Wisata budaya Indonesia yang dijadikan situs warisan dunia oleh UNESCO tak hanya candi Borobudur saja. Ada juga candi lain yang tak kalah menarik dan termasuk situs warisan dunia, yaitu Candi Prambanan. wisata Candi Prambanan.

Candi tercantik se-Asia Tenggara ini merupakan peninggalan Hindu dengan bangunan terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun sekitar tahun 850 Masehi oleh para raja-raja dari Dinasti Sanjaya. Mengulik sejarah dan keindahan dari wisata Candi Prambanan cukuplah menyenangkan bagi para pencinta sejarah dan budaya.

 

wisata candi prambanan

 

 

 

 

Sejarah Pembangunan Candi Prambanan

 

 

Candi Prambanan dibangun oleh Rakai Pikatan tahun 850 M. Ada pun candi ini dibangun dengan tujuan untuk ditandingkan dengan kemegahan Candi Borobudur serta Candi Sewu. Pembangunannya dilakukan secara berangsur dan baru siap pada masa pemerintahan Raja Balitung Sambu.

Candi Prambanan juga untuk menghormati dewa tertinggi dalam agama Hindu, yaitu Dewa Pemusnah (Dewa Siwa), Dewa Pencipta (Dewa Brahmana) dan dewa Pemelihara (Dewa Wishnu).  Di bangunan candi Prambanan ini dulunya dilakukan pemujaan terhadap dewa Siwa.

 

wisata candi prambanan

Wisata Candi Prambanan. Sumber gambar: wikipedia

 

Candi Prambanan juga menjadi simbol kisah cinta yang melegenda. Dikisahkan seorang pangeran bernama Bandung Bondowoso jatuh hati kepada putri Roro Jonggrang namun bertepuk sebelah tangan. Untuk menolak sang pangeran, maka Roro Jonggrang mengajukan permintaan kepada Bandung Bondowoso untuk membuat 1000 arca dalam waktu semalam.

Permintaan itu disanggupi dan pada saat pangeran Bandung menyelesaikan 999 arca, Roro Jonggrang was-was dan meminta bantuan warga untuk menumbuk padi agar ayam berkokok yang menandakan hari sudah pagi. Pangeran Bandung Bondowoso yang merasa tercurangi, mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca ke-1000. Arca itulah yang kini menjadi Candi Prambanan.

 

 

 

Hunting Foto Instagramable di Komplek Candi

 

 

Arsitektur dari dinding Candi Prambanan berupa panel relief yang bercerita tentang kisah Ramayana. Selain itu terdapat pula relief pohon Kalpataru yang melambangkan kelestarian, kehidupan dan keserasian. Komplek wisata Candi Prambanan ini sendiri terdiri atas banyak candi.

Beberapa di antaranya tiga Candi Trimurti, tiga Candi Wahana, empat Candi Kelir, dua Candi Apit, 224 Candi Pewara dan empat Candi Patok. Pola pembangunan candi ini menjulang tinggi dengan bentuk yang mengikuti Gunung Suci Mahameru, yang diyakini oleh masyarakat sebagai tempat para dewa bersemayam.

Keindahan utama dari Candi Prambanan adalah tampilan gaya arsitektur bangunannya yang megah, dengan tiga candi utama di bagian utamanya. Kita bisa menikmati keindahan seni budaya di sepanjang dinding bangunan, dengan berjalan kaki atau menggunakan keret mini untuk mengelilingi candi.

Teman-teman juga bisa hunting foto di berbagai sudutnya karena memang terdapat banyak spot foto menarik di sekitar candi Prambanan. Tak hanya itu saja di bagian belakang candi juga terdapat kebun binatang yang dapat kita jadikan lokasi untuk bersantai.

 

wisata candi prambanan

Senja di destinasi wisata Candi Prambanan. Sumber gambar: tribun travel

 

Bagi teman-teman yang suka berburu sunset, perlu menunggu senja untuk melihat keindahan sunsetnya yang akan menghipnotis kita dari puncak Prambanan. Selain  daya tarik yang ada pada lokasi Candi Prambanan sendiri, terdapat pula aneka objek wisata menarik lainnya di sekitar candi.

Teman-teman bisa mengunjungi Candi Lumbung, Candi Bubrah, Candi Sewu, mendatangi spot Riyadi, mengunjungi Candi Barong, Candi Ratu Boko, Banyu Nobo, tebing Breksi, dan lain sebagainya.

 

 

 

Ke Jogja Belum Lengkap Tanpa Menikmati Keindahan Wisata Candi Prambanan

 

 

Menjadikan Candi Prambanan sebagai salah salah salah satu daftar kunjungan saat berlibur ke Jogja merupakan pilihan yang paling tepat. Candi Prambanan ini memang memiliki berjuta pesona yang akan memuaskan setiap wisatawan yang berkunjung.

Lokasi dari Candi Prambanan ini memang terbilang cukup membingungkan. Pintu masuk komplek candi berada di kawasan desa Tlogo, kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Namun bagian kompleksnya berada di wilayah Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Intinya, Candi Prambanan ada di jalan Jogja–Solo. Jangan takut untuk pergi ke sana, karena kita tidak akan kesulitan menemukan lokasi dari candi ini. Akses untuk menuju destinasi wisata Candi Prambanan sendiri cukup mudah, di mana transportasi umum dari pusat kota Jogja sudah banyak tersedia.

 

Jadi, kapan mau menghilangkan rindu pada Yogyakarta dengan mendatangi destinasi wisata Candi Prambanan ini?

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This