuransi Jiwa, Seberapa Penting?
  36. Tentang Poligami, Siapkah jika Suami Menikah Lagi?
  37. Menelusuri Warisan Sejarah di Bengkulu
  38. Kemerdekaan dan Kebebasan Berpendapat
  39. Layanan AC Terlengkap di Central Elektro Bengkulu
  40. Yuk ke Pulau Tikus bareng Koperasi Jasa Sapta Pesona Wisata!
  41. Happy Birthday, Blogger Bengkulu!
  42. Kenapa dari Domain Gratis Berubah menjadi Domain Berbayar?
  43. Disclosure
  44. Menari di Bawah Hujan
  45. [Asean Trip 2016] We’re Going to Siem Reap Cambodia!
  46. [Asean Trip 2016] Catch up di KLIA 2 Kuala Lumpur Malaysia
  47. [Asean Trip 2016] Akhirnya Resmi Jadi Anak Ilang Lagi! Welcome to Kuala Lumpur Malaysia!
  48. Sitemap
  49. Hey, I Miss You. I Just Can’t Tell You.
  50. Mai Kuraki – Koi ni Koishite
  51. Mai Kuraki – Secret of My Heart
  52. [Review Film] Melbourne: Rewind The Movie
  53. Nanowrimo Challenge, Day 1
  54. Tentang Cerita Sederhana
  55. Dari Anakmu yang Selalu Rindu
  56. Kenapa Harus Pergi?
  57. Rindu Itu Nyata
  58. Belajar Memahami Karakter Orang Lain
  59. Kepada Rindu yang Membelenggu
  60. [Review Buku] Purple Eyes – Prisca Primasari
  61. Izinkan Aku
  62. Bisakah Kita Kembali ke Masa Lalu?
  63. [Review Buku] All You Need is Love – Fakhrisina Amalia
  64. [Review Buku] Heartling – Indah Hanaco
  65. Jika Nantinya Jarak itu Tiba
  66. Seandainya, Suatu Saat Nanti
  67. Merindu Langit Biru
  68. Aku Pernah Jatuh Cinta
  69. Menghitung Rindu
  70. Ada
  71. [Review Buku] Friends Don’t Kiss – Syafrina Siregar
  72. Kepada Tuan yang Tidak Sempurna #2
  73. [Review Buku] Not A Perfect Wedding – Asri Tahir
  74. Tentang Rindu
  75. [Review Buku] 11 Jejak Cinta Kumpulan Cerpen Teenlit
  76. Kamu (Jangan Pernah) Kembali
  77. [Review Buku] Holland, One Fine Day in Leiden – Feba Sukmana
  78. Like Rain, I Fell for You
  79. [Review Film] TV Movie Radio Rebel
  80. Hati Ini – Nabilah JKT48 (OST. Sunshine Becomes You)
  81. [Review Film] Sunshine Becomes You The Movie
  82. [Review Buku] Sincerely Yours – Tia Widiana
  83. [Review Film] Negeri Van Oranje The Movie
  84. [Review Buku] Promises, Promises – Dahlian
  85. [Review Film] Single – Raditya Dika
  86. [Review Buku] Negeri Van Oranje – Wahyuningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, Rizki Pandu Permana
  87. [Review Buku] Baby Proposal – Dahlian dan Gielda Latifa
  88. Note to Myself
  89. (Bukan Ucapan) Selamat Hari Ibu, Ibu
  90. Super Random Post
  91. Kangen
  92. [Review Buku] Travel in Love – Diego Christian
  93. Semua Hal Terjadi Karena Sebuah Alasan
  94. Hanya Raga Tanpa Jiwa, Tanpa Hati
  95. Mencintaimu, Sesulit Itu.
  96. Kepada Tuan yang Tidak Sempurna
  97. Tik.
  98. [Review Buku] I Remember You – Stephanie Zen
  99. [Review Novel] Memori – Windry Ramadhina
  100. [Review Buku] Manga Gals – Mihona Fuji
  101. #NulisRandom2015 – 2
  102. #NulisRandom2015 – 1
  103. Confident – Demi Lovato
  104. [Review Film] Maze Runner: The Scorch Trials
  105. [Review Buku] Unplanned Love – Jenny Thalia Faurine
  106. What Does Traveling Means to Me?
  107. Something that Comes in My Mind
  108. Tentang Pindah dan Rasa Kehilangan
  109. [Review Film] Catatan Akhir Kuliah The Movie
  110. Sail Tomini 2015
  111. Buku dan Passion
  112. Desa Pondok Kelapa, Memperingati KKN Dua Tahun yang Lalu
  113. Pergi
  114. [Review Buku] Sunshine Becomes You – Ilana Tan
  115. Diam
  116. [Review Buku] Imaji Terindah – Sitta Karina
  117. [Review Buku] Lukisan Hujan (Edisi Lama) – Sitta Karina
  118. [Review Buku] Even If It Kills Me Diet Abis-abisan – Dorothy Joan Harris
  119. [Review Buku] Kencana – Sitta Karina
  120. [Review Buku] Koala Kumal – Raditya Dika
  121. Daftar Buku yang Telah Dibaca (Selalu Update)
  122. Aku Terjaga
  123. Aku Meragu
  124. Hujan Malam Ini.
  125. [Review Buku] Dirty Little Secret – AliaZalea
  126. Warrior – Demi Lovato
  127. Running Man di Indonesia! Asian Dream Cup 2014!
  128. [Review Buku] SeoulVivor – Lia Indra Andriana & Tatz
  129. Perbaikan Tugas 2 E-Commerce – Artikel If-Else
  130. Tugas 4 Ecommerce – Artikel Pemrograman Intenet dan E-commerce
  131. Tugas 4 Ecommerce – Pengalaman di Teknik Informatika Universitas Bengkulu
  132. Google Removes .CO.CC Subdomains Over Phishing, Spam Concerns
  133. Secrets in the Keyboard Shift Key Functions
  134. The Risk of Working in the IT World
  135. About Me
  136. Portfolio
  137. IU 바다가 기억하는 얘기 (Memories of the Sea)
  138. #forlife Writing Project
  139. For The Love Of A Daughter
  140. Believe In Me – Demi Lovato
  141. I Miss You – Miley Cyrus
  142. Just For My Mom
  143. #dearpapa
Perilaku Mengedepankan Gengsi

 

Sepertinya ada prinsip yang salah tertanam pada diri orang-orang.

Prinsip ini bernama ‘gengsi’.

“Eh, aku baru beli tas loh, harganya tujuh ratus ribu. Bagus kan ya? Tapi kredit nih lima kali bayar,” kata seorang teman.

Kenapa aku menganggap hal ini salah? Karena aku tahu dengan pasti, temanku itu gajinya sebulan tidak jauh dari harga tas yang ia beli tersebut, bahkan mungkin kurang. Prinsip yang ia anut adalah yang penting bisa bergaya, hutang tak jadi masalah. Tak jarang aku lihat, belum lagi ia melunasi barang-barang yang statusnya masih terhutang tersebut ia sudah mengutang kembali dan membeli barang lain. Lagi-lagi demi bisa dianggap high class.

“Kalo aku, minggu kemaren aku baru beli gamis baru. Harganya delapan ratus ribu. Bahan kainnya bagus sih, adem makenya. Tapi kok sekarang aku malah jadi menyesal beli gamis itu ya,” kata teman yang lain.

Seriously? Dengan uang segitu aku bisa beli tiket pesawat promo dari Jakarta – Singapura – Kuala Lumpur. Oke, memang ini menjurus banget deh ya, apa-apa dibandingkan dengan harga tiket. Tapi mengapa kamu bisa mengeluarkan uang sebanyak itu untuk membeli barang, kemudian kamu menyesal dan tidak mau memakainya?

Atau orang lain yang menghamburkan uang lebih dari dua ratus ribu rupiah hanya untuk sekadar mencicipi suatu makanan dan tidak menghabiskannya. Udah mahal-mahal beli makanan itu, eh malah dibuang.

Gengsi inilah yang mendorong orang-orang berperilaku konsumtif di luar kemampuan finansial mereka sendiri. Mereka dengan gampangnya membeli barang yang melebihi kapasitas dompet mereka hanya demi memuaskan gengsi. Agar mendapatkan pengakuan, bahwa si A kaya loh bajunya ganti-ganti dan model baru terus. Atau si B bajunya mahal-mahal loh, si C makannya selalu di restoran mewah nih.

Kembali lagi, sepertinya ada yang salah dengan hal ini.

Mengapa?

Karena kita bertindak di luar kemampuan kita. Kita menghamburkan uang bukan untuk memenuhi kebutuhan, melainkan memuaskan rasa gengsi. Seringnya tercipta perasaan senang jika orang lain mengganggap kita ini hebat, kaya, pintar, dan berkuasa hanya dari penampilan luar.

Padahal seharusnya tidak seperti itu.

Jika kita mampu membuang uang untuk membeli makanan mahal lalu membuangnya, kenapa tidak kita gunakan dana tersebut untuk memberi makan orang-orang yang kurang mampu?

Jika kita membeli barang mahal dan tidak menggunakannya, lantas mengapa tak terpikirkan oleh kita untuk membeli barang-barang kebutuhan anak-anak yatim di panti asuhan? Mengapa tidak kita sumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan?

Padahal kita tahu, masih banyak orang kelaparan di luar sana.

Padahal kita tahu, tidak semua orang mampu seperti kita.

Daripada kita mengedepankan gengsi, mengapa tidak kita coba bertindak seperti padi? Pepatah mengatakan jadilah seperti padi, makin berisi makin merunduk. Semakin banyak uang kita hasilkan, prestasi yang kita raih, keuangan yang semakin membaik, janganlah menjadikan kita semakin mendongak ke atas.

Janganlah lupa melihat ke bawah, masih banyak orang-orang bernasib lebih menyedihkan daripada kita. Banyak-banyaklah bersyukur dengan apa yang kita miliki. Rumput tetangga memang lebih hijau senantiasa, tapi jangan sampai membuat kita lupa diri. Kehidupan yang kita jalani sekarang, bisa jadi itulah kehidupan yang diinginkan orang lain.

Sumber gambar: pixabay.

Dituliskan untuk memenuhi tugas #ywc #gtc kelas Young Writer Club Batch 3

Di penghujung hari yang melelahkan, hari pertama, Senin 30 Oktober 2017

Anindita Ayu Prastiwi

 

Baca juga: Sumatera Barat, The “Unforgettable” Trip

Tags:
Lulus dari Teknik Informatika, namun tidak bisa lepas dari novel dan sastra. Menulis tentang traveling, review buku, review film, coret-coretan pribadi, jurnal absurd, serta hal-hal random.

Related Article

12 Comments

Ahmad Kumaedi 06/11/2017 at 21:01

Wah udah keren neh tulisannya. Tinggal ke naskah lagi mbak. Mantap.

Diah 12/11/2017 at 21:27

Karena bagi sebagian orang, gak gaul klo gak up to date dalam fashion, nongkrong sana sini, yaa itulah ya gengsi, huhuhuh. Padahal jadi diri sendiri mah jauh lebih baik ya Mbak daripada sok gengsi segala padahal pakai topeng 😀

Leave a Comment

Behind This Blog

Behind This Blog

Hello!
Aku Anindita Ayu, seorang penggila sastra yang bermimpi untuk menjelajahi dunia.
Pink Passport adalah rumah keduaku.

For business inquiries, please email me at aninditaayu.p@gmail.com

Thanks for stopping by!

MY OTHER BLOG

Archives

Community

Community

# # # #
 
 
 
error: Content is protected !!