[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Halo-halo adik sanak segalo! Apo kabarnyo? Balik lagi kek Anin di siko.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Eh maap keterusan pake bahasa Bengkulu hehehe. Arti dua kalimat di atas cuma: Apa kabarnya? Kembali lagi dengan Anin di sini. Simpel yak.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Hmmm sedikit kepo nih teman-teman. Sudah setengah bulan berlalu, puasanya tetap jalan terus kan? Masih belum ada yang bolong kan? Kalau Anin sih belum ada yang bolong walaupun seringnya ngga sahur gara-gara insomnia. Iye tahu kok itu salah Anin yang belum bisa tidur sebelum jam dua pagi huhu.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Anyway, biasanya kalau puasa teman-teman pada ngapain? Terutama pas jam ngabuburit nih enaknya jalan-jalan kan ya. Eits, Anin mau mengajak kalian untuk ngabuburit bareng nih. Mau ke mana, Nin?

[/vc_column_text][vc_column_text]

Kita akan ke satu lokasi ngabuburit spesial di mana kita bisa mendapati berbagai jajanan kuliner khas Bengkulu di sana, plus ada hiburan menarik pula. Di manakah itu?

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://3.bp.blogspot.com/-tT163v2j7rw/WxAuE1yZHkI/AAAAAAAACz4/xnqlGWfupoQgNY6_gJ1CpsEG_drX1xxJgCLcBGAs/s640/pesona-ramadan-2018-pada-jajanan-kuliner-khas-bengkulu-2.jpg”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Lokasi tujuan kita adalah Kampung Ramadan Camkoha yang dilaksanakan di Jalan Pangeran Natadirja, Kelurahan Jalan Gedang, Kota Bengkulu. Kebetulan Kampung Ramadan Camkoha ini diselenggarakan oleh salah satu stasiun tv di Bengkulu yang terkenal dengan tagline-nya Camkohaaaaaa.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Jalan Pangeran Natadirja ini termasuk salah satu jalan utama di Bengkulu. Untuk mendatanginya kita bisa dengan naik angkot kuning, dengan kendaraan pribadi, maupun dengan menaiki ojek online. Kabarnya sih ada diskon khusus untuk pengguna ojek daring yang tujuannya ke Pasar Ramadan ini. Jangan takut susah menemukannya, karena lokasinya yang strategis tepat di tepi jalan besar.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Yang pertama bisa kita dapatkan di sini adalah hiburan dong. Apa saja? Ada lomba Qasidah selama sebulan penuh, akustik religi, fashion show busana Islami, Pensi atau pentas seni dari berbagai sekolah. Dan untuk anak muda kekinian saat ini tenang, sudah disediakan booth selfie dengan latar aneka kuliner lho.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text css_animation=”right-to-left”]

Pesona Ramadan 2018 pada Jajanan Kuliner Khas Bengkulu

[/vc_column_text][vc_column_text]

Amenitas yang tersedia di Pasar Ramadan ini adalah layanan penukaran uang kecil oleh Bank Bengkulu. Tak perlu takut membawa uang dengan pecahan seratus ribuan ke sini, karena bisa langsung ditukarkan dengan pecahan uang kecil. Atau bisa juga menukarkan uang kecil untuk jatah THR anak-anak dan keponakan-keponakan nantinya. Oh iya, karena diselenggarakan di area stasiun televisi, maka tempat parkir yang disediakan pun luas sehingga nyaman jika membawa kendaraan pribadi.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Ih berarti semacam pasar kaget ya Nin? Pasti tempatnya semrawut dan becek begitu kan ya?

[/vc_column_text][vc_column_text]

Eh jangan salah lho! Pasar Ramadan Camkoha ini sama sekali jauh dari semrawut yang biasa kita temukan di pasar-pasar kaget. Justru pedagang-pedagang di sini sudah ditata dengan rapi dan lokasinya pun bersih.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://1.bp.blogspot.com/-rIOJZwQfPIQ/WxAoafxetnI/AAAAAAAACzg/-YkBlmYh-qQvijrUeerymWKXHp86ghi8QCLcBGAs/s640/suasana-di-pasar-ramadan-camkoha-jajanan-kuliner-khas-bengkulu.jpeg” caption=”Suasana di Pasar Ramadan Camkoha Bengkulu”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Selain mencari hiburan, salah satu tujuan kita adalah untuk mencari bukoan atau makanan untuk berbuka puasa dong. Yes inilah saatnya kita untuk berburu jajanan kuliner khas Bengkulu. Di Pasar Ramadan Camkoha ini ada banyak sekali makanan khas Bengkulu yang bisa kita temukan. Apa saja?

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”15px”][vc_custom_heading text=”Gulai Palak Ikan” font_container=”tag:h2|text_align:center|color:%23dd240f” google_fonts=”font_family:Alfa%20Slab%20One%3Aregular|font_style:400%20regular%3A400%3Anormal” css_animation=”rotateInDownRight”][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/2″][vc_empty_space height=”12px”][vc_column_text]

Salah satu kuliner khas Bengkulu yang rasanya tak asing lagi adalah gulai palak ikan. Gulai palak ikan adalah kepala ikan kakap atau ikan gebur yang diolah dengan santan, cabe, asam belimbing dan daun ruku-ruku. Kepala ikan apanya yang bisa dimakan sih Nin? Bayangin cuma ada kepalanya doang. Eh justru di sanalah seninya gaes. Kepala ikan malah menjadi salah satu hidangan favorit warga Bengkulu lho! Harganya tergantung dengan ukuran, bervariasi mulai dari Rp 25 ribu hingga 45 ribu rupiah.

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/2″][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://1.bp.blogspot.com/-KqQBrWWvGWY/WxAoVt3YpRI/AAAAAAAACzY/9PErAqpAaCsBDdJ0K7OAA-qefEEptRa_QCLcBGAs/s640/gulai-palak-ikan-jajanan-kuliner-khas-bengkulu.jpeg” caption=”Gulai Palak Ikan”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”15px”][vc_custom_heading text=”Rebung Undak Liling” font_container=”tag:h2|text_align:center|color:%23dd240f” google_fonts=”font_family:Alfa%20Slab%20One%3Aregular|font_style:400%20regular%3A400%3Anormal” css_animation=”rotateInDownRight”][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/2″][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://2.bp.blogspot.com/-DwhMX4z38a4/WxAoXLIdQZI/AAAAAAAACzc/JlUaT-jtAhMsm9K_cSRxaIFqm25yc0LswCLcBGAs/s640/rebung-undak-liling-jajanan-kuliner-khas-bengkulu.jpeg” caption=”Rebung Undak Liling”][/vc_column][vc_column width=”1/2″][vc_empty_space height=”17px”][vc_column_text]

Pasti bagi sebagian orang yang baru melihat makanan jenis ini akan merasa aneh. Rebung undak liling ini merupakan makanan dari sejenis siput tawar panjang (liling panjang) yang diolah dengan menggunakan santan serta bumbu-bumbu, tak lupa pula dengan rebung atau bambu muda yang telah diiris-iris. Untuk harganya pun sangat terjangkau nih teman-teman, hanya sekitar Rp 10 ribu rupiah saja. Hmmm, kalau rebung sendiri sudah pernah nyobain belum?

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”15px”][vc_custom_heading text=”Gulai Bagar Hiu” font_container=”tag:h2|text_align:center|color:%23dd240f” google_fonts=”font_family:Alfa%20Slab%20One%3Aregular|font_style:400%20regular%3A400%3Anormal” css_animation=”rotateInDownRight”][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/2″][vc_column_text]

Sama seperti telur penyu yang dijadikan santapan oleh masyarakat Bengkulu, hiu pun demikian. Ya sudahlah, ini aku cuma cerita aja ya. Dulu aku pernah mencobanya sekali dan setelah tahu itu dari hiu, aku pun berjanji tidak akan memakannya lagi. Kasian soalnya, huhu.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Gulai Bagar Hiu memang menjadi salah satu makanan khas Bengkulu walaupun sekarang sudah jarang ditemukan. Daging hiu dimasak dengan bumbu yang telah digiling hingga halus dengan tambahan kelapa goreng serta cabe merah. Harganya juga bervariasi, mulai dari Rp 10 ribu hingga 30 ribu rupiah.

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/2″][vc_empty_space height=”15px”][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”bounceIn” custom_src=”https://3.bp.blogspot.com/-nECm02CzjDY/WxAoUpR6TSI/AAAAAAAACzU/np8uVCODXAQ93LTC6GD_fKy2HVXsSp_vQCLcBGAs/s640/gulai-bagar-hiu-jajanan-kuliner-khas-bengkulu.jpeg” caption=”Gulai Bagar Hiu”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Nah itu dia ketiga jajanan kuliner khas Bengkulu yang bisa ditemukan di lokasi ngabuburit kita guys. Jadi, ini dia Pesona Ramadan 2018 pada jajanan Kuliner khas Bengkulu. Kalau daerahmu yang jadi Pesona Ramadan daerahmu apa nih? Sharing yuk!

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Baca juga: [Menyusuri Wisata Peninggalan Inggris dan Pantai Bengkulu]

Baca juga: [Sehat dengan Yogurt dan Buah-buahan]

Baca juga: [Lima Manfaat Madu][/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This