Pernah merasakan duniamu tiba-tiba berubah dan tak akan pernah sama kembali? Saat semuanya hal yang kamu rencanakan hancur berantakan karena suatu hal? Ketika menghirup udara pun terasa berat karena tekanan yang terasa menghimpit dadamu seolah tak pernah usai? Tempat wisata di Garut, tempat wisata garut.

Itulah yang aku rasakan selama dua bulan ini. Tepatnya setelah kepergian tiba-tiba Ayah tanpa pertanda sebelumnya, membuat aku kehilangan tempat bersandar. Sesaat, aku merasa duniaku runtuh. Untungnya aku segera sadar bahwa takdir Allah sudah ditetapkan bahkan sejak kita dilahirkan. Tak ada yang bisa mengelak dari kematian, bukan?

Berbeda dengan perjalanan hidup milikku yang masih terus berlanjut dan harus mampu beraktivitas seperti biasanya.

 

tempat wisata di garut

 

Sederhana saja, aku butuh sebuah perjalanan. Solo traveling lebih tepatnya. Karena bagiku perjalanan itu menyembuhkan, pun mampu mengurai benang-benang kusut yang selama ini teruntai di kepala.

 

Kemudian muncul pertanyaan baru: kamu mau ke mana?

 

Garut. Ini terlintas begitu saja di pikiranku beberapa hari lalu. Letaknya yang tak terlalu jauh dari Bandung dan undangan seorang teman untuk mengunjungi tanah kelahirannya membuatku tergelitik ingin bertandang ke salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat itu. Ditambah karena terakhir kali aku pergi ke Bandung dengan diam-diam sempat membuat Ayah marah dan memintaku untuk pulang di hari itu juga.

 

Gosh, I really miss him. Al-fatihah for you, Dad.

 

Mau ke tempat wisata di Garut yang mana saja nih, Nin?

 

 

 

5 Tempat Wisata di Garut dalam Perjalanan untuk Menyembuhkan

 

 

Talaga Bodas Tempat Wisata di Garut

 

talaga bodas tempat wisata di garut

Tempat wisata di Garut: Talaga Bodas. Sumber gambar: bawaransel.com

 

Dasar anak pantai, ke mana-mana yang dicari duluan adalah tempat wisata yang ada airnya. Kali ini Talaga Bodas berhasil mencuri perhatianku. Telaga yang berada di kawah Gunung Talaga Bodas ini bukan hanya cantik dengan jernihnya air dan pemandangan yang disuguhkan, juga karena sebenarnya gunung satu ini masih aktif namun aman untuk dikunjungi.

Ya, view dari Talaga Bodas ini memang apik. Airnya yang jernih kebiru-biruan dengan perbukitan dengan rindangnya pepohonan dari kejauhan terasa sangat kontras, tapi di sisi lain juga terlihat saling melengkapi. Menyepi sekaligus berendam air panas di tempat wisata di Desa Sukamenak, Garut ini pastilah pilihan yang tepat.

 

 

Sungai Cikaengan

 

Masih dalam suasana bermain air, kali ini aku ingin mencoba hal yang seru dan terlihat sedikit ekstrim. Adalah river tubing Cikaengan, sebagai destinasi wisata air di mana kita bisa mencoba river tubing. Selain river tubing, di sini juga ada river boarding. Sejak pertama kali dibuka, wisata air satu ini menjadi tempat wisata hits.

 

river tubing sungai cikaengan tempat wisata di garut

River tubing di Sungai Cikaengan. Sumber gambar: kompasiana.com

 

Ada banyak hal yang menyebabkan river tubing Cikaengan ini menjadi ramai, antara lain airnya yang masih jernih, lokasinya yang strategis, dan kentalnya suasana pedesaan di sekitarnya. Tarifnya pun masih terjangkau, di mana kita bisa memilih 3 paket berbeda sesuai kebutuhan. Kamu yakin nggak mau nyobain river tubing di Sungai Cikaengan ini?

 

 

Bukit Teletubbies Pasir Pogor

 

Bukit Pasir Pogor sekarang lebih dikenal sebagai Bukit Teletubbies karena banyak yang menganggapnya mirip dengan bukit di serial anak-anak tersebut. Satu hal yang menarik perhatianku adalah hamparan rerumputan hijau yang terlihat sejauh mata memandang.

Di sini kita bahkan bisa melihat masyarakat setempat menggembalakan hewan ternaknya. Dari kejauhan terlihat pula birunya laut, petak-petak sawah, dan pegunungan yang berbukit-bukit. Bila ingin menyaksikan matahari terbit, Bukit Teletubbies bisa menjadi pilihan.

Bisa juga untuk berburu bintang di malam hari, kan? Berarti kita bisa datang ke Pasir Pogor kapan saja sesuai keinginan, karena view-nya sama-sama cantik.

 

bukit teletubbies pasir pogor

Sumber gambar: kagaroet.com

 

bukit teletubbies pasir pogor

Bukit Teletubbies Pasir Pogor. Sumber gambar: ameliebeaulieu.blogspot.com

 

 

 

Pantai Santolo Tempat Wisata di Garut

 

Lagi-lagi pantai. Hey, pantai di mana pun memang selalu indah kan? Apalagi Pantai Santolo ini berbeda dengan pantai kebanyakan karena di pantai ini terdapat Muara Cilauteureun.

Bila biasanya air dari muara mengalir menuju ke laut, berbeda dengan Muara Cilauteureun di mana bila sedang pasang justru air laut yang mengalir ke muara ini. Ini unik karena selain di Pulau Santolo, pulau yang dipisahkan oleh Muara Cilauteureun, muara yang seperti ini hanya terletak di Perancis.

 

senja di pantai santolo tempat wisata di garut

Senja di Pantai Santolo. Sumber gambar: ranseltua.com

 

Pantai Santolo juga merupakan perkampungan nelayan. Maka dari itu kita akan mudah menemukan perahu-perahu nelayan dan rumah-rumah mereka. Menikmati senja di pantai ini sembari menikmati kuliner seafood khas pantai pastilah asyik.

 

 

Gunung Papandayan Tempat Wisata di Garut

 

Gunung Papandayan memang menjadi destinasi wisata paling mainstream di Garut. Namun taukah kamu, bahwa terdapat sebuah lokasi unik di gunung ini?

Gunung Papandayan yang meletus pada tahun 2002 menyisakan pohon-pohon mati karena debu dan awan panas. Pepohonan ini kemudian menjadi kehilangan daunnya, kering, dan ada pula yang menghitam. Kontras dengan tanah putih, sehingga kawasan hutan mati ini menjadi incaran para pejalan.

 

hutan mati gunung papandayan tempat wisata di garut

Hutan mati Gunung Papandayan. Sumber gambar: kompas.com

 

 

Yup, tiga dari lima tempat wisata Garut di atas emang wisata air sih. Ya, hal ini dikarenakan aku suka mendengarkan suara air, terutama ombak yang menenangkan. Apalagi tujuan utama perjalanan selanjutnya ini adalah untuk menenangkan hati, jiwa, dan raga, juga bikin happy.

Tentunya aku membutuhkan tempat menginap selama di Garut, apalagi teman yang mengundangku itu saat ini sudah tidak lagi menetap di Garut. Untuk itu, aku sudah mempersiapkannya dong. Setelah hunting penginapan maka villa di sini menjadi pilihanku, karena menurutku villa yang paling tepat untuk perjalanan kali ini karena pas untuk menyepi.

Dari lima tempat wisata di Garut ini, yang mana favoritmu?

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This