[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Pengembangan infrastruktur Indonesia untuk Menuju Indonesia Maju dalam Flash Blogging Bengkulu. Hari ini, Jumat tanggal 27 April 2018 telah dilaksanakan Flash Blogging bertema Menuju Indonesia Maju #flashbloggingbengkulu bertempat di Hotel Amaris Kota Bengkulu. Acara ini merupakan kerjasama antara Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Provinsi Bengkulu beserta Direktorat Informasi dan Komunikasi Publik, yang dimulai pada pukul 08.30 hingga selesai.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Sebelumnya, aku hanya bisa mendengatkan cerita blogger-blogger lain mengenai acara Flash Blogging ini, dan kebetulan salah satu pemenang dari Flash Blogging dari daerah lain itu satu kelompok Blogging Collaboration dari komunitas Kumpulan Emak Blogger. Jadi, gimana ngga excited kalau begini. Selama ini cuma bisa gigit jari kan ya.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Padahal saat pengumuman adanya Flash Blogging ini, belum lama berselang aku baru mendapatkan informasi bahwa aku lulus seleksi untuk mengikuti program Traveling & Teaching dari 1000 guru di Napal Putih, Kabupaten Bengkulu Utara, dan program TnT ini dimulai pada hari yang sama, Jumat 27 April 2018. Ya, aku sempat galau. Program TnT kali ini ditujukan untuk memperingati hari guru, dan baru kali ini aku berkesempatan untuk mengikutinya setelah sebelum-sebelumnya selalu waktu tidak memungkinkan.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Di satu sisi ingin mengikuti pengalaman baru mengajar anak-anak SD di pedalaman, tapi di satu sisi aku tak ingin melewatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan Flash Blogging juga? Kapan lagi bisa ketemu mbak Mira selaku founder KEB langsung di Bengkulu?

[/vc_column_text][vc_column_text]

Setelah menimbangkan banyak hal, akhirnya dengan sangat menyesal aku terpaksa mundul dari volunteering program TnT, dan memilih untuk mengikuti kegiatan Flash Blogging. Semoga Agustus nanti masih diberikan kesempatan untuk mendaftar dan lolos seleksi program TnT lagi, amin!

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://3.bp.blogspot.com/–8pkIFl4A1o/W4VH_FePD3I/AAAAAAAADJs/IZ7hDDvGOlA2ttZm97U5LOeFAPoDr77jQCLcBGAs/s640/pengembangan-infrastruktur-indonesia-untuk-menuju-indonesia-maju-2.jpg”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Okay, back to topic.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Acara Flash Blogging ini menampilkan Pak Andoko Darta dari Tim Komunikasi Presiden dan Kak Mira Sahid, founder dari Komunitas Emak Blogger (KEB). Pak Andoko Arta sendiri memberikan materi berjudul Sudut Istana. Sebagai perwakilan dari Tim Komunikasi Presiden, Pak Andoko berkeliling ke berbagai daerah di seluruh Indonesia untuk mendengarkan pesan-pesan dari berbagai blogger di tanah air.

[/vc_column_text][vc_empty_space height=”15px”][vc_custom_heading text=”Sudut Istana” font_container=”tag:h2|text_align:right|color:%231735b7″ css_animation=”left-to-right”][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, dengan total penduduk mencapai 260 juta jiwa. Namun Indonesia bukanlah bangsa yang besar karena jumlah penduduk yang fantastis ini, bukan pula karena 714 suku bangsa dari Sabang hingga Merauke, melainkan karena perjuangan kita selama masa penjajahan hingga bisa merebut kemerdekaan dan mempertahankannya hingga saat ini.

[/vc_column_text][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://3.bp.blogspot.com/-WAhgqsyZyaI/WuK0vIvAaXI/AAAAAAAACiw/FrcTkyioCiE2dyLOeifUDqsFedFaVTQkwCLcBGAs/s1600/Menuju-indonesia-maju-flashbloggingbengkulu-bersama-kemenkominfo-5.jpg”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Bersatunya bangsa Indonesia saat ini adalah dukungan kita semua. Nah dalam masa sekarang ini di mana media sosial sangat berkembang, salah satu hal yang dapat kita persembahkan untuk memajukan tanah air adalah dengan menulis. Terutama sebagai seorang blogger, salah satu senjata kita adalah platform blogging sebagai tempat kita menulis. Karena bukan rahasia umum lagi bahwa melawan hoax menjadi tugas berat di era ini. Jangan salah teman-teman, ada negara yang hancur ‘hanya’ karena hoax loh.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Pak Andoko menjelaskan lebih lanjut mengenai prestasi pemerintahan saat ini, sesuai dengan profesinya sebagai Tim Komunikasi Presiden. Menurutnya, ada banyak kegiatan-kegiatan yang dilakukan pemerintah untuk menuju Indonesia maju, serta pembangunan-pembangunan yang difokuskan pada titik perhatian pemerintah.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”15px”][vc_column_text css_animation=”right-to-left”]

Menuju Indonesia Maju, titik perhatian pemerintah yaitu:

[/vc_column_text][vc_column_text]

Infrastruktur Indonesia dan Pembangunan Manusia

Infrastruktur berarti fasilitas yang dimiliki suatu negara untuk menunjang berlangsungnya kegiatan ekonomi, seperti komunikasi, transportasi, lembaga keuangan, dan sistem penyediaan energi. Sebagai contoh yang telah dibangun adalah pembangunan jalan raya, akses-akses menuju daerah-daerah terpencil.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Yang kedua adalah pembangunan manusia. Pembangunan manusia di sini berarti meningkatkan kualitas masyarakat berupa skill dan Sumber Daya Manusia. Dimulai dari tahun 2015 merupakan tahun pembangunan fondasi bangsa, sedangkan pada tahun 2016, fokus pemerintahan kita adalah percepatan pembangunan manusia.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Infrastruktur Indonesia berkaitan langsung dengan pembangunan manusia. Bertambahnya kualitas SDM masyarakat kita menjadi sebuah langkah awal untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas infrastruktur Indonesia. Sebagai contoh: inovasi-inovasi baru yang dicetuskan para pemuda-pemuda kita, tentunya mendukung pembangunan infrastruktur negara kita untuk menuju Indonesia maju.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://4.bp.blogspot.com/-GSq_B5gF-PE/WuK0wcLNRnI/AAAAAAAACi8/WtxjANKvORcRc3bpGlc0imNQ2zSJeKu0wCLcBGAs/s640/Menuju-indonesia-maju-flashbloggingbengkulu-bersama-kemenkominfo-8.jpg”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Untuk tahun 2017, pemerintahan kita berfokus pada pemerataan ekonomi yang berkeadilan menuju Indonesia maju, agar seluruh rakyat dapat merasakan pembangunan yang merata di seluruh daerah di Indonesia. Jika kita maju bersama, maka kita bisa sejahtera bersama Menuju Indonesia Maju. Jika kita mengatakan bahwa pemerataan dapat dicapai dengan kesamaan perlakuan (equality), ini adalah persepsi yang salah.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Mengapa? Karena kita harus bisa melihat latar belakang dan kondisi seseorang atau suatu daerah. Sebagai contoh, seorang bapak dan kedua anaknya ingin melihat suatu permainan bola di lapangan di balik pagar rumahnya. Sang bapak jelas lebih tinggi daripada anaknya yang bersekolah di SMP dan SD. Ada tiga balok yang dapat mereka naiki agar dapat melihat ke balik pagar.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Jika kita memaksa diberikan kesamaan perlakuan, maka masing-masing dari bapak dan anak-anaknya akan diberikan satu balok. Lantas, apakah mereka semua bisa melihat ke balik pagar? Tentu anaknya terutama yang paling kecil masih kesulitan. Maka pemerataan akan diberikan, dalam hal ini sang bapak tidak mendapatkan balok kayu, anaknya yang SMP mendapatkan satu balok kayu, dan anak bungsunya berhak untuk diberikan dua balok kayu sehingga mereka semua menjadi sama tinggi.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Untuk program pemerataan ini, di Bengkulu sendiri sudah diadakan program sejuta rumah untuk nelayan berpenghasilan rendah. Nah, yang berpenghasilan rendah ini yang bagaimana sih? Apakah lima juta sebulan itu bisa dikatakan sebagai penghasilan rendah? Oleh karena itu, diperlukan penyamaan pendapat mengenai penghasilan rendah. Makna berpenghasilan rendah diperuntukkan kepada para pekerja dengan penghasilan di bawah dua juta. Ada pula program pemerataan jalan, serta pembangunan masjid oleh pemerintah pusat di Bengkulu.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”15px”][vc_column_text css_animation=”right-to-left”]

Adapun kebijakan pemerintahan yang berkeadilan:

[/vc_column_text][vc_column_text]

  1. Keberpihakan pada 40% lapisan masyarakat ke bawah,
  2. BBM satu harga di seluruh Indonesia, termasuk kalimantan dan papua. Selama ini BBM di Kalimantan seharga Rp 45.000,- ribu dan di Papua Rp 65.000,- sampai Rp 100.000,-, bandingkan dengan di Sumatera atau Jawa yang tidak mencapai Rp 10.000,-,
  3. Peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui vokasi,
  4. Revitalisasi pasar agar pedagang dapat bersaing,
  5. Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, serta program pemberian makanan tambahan untuk anak dan ibu hamil,
  6. Membangun sentra pertumbuhan ekonomi baru di luar jawa,
  7. Subsidi lebih tepat sasaran untuk masyarakat berpenghasilan rendah,
  8. KUR di tahun 2018 tersalurkan rp 94.4 triliun untuk kesejahteraan UMKM,
  9. Pembangunan pos lintas batas negara, agar rakyat di perbatasan merasakan kehadiran negara.

[/vc_column_text][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://3.bp.blogspot.com/-WYdyNM4rYM4/WuK0uKVkvdI/AAAAAAAACis/WFe8Wu_-QyMw2UkJ8jvNlettnqv8ouelwCLcBGAs/s640/Menuju-indonesia-maju-flashbloggingbengkulu-bersama-kemenkominfo-4.jpg”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Mengapa harga Bahan Bakar Minyak di Indonesia bagian Timur sangat gila-gilaan? Hal ini dikarenakan bahan bakar minyak dibawa dari Samarinda selama tiga hari tiga malam untuk bisa sampai ke tanah Papua. Itupun juga dengan rintangan yang berat, seperti kedalaman air yang tidak sesuai, pasang surut laut juga dilalui demi masyarakat di Mahakam. Setelah adanya APMS, BBM menjadi murah dan sangat membantu, yaitu premium seharga 6.450.

[/vc_column_text][vc_column_text]

BBM yang mahal inilah yang menyebabkan harga kebutuhan hidup di sana sangat mahal. Dengan pembangunan infrastuktur ini, maka diharapkan adanya penurunan harga-harga yang melambung tinggi tersebut. Karena BBM satu harga adalah masalah keadilan sosial bagi masyarakat Indonesia.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Selain pembangunan infrastruktur dan pembangunan manusia, ada pula pembuktian lain dari pemerintahan Jokowi, yaitu adanya penurunan tingkat kemiskinan dari 28% menjadi 27.7% pada tahun 2017.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”15px”][vc_custom_heading text=”“Jangan pernah lelah mencintai Indonesia,” Sukardi Ranit.” font_container=”tag:h5|text_align:left” css_animation=”right-to-left”][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://1.bp.blogspot.com/-Tsrfmln0r_s/WuK0vVZpjXI/AAAAAAAACi0/sqr_bIOBnyQsVKcxtNeaxtrdqp9G_LZLwCLcBGAs/s640/Menuju-indonesia-maju-flashbloggingbengkulu-bersama-kemenkominfo-7.jpg”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”15px”][vc_custom_heading text=”Manusia adalah Makhluk Sosial” font_container=”tag:h2|text_align:right|color:%231735b7″ css_animation=”left-to-right”][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Materi kemudian dilanjutkan oleh mbak Mira Sahid selaku founder Komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang telah memiliki anggota sebanyak 3000 lebih di seluruh tanah air, dengan materinya yaitu Manusia adalah Makhluk Sosial. Ini adalah kali kedua aku bertemu dengan mbak Mira. Aku ingat betul pertama kali aku bertemu dengan mak kece ini, tepat dua hari setelah aku ganti e-passport.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Hari itu merupakan acara sharing dengan mbak Mira sebagai blogger dan founder KEB, serta kak Rons Irawan sebagai penulis buku di warkop Kong Jie Bekasi milik kak Rons. Acaranya sendiri diselenggarakan oleh Omah Belajar. Acara tersebut menjadi salah satu acara sharing yang membuatku sadar bahwa dengan menulis, aku bisa menjadi diriku sendiri.

[/vc_column_text][vc_column_text]

And then here we are, dalam acara yang sama, kali ini di kotaku Bengkulu.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Menurut mbak Mira, kita sekarang hidup di tiga dunia: dunia nyata, dunia mimpi, dan dunia maya. Bukan hal aneh lagi bila mbak Mira berkata seperti ini, karena bisa dilihat kita menggunakan sosial media dari kita bangun tidur hingga tidur lagi. Berdasarkan penelitian, data social media di Indonesia adalah sebagai berikut:

[/vc_column_text][vc_column_text]

Total populasi 265.6 juta, urbanisasi 56%

Internet user 132.7 juta, penetrasi 50%

Active social media users 50 juta, penetrasi 49%

Unique media users 177.9 juta, penetrasi 67%

Active mobile social user 120 juta penetrasi 45%

[/vc_column_text][vc_column_text]

Di antara data-data tersebut, diketahui ada 300 blogger di Bengkulu dan 1/3-nya adalah blogger aktif.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://4.bp.blogspot.com/-h0llBSqqZmw/WuK0vRPHikI/AAAAAAAACi4/vv94qnwFP6knM_GlbLFNctfh7SzhzUf8gCLcBGAs/s640/Menuju-indonesia-maju-flashbloggingbengkulu-bersama-kemenkominfo-6.jpg”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Terutama menjelang pemilu, siklus yang akhir-akhir ini sering terjadi adalah banyaknya hoax yang beredar. Akibat dari banyaknya hoax ini, banyak masyarakat yang percaya mentah-mentah tanpa mau repot-repot mencari tahu lebih dalam mengenainya. Ada pula bullying terjadi di sekitar kita, baik di dunia nyata maupun dunia maya.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Teman-teman blogger sudah sama-sama mengetahui kalau blog bisa menjadi branding diri kita bukan? Nah, blogging saat ini tidak bisa lagi dianggap remeh loh guys. Dari nge-blog ini, kita bisa merepresentasikan siapa diri kita, hal-hal apa saja yang kita pikirkan dan kita ingin sampaikan kepada dunia. Makanya blogging jangan sekadar curhat. Ada banyak manfaat dari nge-blog, selain sebagai branding diri, juga bisa di-monetize untuk mendapatkan penghasilan.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Kak Mira sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadi blogger seperti saat ini. Sebelum menulis di mirasahid.com, dulunya kak Mira menulis di blognya ayankmira.com. Tidak apa-apa kok, teman-teman, aku pun dulu juga melalui masa-masa di mana ngeblog Cuma sekadar tempat curhat sampai-sampai yang baca itu sangat sedikit. Sedih ye.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Kita tidak harus terjun langsung ke dunia politik jika ingin melakukans sesuatu untuk bangsa. Untuk kita, menulis bisa menjadi sesuatu. Seorang blogger yang ke pemerintahan bukanlah untuk mendukung politik, namun untuk membantu bangsa dengan platform yang kita kuasai, yaitu menulis. Digital marketing memang boleh, namun kita juga memiliki kewajiban untuk menjadi paspamres di dunia online.

[/vc_column_text][vc_column_text]Maksudnya?[/vc_column_text][vc_column_text]

Ya, dengan menulislah kita bisa melawan hoax yang beredar. Kita menulis untuk mengenyahkan desus-desus dan isu-isu tanpa kebenaran tersebut untuk menuju Indonesia maju.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/2″][vc_column_text css_animation=”right-to-left”]

Manfaat nge-blog:

[/vc_column_text][vc_column_text]

  1. Hobi/ passion
  2. Rekam jejak digital
  3. Media informasi
  4. Personal branding
  5. Engagement
  6. Peluang

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/2″][vc_column_text css_animation=”right-to-left”]

Bagaimana sih blog yang bagus itu?

[/vc_column_text][vc_column_text]

  1. Ramah mata
  2. Up to date & informative
  3. Spesifik
  4. Personal
  5. Berguna
  6. Unik

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Menulislah hal-hal yang baik, karena nantinya kita akan dikenang berdasarkan apa yang kita tulis. Karena blogging bisa digunakan untuk membangun long term engagement, maka etika yang harus ditekankan, dengan client, pemerintahan, baik secara lisan maupun tulisan. Kekuatan mulut ke mulut masih berlaku bahkan di dunia blogging. Engangement bisa berupa silaturahmi. Perbaiki etika, jangan hanya selalu tentang komersil.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text css_animation=”right-to-left”]

Ide Kreatif Menulis di Blog:

[/vc_column_text][vc_column_text]

  1. Membaca
  2. Berlatih
  3. Efek visual
  4. Inner link
  5. Positif
  6. Olahan Kata

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://1.bp.blogspot.com/-8QHScXQk3IE/WuK0t3RV66I/AAAAAAAACik/WyjmrOwZVqcxn7F3vfF41I8HKT66YhQlACLcBGAs/s640/Menuju-indonesia-maju-flashbloggingbengkulu-bersama-kemenkominfo-3.jpg”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/2″][vc_column_text css_animation=”right-to-left”]

Nah, sebagai panduan untuk menulis blog, maka sebuah postingan dapat dibagi 3, yaitu:

[/vc_column_text][vc_column_text]

  1. Intro
  2. Details
  3. Conclusion

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/2″][vc_column_text css_animation=”right-to-left”]

You are what you write, so THINK before posting.

[/vc_column_text][vc_column_text]Is it True? Benarkah?

Is it Hurtful? Menyakitkankah?

Is it Illegal? Ilegalkah?

Is it Necessary? Pentingkah?

Is it Kind? Santunkah?[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://2.bp.blogspot.com/-2vnhlphwmfI/WuK0t74yoeI/AAAAAAAACio/BoDEKpJxZDcXGoW9GhkDrb7rYpFr2Gy6gCLcBGAs/s640/Menuju-indonesia-maju-flashbloggingbengkulu-bersama-kemenkominfo-2.jpg”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Untuk membantu Menuju Indonesia Maju, maka kita harus lebih bijak dalam bersosial media. Marilah kita memberikan opini yang baik dan membangun kepada siapa saja, baik kepada pemerintah maupun masyarakat Indonesia.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Untuk Menuju Indonesia Maju versimu, apa saja yang sudah kamu lakukan?

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”15px”][vc_custom_heading text=”“Teruslah Menulis maka Kau akan Menemukan Siapa Dirimu,” Mira Sahid.” font_container=”tag:h4|text_align:left”][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Baca juga: [Berkaca pada Usia, Apa yang Pemuda Berikan untuk Negara?]

Baca juga: [Jangan Jadi Orang yang Bersikap Egois, Duhai Teman]

Baca juga: [Perilaku Mengedepankan Gengsi][/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This