Saat akan membeli sebuah ponsel, pastinya ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan kita dalam memilihnya. Salah satunya adalah harga, iya kan? *irit mode on. Smartphone Xiaomi.

Yak, salah satu brand dari China, Xiaomi mengetahui dengan pasti kebiasaan ini. Merek satu ini telah menjadi fenomena di pasar smartphone di Indonesia. Produk smartphone yang dikeluarkannya selalu mendapat respon yang positif oleh para konsumen, khususnya Mifans. Apalagi ketika ada flash sale, penjualan smartphone Xiaomi selalu terjual habis dalam hitungan menit saja.

Xiaomi juga mampu menyaingi para pesaingnya, termasuk raja gawai favorit konsumen seperti Apple dan Samsung. Hal ini terbukti dari jumlah penjualan ponsel Xiaomi berada di urutan ketiga di bawah Apple dan Samsung. Wah kok bisa ya? Padahal perusahaan Xiaomi baru berdiri pada tahun 2010 loh.

 

smartphone xiaomi

 

Lantas, sebenarnya apa saja sih yang membuat smartphone Xiaomi begitu diminati banyak orang, khususnya di Indonesia? Nah, ini dia lima alasan mengapa smartphone Xiaomi sangat digandrungi.

 

 

5 Alasan Smartphone Xiaomi Selalu Laris di Pasaran

 

 

Spesifikasi Dewa dengan Harga Terjangkau

 

Alasan pertama yang membuat Xiaomi laris manis adalah spesifikasi dewa yang disematkan di setiap produknya. Xiaomi selalu menghadirkan berbagai fitur-fitur unggulan seperti prosesor yang mumpuni, RAM dan memori internal besar, kamera beresolusi bagus, dan fitur kekinian lainnya.

Dengan spesifikasi dewa ini, bukan berarti Xiaomi mematok harga setinggi-tingginya, produknya justru dibanderol dengan harga terjangkau. Mengapa Xiaomi bisa menjual dengan harga murah? Hal ini dikarenakan oleh strategi pasar Xiaomi yang memangkas biaya produksi, seperti earphone atau headset yang dijual terpisah.

 

 

Strategi Pemasaran yang unik

 

Strategi pemasarannya Xiaomi ini cukup unik. Pasalnya Xiaomi memang menyasar semua segmentasi untuk semua pengguna gawai, berdasarkan budget yang pas untuk setiap konsumen. Untuk itu Xiaomi membuat dua seri untuk masing-masing target pasarnya: Redmi dan Mi series.

 

smartphone xiaomi

Xiaomi Mi Series

 

Salah satu rangkaian seri ini adalah Redmi 5 dan Redmi 6 yang belum lama ini dirilis dengan target pasar kelas menengah ke bawah. Kedua seri Redmi ini pun disambut baik oleh konsumen. Sedangkan Mi series memang ditargetkan untuk menyasar kalangan menengah ke atas, seperti Mi 8 atau Mi 8 Lite.

 

 

Penjualan Online dan Promosi Kalem

 

Xiaomi memang lebih fokus pada penjualan online dan melakukan promosi di media sosial. Setiap kali meluncurkan produk terbarunya, Xiaomi akan menjualnya lewat promosi flash sale yang bekerjasama dengan e-commerce terpercaya seperti Shopee. Cara inilah yang membuatnya laris dan berbeda.

Bukan hanya menuai kesuksesan, dengan srategi marketing seperti ini Xiaomi pun dapat menghemat biaya. Selain itu Xiaomi juga melakukan penjualan konvensional dengan membuka Mi Store di berbagai kota besar di Indonesia. Uniknya lagi, promosi yang dilakukan Xiaomi lebih kalem dengan tidak membuat iklan dengan model artis terkenal seperti brand smartphone lain.

 

smartphone xiaomi

Flash Sale Xiaomi. Sumber foto: shopee

 

 

 

MIUI dan Qualcomm Smartphone Xiaomi

 

Para Mifans tentunya sudah tidak asing lagi dengan MIUI, sistem operasi dari Xiaomi. Pasalnya MIUI ini merupakan modifikasi dari sistem operasi Android yang juga diminati para pengguna Xiaomi.

Selain menggunakan MIUI, semua gawai keluaran Xiaomi juga sudah dibekali dengan SoC Snapdragon dari Qualcomm loh. Dan kabarnya, kerjasama antara Xiaomi dan Qualcomm ini membuat harga produksi Xiaomi menjadi lebih murah.

 

 

Dukungan Kuat dari Mifans Smartphone Xiaomi

 

Ada banyak sekali Xiaomi fans garis keras yang diberi nama Mifans. Untuk memanjakan para pengguna, khususnya Mifans, Xiaomi menyediakan aplikasi Mi Community agar Mifans bisa sharing dan berbagi berita dan pengalaman tentang penggunaan produk Xiaomi. Para Mifans ini juga suka mengadakan meet up loh.

 

Itu dia lima alasan kenapa smartphone Xiaomi selalu digandrungi oleh konsumen. Kamukah salah satunya?

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This