Salah satu posko pengeluaran terbesar di rumah adalah konsumsi daya listrik. Benar kan, Buk-ibuk? Tips menabung dan tetap hemat dengan AC hemat listrik.

Apalagi dengan harga-harga yang semakin lama semakin mahal ini, maka tak ayal harga kebutuhan rumah tangga pun meningkat. Kebutuhan sehari-hari seperti biaya makan, kebutuhan rumah, bahan bakar kendaraan, biaya pendidikan. Yak, kalau dirincikan satu per satu, daftar ini akan semakin panjang dan panjang dan panjang.

Menyikapi melambungnya harga-harga ini, dana yang dianggarkan untuk tabungan bulanan jangan sampai berkurang dong. Kita tetap harus punya tabungan untuk masa depan. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi esok hari bukan? Makanya, punya tabungan bulanan itu penting banget.

Agar tetap bisa menabung, maka kita harus pintar-pintar berhemat. Salah satu hal yang bisa dan wajib kita lakukan adalah berhemat dalam konsumsi daya listrik. Berarti ada banyak perangkat elektronik yang harus dipensiunkan ya, Nin? Nooo, tidak seperti itu dong.

Tips menabung adalah harus lebih pintar mengatur konsumsi daya listrik ini. Udah masuk dalam resolusi 2019 belum, soal hemat dalam penggunaan listrik?

 

ac hemat listrik

 

Yang sering jadi dilema adalah penggunaan AC. Biasanya, penggunaan pendingin ruangan ini menyedot daya listrik yang lumayan tinggi sehingga tagihan listrik jadi membengkak. Apalagi kalau tinggal di daerah panas seperti Bengkulu ini, maunya ngadem di ruangan ber-AC selama seharian penuh. Gimana nggak bengkak tuh tagihan listrik?

 

 

Tips Hemat Konsumsi Listrik dengan penggunaan AC di Rumah

 

 

Pilih AC Inverter AC Hemat Listrik

 

Ada tiga jenis AC di pasaran, yaitu AC Standart dengan fitur biasa, AC Low Watt dengan fitur rendah Watt, dan AC Inverter. Kenapa sebaiknya memilih AC Inverter, bukannya AC Low Watt? Karena menggunakan AC Low Watt memang menggunakan Watt yang kecil namun kurang sejuk. Sedangkan AC Inverter bisa dikatakan sebagai AC pintar yang bisa menyesuaikan tingkat konsumsi listrik sesuai suhu yang diinginkan.

 

 

Gunakan Seperlunya AC Hemat Listrik

 

Pendingin ruangan ini memang terkadang bikin addicted ya. Apalagi di siang hari saat kepala berasap sembari menyelesaikan pekerjaan. Iya, kalau di siang hari penggunaan pendingin ruangan memang sangat dibutuhkan sih.

Tapi bagaimana dengan AC yang tetap menyala hingga dini hari bahkan menjelang matahari terbit? Atau AC on terus di ruangan yang kosong? Bila sudah tak lagi diperlukan, maka matikan saja pendingin ruangan satu ini. Gunakan seperlunya saja saat benar-benar dibutuhkan ya.

Kalau ruangan itu tak digunakan seharian, lantas untuk apa menghidupkan AC? Yes, resolusi 2019 untuk hemat listrik bisa segera terlaksana.

 

 

Gunakan AC dengan PK yang Sesuai

 

Memilih AC ini ada rumusnya loh, Buk-ibuk, berdasarkan ukuran ruangan dan Paard Kratch (PK). Sederhananya, bila ukuran PK lebih besar dari ruangan, maka ruangan akan menjadi terlalu dingin. Sedangkan bila ukuran PK lebih kecil dibandingkan ukuran ruangan, ruangan pun kurang sejuk, sehingga mesinnya butuh usaha ekstra dalam bekerja mendinginkan ruangan.

Itulah yang membuat kita boros listrik. Bagaimana memilih PK yang sesuai? Bisa dengan standar British Thermal Units (BTU). 1 KW = 3412 BTUs.

 

BTU AC : Panjang ruangan (m) x Lebar (m)  x 500

 

Bila sudah didapatkan, maka cocokkan dengan list berikut ini:

  • ½ PK = ±5.000 BTU/h
  • ¾ PK = ± 7.000 BTU/h
  • 1 PK = ± 9.000 BTU/h
  • 1½ PK = ±12.000 BTU/h
  • 2 PK = ±18.000 BTU/h

 

Bingung? Anin kasih contoh dulu ya. Misalnya panjang ruangan adalah 6m dan lebarnya 4m. Perhitungannya adalah 6 x 4 x 500 = 12.000 BTU/h. Maka untuk ruangan tersebut sebaiknya kita menggunakan AC berkapasitas 1½ PK.

 

ac hemat listrik

 

 

Mengatur Suhu Pendingin yang Dibutuhkan

 

Bila kita sudah mengetahui BTU AC dan memilih AC dengan PK yang tepat, tak perlu lagi mengatur suhu AC hingga ke tingkat minimum. Cukup atur sesuai suhu ruangan ideal saja, sekitar 24-26 derajat Celcius saja. Dengan BTU dan PK yang sesuai, ruangan bisa tetap dingin dengan cepat tanpa harus mengaturnya ke suhu 16 derajat terlebih dahulu. Hello again, duit tabungan.

 

 

Adakan Jadwal Pembersihan dan Servis Rutin

 

Punya AC berarti harus rajin dibersihkan dong. Mesin AC yang kotor bisa membuatnya bekerja ekstra untuk membuat ruangan menjadi sejuk. Artinya konsumsi daya listrik semakin meningkat dong sehingga biaya listrik semakin meningkat. Jadwal pembersihan AC harus dijadwalkan secara rutin, misalnya dua atau tiga bulan sekali. Cek juga freonnya. Kebocoran pada freon atau pengurangan freon ini juga bisa menyebabkan AC kurang dingin loh.

 

 

Pastikan Ruangan Tetap Tertutup AC Hemat Listrik

 

Kenapa saat menyalakan pendingin ruangan, ruangan tersebut harus tetap tertutup? Hal ini dikarenakan angin dingin bisa keluar melalui celah yang ada dan menyebabkan kompresor bekerja lebih keras lagi. Jaga agar ruangan tetap tertutup terutama setelah keluar dari ruangan ber-AC.

Tips berhemat di atas yang pertama adalah memilih AC Inverter. Nah, sekarang Anin mau ngenalin Buk-ibuk dan teman-teman sekalian dengan satu AC hemat listrik dengan teknologi Dual Inverter yang bisa banget bikin kita hemat listrik.

 

 

 

AC LG DUAL COOL with Watt Control

 

 

AC LG DUAL COOL with Watt Control adalah produk pendingin ruangan terbaru LG yang mengerti kebutuhan kita akan AC hemat listrik. AC hemat listrik satu ini memiliki fitur Watt Control yang memudahkan kita mengatur daya listrik yang dibutuhkan dalam tiga pilihan tingkatan sesuai dengan kondisi ruangan.

 

ac lg dual cool with watt control

AC LG DUAL COOL with Watt Control

 

AC LG DUAL COOL with Watt Control memiliki beberapa tipe yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kita. Teknologi dual inverter pada ini membuat AC LG DUALCOOL with Watt Control ini mampu menyesuaikan kecepatan dalam menjaga suhu.

Bila dibandingkan dengan kompresor biasa, AC LG ini 70% lebih hemat listrik dan 40% lebih cepat dalam mendinginkan ruangan. Dengan fitur Watt Control, kita bisa mengatur konsumsi Watt yang digunakan, dalam tiga pilihan tingkatan yang didasarkan pada besarnya konsumsi Watt, yaitu 80%, 60%, dan 40% sesuai PK dan daya listriknya.

Dengan fitur pintar satu ini, kita tak perlu takut perangkat elektronik lain jadi cepat rusak karena listrik turun dan bisa tetap bisa digunakan secara bersamaan.

 

ac lg dual cool with watt control

AC hemat listrik

 

 

 

Varian AC LG DUAL COOL with Watt Control

 

 

AC LG Dual Cool Deluxe AC Hemat Listrik

 

Varian yang pertama adalah AC LG DUAL COOL Deluxe. Varian ini merupakan varian AC hemat listrik yang sehat, dilengkapi dengan fitur ionizer. Fitur ini berfungsi untuk menjaga kulit tetap lembap dan tidak kering. Dengan AC hemat energi ini, kita tak perlu takut lagi dengan ancaman kulit kering meski terus berada di ruangan ber-AC.

Adapun beberapa tipe AC dari varian Deluxe ini adalah:

  • AC DUALCOOL with Watt Control-Deluxe Air Purifying 1PK P10RV3
  • AC DUALCOOL with Watt Control-Deluxe Air Purifying 1.5PK P13RV3

 

 

AC LG Dual Cool Eco AC Hemat Listrik

 

Varian yang kedua, AC LG Dual Cool Eco. Varian ini merupakan AC hemat listrik dengan fitur anti bakteri berkat teknologi Microdust. Kita bisa menggunakan pendingin ruangan ini tanpa harus khawatir dengan bakteri di sekitar.

Ada pun beberapa tipe AC dari varian Cool ini adalah:

  • AC DUALCOOL with Watt Control-Eco 1.5PK T13EV4
  • AC DUALCOOL with Watt Control-Eco 0.5PK T06EV4
  • AC DUALCOOL with Watt Control-Eco 1PK T10EV4
  • AC DUALCOOL with Watt Control-Eco 2PK T19EV4

 

 

AC LG Dual Cool Smart AC Hemat Listrik

 

Varian ketiga, AC LG Dual Cool Smart. Varian ini merupakan AC hemat listrik yang bisa mengoptimalisasi kerja mesin dan juga mencegah debu kotor agar tidak terhirup oleh kita.

Ada pun beberapa tipe AC dari varian Smart ini adalah:

  • AC DUALCOOL with Watt Control-Smart 0.5PK E06SV4
  • AC DUALCOOL with Watt Control-Smart 1PK E10SV4
  • AC DUALCOOL with Watt Control-Smart 1.5PK E13SIV4
  • AC DUALCOOL with Watt Control-Smart 2PK E19SIV4

 

ac hemat listrik

 

Itu dia tiga varian AC LG DUALCOOL with Watt Control yang bisa teman-teman pilih sesuai kebutuhan. Hemat konsumsi listrik dengan AC hemat listrik, tentunya bikin kita bisa menabung kan? Semoga tips-tips di atas bisa membantu kita untuk menghemat konsumsi listrik dan tetap menabung.

Hello, traveling around the world!

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This