Sedikit banyak pasti kita masih ingat tentang metabolisme yang dibahas pada pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Apa yang dimaksud dengan metabolisme? Singkatnya, metabolisme adalah reaksi kimiawi yang terjadi dalam setiap sel organisme yang hidup. Metabolisme adalah sebuah proses yang dialami oleh tubuh kita dalam mencerna makanan, menyerapnya, lalu mengasimilasinya dan diubah menjadi energi.

Dalam metabolisme, memang berkaitan antara makanan dan minuman yang kita konsumsi serta energi yang dihasilkan untuk menunjang aktivitas tubuh kita. Sebab ketika kita mengkonsumsi makanan serta minuman, tubuh hanya akan mengambil sari makanan untuk diubah menjadi sumber energi.

 

metabolisme adalah

 

Namun tak bisa dipungkiri bahwa pada zaman serba instan seperti sekarang ini, kita cenderung melakukan pola hidup yang kurang sehat. Nah, bila hal ini terus dilakukan dalam jangka panjang tentunya dapat berdampak pada kesehatan kita. Jadi kita harus bisa menjaga kesehatan, pola hidup, dan perilaku sehari-hari.

Ketahanan tubuh dan metabolisme bisa kita perhatikan loh. Ada beberapa ciri yang menunjukkan bahwa metabolisme tubuh seseorang itu cukup bagus sehingga sulit terserang penyakit. Bagaimana ciri metabolisme yang baik?

 

 

 

 

Metabolisme adalah Proses Kimiawi dalam Tubuh Manusia. Bagaimana Ciri Metabolisme yang Baik?

 

 

 

Berat Badan Terkontrol

 

Pasti kita pernah melihat orang yang hobinya makanan tapi tetap kurus ya kan. Aku punya seorang teman yang seperti ini, di mana makannya bisa lebih dari lima kali sehari, belum ditambah dengan camilan, namun berat badannya terkontrol. Yup, sistem metabolisme di tubuhnya sangatlah lancar.

Bila metabolisme tubuh lancar, setiap kalori yang masuk dari makanan akan dibakar dan diubah menjadi produksi energi. Sistem pembakaran yang normal dapat menjadi pengaruh baik untuk proses pembakaran kalori selanjutnya. Akibatnya, zat-zat beracun dan lemak dapat dikeluarkan melalui keringat, sehingga berat badan pun terkontrol. Dengan begitu kita dapat meminimalisir risiko terkena diabetes maupun penyakit jantung.

 

 

metabolisme adalah

Metabolisme adalah proses kimiawi dalam tubuh, di mana makanan yang kita konsumsi terkait erat dengan energi yang dihasilkan.

 

 

Sirkulasi Darah Lancar

 

Semakin baik sistem metabolisme pada tubuh manusia, sirkulasi darah pun menjadi lebih efisien. Sirkulasi darah inilah yang dapat menjadikan telapak kaki serta tangan serasa lebih hangat, proses pembentukan sel darah cepat, penyerapan nutrisi lebih terkontrol dan juga kita jadi lebih berenergi.

 

 

Mood yang Baik metabolisme adalah

 

Sistem metabolisme tubuh dapat mempengaruhi kondisi mood seseorang. Hal ini dikarenakan bila saraf parasimpatik dan simpatik tidak seimbang, dapat memicu kita untuk merasakan stres. Sebaliknya, dalam keadaan seimbang kedua saraf ini dapat membantu seseorang lebih rileks, tenang, dan tidak merasa cemas. Oleh sebab itulah sistem metabolisme yang baik dapat membantu menyeimbangkan kedua saraf parasimpatik dan simpatik dan menciptakan mood yang baik.

 

 

Peremajaan Kulit

 

Selanjutnya, yang dapat kita lihat dari keseimbangan metabolisme adalah proses peremajaan kulit. Ketika sistem metabolisme berjalan dengan baik, kulit akan menjadi lebih sehat. Kotoran dan racun yang mengendap dalam tubuh akan dikeluarkan, lalu oksigen dan nutrisi akan didistribusikan. Hasilnya kulit menjadi lebih halus, bersinar, dan terlihat lebih muda.

 

 

metabolisme adalah

Metabolisme menghasilkan energi untuk kita beraktivitas.

 

 

Sistem Imun Terjaga

 

Sistem imun yang terjaga ikut menjadi ciri metabolisme yang baik. Ketika metabolisme berjalan dengan baik, sistem sirkulasi darah selalu lancar, maka sel darah putih dalam tubuh akan bekerja dengan optimal. Kinerja dari sel darah putih yang optimal ini dapat membuat tubuh menjadi lebih tangguh untuk menghadapi berbagai macam virus maupun bakteri jahat.

 

 

Nah, itulah beberapa ciri yang menandakan metabolisme dalam tubuhnya berjalan dengan baik, selalu sehat dan sistem imunnya masih bekerja dengan baik. FYI, ada beberapa cara meningkatkan imun tubuh yang bisa dilakukan.  Untuk melengkapi kebutuhan imun tubuh, kita bisa mencoba Paket Bundle Realfood Royal Wellness & Stay Fit yang diformulasikan khusus untuk menjaga daya tahan tubuh.

Jangan lupa konsumsi makanan bergizi, melakukan pola hidup sehat, olahraga teratur, dan beristirahat yang cukup ya. Stay healthy, stay safe.

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This