Bagi pemilik blog WordPress self hosted, salah satu yang seringnya bikin galau adalah bagaimana mencari hosting terbaik untuk blognya tersebut. Penyedia web hosting haruslah dipilih dengan cermat, karena ‘kehidupan’ blog ataupun website kita tergantung padanya. Sebelumnya, apa sih web hosting ini?

 

 

 

Apa itu Web Hosting?

 

 

Sederhananya, web hosting bisa dianggap sebagai sebuah rumah untuk seluruh data website kita. Selama ini kan kita menumpang di Blogger atau wordpress.com misalnya, untuk menyimpan keseluruhan data di mana Google lah yang memiliki kendali penuh atasnya.

Dengan web hosting, kita memiliki semua kendali atas semua data ini. Kita bebas untuk mengatur semua data pada website dan blog kita. Karena itulah, bila memutuskan untuk memiliki domain hosting sendiri, maka kita harus lebih cermat dalam memilih penyedia hosting terbaik bagi kita.

Nah, apa saja sih yang harus diperhatikan saat memilih hosting terbaik?

 

hosting terbaik

 

 

 

 

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Hosting Terbaik

 

 

Hosting Uptime Hosting Terbaik

 

Hosting Uptime merupakan total waktu pelayanan dari sebuah server web hosting, yang diukur dengan persen. Untuk menentukan hosting terbaik, hosting uptime menjadi hal krusial. Kenapa hosting uptime menjadi hal yang harus kita perhatikan dalam memilih server hosting terbaik?

Hal ini dikarenakan dari jumlah uptime ini kita bisa mengetahui seberapa lama server tersebut beroperasi tanpa adanya gangguan. Misalnya saja uptime server adalah 99.98%, maka kemungkinan adanya downtime hanya 0.02% x 30 x 24 x 60 = 0.144 jam atau sekitar 8.7 menit per bulannya.

Paling males kan, kalau sedang ada deadline tulisan tapi blog tidak bisa diakses karena server down? Makanya hosting uptime ini penting banget untuk mengukur kehandalan sebuah web hosting.

 

 

Security Hosting Terbaik

 

Lagi-lagi soal security atau keamanan harus kita perhatikan dalam memilih hosting terbaik. Yes, darling, ada banyak sekali ancaman dari pihak luar terhadap server seperti serangan virus DDoS, gangguan spam, malware, atau pun botnet.

Keamanan server sangatlah penting. Pilih penyedia layanan web server yang menyediakan berbagai fitur keamanan baik dengan tools, hardware, dan software. Oh iya, pilih pula hosting terbaik dengan cpanel versi terbaru serta selalu update.

 

 

Disk Space dan Bandwidth Unlimited

 

Pernah lihat web yang menampilkan pesan eror Bandwidth Limit Exceeded? Eror satu ini muncul karena web tersebut telah mencapai batas bandwidth yang diberikan dalam paket hosting. Web tersebut tidak bisa mendapatkan traffic lagi karena berstatus ditangguhkan.

Mengapa kita membutuhkan unlimited bandwidth? Traffic yang lalu lalang, serta mesin pencari seperti Goggle yang sedang meng-crawl web kita membutuhkan bandwidth. Belum lagi bila kita menggunakan email dengan alamat web tersebut, misalnya anin@anin.com, bila kita mengirimkan email dengan file lampiran berukuran besar pun bisa menghabiskan bandwidth loh.

Bagaimana dengan disk space, kenapa butuh disk space yang besar? Disk space atau tempat penyimpanan data kita butuhkan untuk menyimpan data-data kita. Semakin besar disk space yang disediakan, maka semakin banyak pula file, folder, dan data-data lain yang bisa disimpan.

 

hosting terbaik

Memilih hosting terbaik haruslah cermat.

 

 

 

Spesifikasi Server

 

Cek terlebih dahulu spesifikasi server dari penyedia layanan hosting tersebut. Di mana lokasi server yang digunakan? Bila target dari website atau blog kita adalah Indonesia, maka sebaiknya pilih server yang berlokasi di Indonesia pula sebagai negara yang sama dengan target blog. Selain itu cek pula kapasitas RAM, kecepatan prosesor, dan harddisknya.

 

 

Backup Data Hosting Terbaik

 

Ingatlah untuk memiliki backup data dalam berbagai aspek kehidupan, apalagi bila sudah menyangkut data server. Tidak ada yang mengetahui apa yang akan terjadi ke depannya. Bisa saja karena kesalahan kita dalam mengotak-atik cpanel menyebabkan data penting kita terhapus.

Web mengalami crash, ataupun ada yang masuk tanpa izin dan mengganti file di cpanel. Dan kemudian, boom, blog tidak bisa diakses bahkan hilang. Anin pernah begitu? Pernah, blog ini nggak mau diapa-apain sampai mau nangis darah rasanya.

Untungnya ada backup data sehingga bisa mengembalikan blog seperti semula. Padahal waktu itu blognya belum terlalu banyak isinya loh. Apalagi kalau sekarang, pastinya backup harus lebih diperhatikan.

Cek pada penyedia layanan hosting, apakah mereka memberikan layanan backup penuh secara teratur ataukah tidak. Cek pula apakah penyedia layanan hosting ini dapat me-restore atau mengembalikan data dengan data backup tersebut dengan mudah. Oh iya, tentunya kemudahan dalam mengakses cpanel pun harus berperan besar dalam proses backup dan restore ini.

 

 

Harga dan Fitur-fitur yang Ditawarkan

 

Ada harga ada rupa, begitu kata orang. Memang, bisa jadi sebuah penyedia web hosting menawarkan paket hosting dengan harga terlalu murah. Eits, bukan berarti yang murah ini berarti jelek loh. Untuk itu diperlukan kejelian lebih lanjut dalam memahami apa saja yang ditawarkan dalam paket hosting tersebut.

Perhatikan secara mendalam beberapa hal berikut ini:

  • Syarat dan ketentuan yang diberikan
  • Berapa lama masa garansi?
  • Apakah bisa refund?
  • Bagaimana dengan harga renewal atau perpanjangan? *pssst jangan sampai nanti kamu kaget dengan harga perpanjangannya ya.
  • Fitur-fitur apa saja yang ditawarkan

 

 

Speed Hosting Terbaik

 

Speed atau kecepatan server menjadi penentu seberapa page load atau waktu yang dibutuhkan untuk mengakses blog atau website kita. Page load blog ini adalah empat detik misalnya. Bagaimana bila pengguna lain butuh waktu hingga dua puluh detik untuk membuka laman yang sama? Tentunya membuat mereka kesal, dan bisa jadi menutup laman tersebut sebelum terakses sepenuhnya bukan?

 

 

 

Litespeed Web Server

 

 

Sekarang ada teknologi Litespeed Web Server yang akan membuat akses server menjadi lebih cepat hingga 50 kali lipat. Teknologi ini digunakan pada web server dengan penggunaan nomor empat terbanyak di dunia, sebanyak 3,5% web pada bulan Oktober 2018.

 

litespeed web server

 

 

Apa saja keunggulan Litespeed Web Server?

 

  • Akses server akan lebih cepat, ringan dan stabil di saat yang bersamaan.
  • Terintegrasi dengan Apache
  • Support HTTP/2 sebagai protokol jaringan terbaru untuk mempercepat page load di browser.
  • Memiliki fitur anti-DDoS sehingga lebih aman.
  • Support .htaccess
  • Akses loading lebih cepat dari Apache
  • Sudah compatible dengan mod_rewrite dan mod_security
  • Dapat meminimalisir server yang overload
  • Untuk proses PHP-nya bisa 50% lebih cepat

 

Itu dia tujuh hal yang harus diperhatikan saat memilih Hosting terbaik yang tepat untuk blog dan website kita. Teman-teman bisa memilih Niagahoster yang menyediakan beragam paket hosting, yaitu paket Bayi, Pelajar, Personal dan Bisnis dengan range harga mulai dari Rp 19.800 hingga Rp 84.564 per bulannya.

 

hosting terbaik

Paket-paket yang ditawarkan Niagahoster

 

Niagahoster juga memberikan jaminan uptime 99.999% per tahun, dengan disk space dan bandwidth unlimited, Litespeed Web Server, security, dan fitur keamanan lain yang mumpuni.  Udah menggunakan Litespeed Web Server cuy, ini nih idaman banget. Tinggal pilih paket hosting terbaik sesuai kebutuhanmu deh… ^^

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This