Setelah sempat sakit beberapa waktu lalu, aku kembali disadarkan bahwa pada dasarnya sehat itu mahal, terutama di saat pandemi seperti ini. Mau konsul ke klinik dokter nggak berani, ke rumah sakit apalagi. Dahlah, pilihan paling aman cuma berkonsultasi lewat online ke salah seorang teman yang berprofesi sebagai dokter. daya tahan tubuh

Iya, cuma kecapekan yang bikin daya tahan tubuhku menurun dan akhirnya drop. Sampai akhirnya harus diawasi oleh temen dokterku itu setiap hari, just in case terjadi sesuatu yang nggak diinginkan. Padahal kecapekan doang tapi tetap aja ya kan, was-was jadinya.

 

daya tahan tubuh

 

“Abis ini jangan sampai sakit lagi ya, Nin. Rumah sakit udah pada penuh, nakes beberapa udah bertumbangan. Tolong sebisa mungkin jaga daya tahan tubuh biar nggak terkena penyakit, apapun itu. Sehat itu mahal loh di saat seperti ini, kalau sakit sekarang susah deh, percaya aja.”

Begitulah pesan teman dokterku yang masih kuingat dengan baik hingga hari ini. Wajar sih dia berpesan seperti itu, di saat yang serba tidak menentu seperti saat ini. Di saat penderita corona semakin bertambah, bahkan kini penderita aktif corona virus di Indonesia mencapai peringkat pertama di Asia Tenggara. Sebuah prestasi yang sama sekali tidak kita harapkan.

Mengingat kita masih harus menunggu uji coba tahap akhir dari beberapa vaksin, serta belum ditemukannya obat yang benar-benar efektif melawan covid-19, kita masih harus bergantung pada imunitas yang kita andalkan agar terhindar dari berbagai penyakit di luar sana. Maka dari itu, ada beberapa tips yang kulakukan untuk menjaga daya tahan tubuh agar sistem imun tetap kuat.

 

 

 

 

7 Tips untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

 

 

 

Tetap Bahagia dan Hindari Stres

 

Iya, aku sangat paham bila stres adalah salah satu yang lumrah kita rasakan saat ini. Sementara di saat seperti ini kita paling rentan merasakan stres. Hari-hari belakangan ini nggak pernah gampang buat kita semua.

Ada banyak penyebabnya, seperti tugas-tugas Work From Home yang seolah tiada henti, anak-anak yang bersekolah dari rumah yang menyita waktu dan perhatian, tugas-tugas rumah, keinginan untuk tetap produktif, dan lain sebagainya.

Solusinya adalah tetap bahagia dan hindari stres. Cari hal-hal yang membuat dirimu tetap bahagia, bisa dengan detox diri dari media sosial misalnya. Menjauh sementara dari selalu memelototi media sosial dan melakukan hal lain bisa jadi satu hal yang oke loh.

 

daya tahan tubuh

Smile and be happy.

 

Atau menjauh sebentar dari berbagai berita mengenai coronavirus pun bisa menjadi opsi yang baik. Biasanya kalau media sosial dan berita-berita sudah terasa seperti toxic, aku akan menjauh sejenak atau bahkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Dan bila terasa sudah membaik, aku pun kembali dengan perasaan yang lebih fresh. Namanya juga bloger, ya kan, mana bisa benar-benar meninggalkan media sosial untuk selamanya.

Kalau kamu merasa bahagia hanya dengan beristirahat dan leyeh-leyeh sepanjang hari, maka lakukanlah. Nggak ada yang memaksamu untuk selalu produktif kok. Jangan sampai tuntutan untuk menambah skill ini dan itu dengan mengikuti kelas baru atau webinar-webinar malah membuatmu merasa semua menjadi beban. Semua terserah padamu, temans, yang penting kita tetap bahagia dan kita terhindar dari stres, agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

 

 

Rajin Berjemur di Pagi Hari

 

Rupanya anjuran untuk rajin berjemur di pagi hari ini memang sebaiknya kita lakukan loh. Untuk meningkatkan sistem imun tubuh, temanku yang dokter itu malah menganjurkan untuk rajin berjemur terutama di pagi hari pukul 08.00-10.00.

Sebab tubuh kita memproduksi vitamin D dengan bantuan sinar matahari, yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga untuk pertumbuhan tulang. Selain itu vitamin D juga akan mempercepat pemulihan tubuh saat terserang penyakit.

 

 

 

daya tahan tubuh

Beristirahat yang cukup.

 

 

 

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Istirahat yang Cukup

 

Selalu begadang di setiap harinya seperti Anin? Hahaha, sebaiknya jangan lagi dilakukan, temans. Kurang tidur ternyata tidak baik untuk kesehatan kita sebab dapat berpengaruh langsung pada kesehatan fisik dan mental. FYI, untuk orang dewasa disarankan untuk istirahat yang cukup selama 7-9 jam setiap harinya.

Nah, pada saat kita tidur, tubuh merilis protein sitokin, sejenis protein yang bertugas sebagai respon imun tubuh juga untuk melawan peradangan dan infeksi. Jadi bayangkan saja bila kita kurang tidur, maka sitokin yang diproduksi tubuh pun akan kurang dan tak bisa melaksanakan fungsinya dengan baik, kan.

 

 

Rutin Berolahraga

 

Satu lagi pesan yang seringkali diingatkan oleh temanku, bahwa sebisa mungkin kita harus rutin berolahraga di saat pandemi ini. Tubuh akan menjadi lebih fresh dan bugar, akibatnya daya tahan tubuh pun meningkat. Rutin berolahraga juga membuat tubuh lebih banyak memproduksi endorfin yang dapat mengurangi persepsi rasa sakit, stres, kelelahan, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kualitas tidur, loh.

 

 

Cukup Minum Air Putih

 

Idealnya dalam sehari kita perlu minum minimal 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Kekurangan cairan tubuh atau yang disebut sebagai dehidrasi dapat mempengaruhi kesehatan, baik fisik maupun mental. Terutama pula, air dapat membantu proses pengeluaran racun-racun yang terdapat dalam tubuh, yang dikeluarkan melalui keringat dan urin.

Pssstt, air juga dapat meningkatkan produktivitas, menghaluskan dan mencerahkan kulit juga, loh!

 

 

daya tahan tubuh

Jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas sehari.

 

 

 

Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

 

Lagi-lagi masih tentang penerapan gaya hidup sehat. Apalagi di saat pandemi ini, maka untuk menjaga daya tahan tubuh kita harus lebih ekstra dalam memperhatikan konsumsi makanan. Pilih makanan dengan nilai gizi seimbang, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dll. Jangan lupakan buah dan sayur yang kaya akan antioksidan.

 

 

Minum Jamu

 

Pernahkah kamu dianjurkan minum jamu oleh orang tua? Racikan herbal asli Indonesia ini memang dipercaya bisa mencegah macam-macam penyakit dan dapat menjaga daya tahan tubuh sehingga kita tetap segar dan bugar. Jamu juga punya berbagai khasiat yang bagus untuk tubuh.

Jamu diolah dari berbagai jenis tumbuhan yang tumbuh di tanah air. Seperti jahe, kencur, kunyit, serai, dan masih banyak lagi. Jahe misalnya, memiliki fungsi antiinflamasi, antioksidan, dan antioksidatif. Jahe juga dapat mengobati flu dan penyakit lain, bahkan kanker loh.

Apalagi di saat pandemi, minum jamu bisa membantu meningkatkan sistem imun sebab racikannya yang terbuat dari beragam tanaman kesehatan tersebut.

 

 

 

 

Minum Jamu, Sebuah Tradisi Turun Temurun yang Harus Dilestarikan

 

 

 

Kata jamu berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu ‘djamoe‘ yang berarti djampi/doa serta ‘oesodo‘ yang berarti kesehatan. Sehingga jamu dari jejamu dapat diartikan sebagai minuman dengan khasiat untuk menyembuhkan penyakit, serta menjaga kesehatan agar jauh dari penyakit di setiap harinya.

 

daya tahan tubuh

Minum jamu, sebuah tradisi turun-temurun.

 

Jamu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari budaya kita sebagai salah satu bentuk perawatan kesehatan, yang merawat dari luar maupun dalam. Dari luar jamu berpengaruh penting pada kesegaran dan keindahan penampilan. Sedangkan dari dalam jamu membantu memberikan kesehatan pada organ tubuh yang memerlukannya.

Tradisi minum jamu telah diwariskan secara turun-menurun, membuatnya melegenda sebagai warisan budaya Indonesia yang wajib kita lestarikan dan sebarluaskan. Budaya minum jamu sangatlah berharga sebab dapat memanfaatkan sumber daya alam tanah air sesuai dengan kearifan lokal yang dapat mengikuti kemajuan teknologi dan perkembangan zaman.

 

 

 

 

Warisan Tradisi sebagai Basis Industri Kesehatan, Kecantikan, Daya Tahan Tubuh, dan Kebugaran; Sebuah Kearifan Lokal dalam Modernitas

 

 

 

Mustika Ratu memiliki visi untuk menjadikan jamu sebagai warisan tradisi keluarga sebagai basis industri perawatan kesehatan, daya tahan tubuh, kebugaran, dan kecantikan. Tentunya dengan menggunakan tanaman dari alam sebagai bahan baku utamanya yang telah terbukti sebagai kearifan lokal melalui penelitian terbaru serta melewati proses teknologi berkelanjutan.

Ibu Mooryati Soedibyo (founder Mustika Ratu) melalui Mustika Ratu telah mampu membawa jamu dan produk-produk kecantikan berbahan baku alam, juga kearifan nilai budaya Jawa pada posisi terhormat di tengah industri modern saat ini.

 

daya tahan tubuh

Jamu sebagai warisan tradisi dan kearifan lokal.

 

Produk-produk yang keberadaannya selama ini eksklusif hanya untuk putra dan puri  Keraton Surakarta serta kaum aristokrat Jawa belaka, kini dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Inilah misi yang diemban oleh Mustika Ratu.

Ibu Mooryati Soedibyo bahkan mendapatkan banyak penghargaan atas dedikasinya dalam melestarikan kearifan lokal Indonesia, loh! Beberapa penghargaannya, seperti:

  • Penghargaan UPAKARTI dari Presiden Indonesia untuk usaha Pelestarian Obat Tradisional Indonesia, 1989.
  • Penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk rekor EMPU JAMU, 2008.
  • Penghargaan Sarwono Prawirohardjo IX dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atas jasanya di bidang Iptek Jamu dan Kosmetik Tradisional, 2010.
  • Penghargaan UNS Award dari Universitas Sebelas Maret (UNS) di bidang pengembangan budaya, 2011.

 

 

 

 

Herbamuno+, Inovasi dari Mustika Ratu untuk Jamu Indonesia

 

 

 

Minum jamu memang bagus untuk kesehatan dan kecantikan, tapi kebayang nggak sih kalau setiap hari kita harus mengolahnya sendiri dari berbagai tanaman, di tengah kesibukan? Pastinya repot banget, ya kan.

Inilah yang menyebabkan Mustika Ratu terus berinovasi untuk memproduksi jamu sesuai dengan permintaan pasar, berbentuk kaplet, pil, dan serbuk. Saat ini bahkan jamu dapat masuk dalam kemasan botol, kaleng, dan kotak, setelah melalui proses ekstraksi tentunya.

 

herbamuno+

Herbamuno+, inovasi jamu dari Mustika Ratu.

 

Herbamuno+ merupakan inovasi produk kesehatan herbal dari Mustika Ratu. Perusahaan kesehatan dan kecantikan holistik satu ini memang berkomitmen pada kehidupan herbal alami. Mustika Ratu menggunakan manfaat dan khasiat berbagai tumbuhan Indonesia, digabungkan dengan kearifan lokal dari Royal Heritage Recipe atau resep warisan tradisi keraton, serta diolah dengan teknologi modern menjadikannya Herbamuno+ yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh kita.

Herbamuno+ mengandung bahan herbal berkhasiat yang diambil dari alam Indonesia, di mana manfaat dan kegunaannya telah terbukti secara empiris. Dengan menggunakan resep turun-menurun dari Empu Jamu BRA Mooryati Soedibyo, tanpa tambahan bahan pengawet dan 100 % alami sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Kita pun nggak perlu pula ragu mengonsumsi Herbamuno+ karena telah tersertifikasi Halal oleh Majelis Ulama Indonesia. Herbamuno+ sendiri terdiri dari beberapa kemasan, yaitu 1 strip berisi 4 kaplet dan 1 box berisi 12 strip.

 

herbamuno+

1 strip Herbamuno+.

 

 

 

 

Manfaat dan Kandungan Herbamuno+ dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh

 

 

 

Mustika Ratu memiliki misi untuk membantu menjaga kesehatan masyarakat Indonesia. Maka Herbamuno+ memiliki kandungan lima herbal pilihan yang asli dari alam Indonesia, guna membantu menjaga daya tahan tubuh, yaitu: sambiloto, akar manis, meniran, jahe emprit, daun jambu mete.

 

kandungan dan manfaat herbamuno+

 

Sambiloto

Sambiloto berfungsi sebagai antivirus, antinyeri, antiradang, penurun demam;

Akar manis

Akar manis berfungsi sebagai antivirus, antinyeri, antiradang, meredakan batuk (ekspektoran), serta sesak napas.

Meniran

Meniran berfungsi sebagai hepaprotektor dan immunomodulator;

Jahe Emprit

Jahe emprit berfungsi sebagai immunomodulator, gastroprotektor, dan mengatasi mual muntah;

Daun Jambu Mete

Daun jambu mete berfungsi untuk meredakan diare, antinyeri, dan melegakan pernapasan (bronkodilator).

 

 

 

 

Lebih Lanjut Tentang Herbamuno+

 

 

 

Aturan Pakai

  • Dewasa

Untuk menjaga daya tahan tubuh: 2x sehari 2 kaplet;

Bila terdapat gejala-gejala sakit: 2x sehari 3 kaplet;

Saat sakit: 2x sehari 3 kaplet.

  • Anak-anak

2-12 tahun: 2x sehari 1 tablet

 

 

herbamuno+

 

 

Peringatan:

  • Untuk penggunaan Herbamuno selama 4 minggu secara terus-menerus, sebaiknya diberikan jarak 2 minggu sebelum dikonsumsi kembali serta harus berada dalam pengawasan dokter.
  • Hindari penggunaan Herbamuno pada ibu hamil dan menyusui, serta penderita alergi pada tanaman Acanthaceae.

 

Interaksi:

  • Herbamuno berinteraksi dengan obat golongan kortikosteroid, misalnya prednisolone.
  • Herbamuno berinteraksi dengan golongan diuretic kuat, thiazide, cardiac glycoside, spironolakton atau amiloride.

 

Kontraindikasi:

Kontraindikasi untuk pasien hipokalemia, hipertensi, gangguan ginjal dan udem.

 

 

 

 

Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi Tetap Terjaga dengan Herbamuno+, Bebas Beraktivitas Tanpa Cemas

 

 

 

Herbamuno+ Natural Immunomodulator merupakan suplemen jamu dengan bahan herbal berkhasiat dari alam Indonesia. Herbamuno+ bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah pandemi agar kita tetap bisa beraktivitas tanpa harus selalu dihantui perasaan khawatir.

 

daya tahan tubuh

Herbamuno+ untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi.

 

Apalagi beberapa ini aku sering kali harus keluar rumah untuk mengurus banyak hal. Padahal salah satu keuntungan menjadi seorang bloger itu bisa bekerja dari mana saja, bahkan dari rumah. Tapi apa daya, satu dan lain hal menuntutku untuk harus bepergian keluar rumah, untuk menyelesaikan tugas dan sesekali berbelanja keperluan bulanan.

Begitupun keluargaku, adek-adek masih memperlakukan school from home dan sesekali masih harus datang langsung ke sekolah. Mama masih harus mengerjakan tugas rumah tangga dan tugas-tugasnya yang lain.

Cemas sih, awalnya. Apalagi penderita positif covid sudah mulai memasuki lingkar terdekat di lingkup keluarga, ya cukup bikin was-was sih. Maka tentu saja, aku harus memastikan bahwa sistem imun dan daya tahan keluargaku harus tetap kuat. Selain melakukan beberapa tips yang telah aku jelaskan sebelumnya, mengonsumsi Herbamuno+ menjadi salah satu ikhtiarku agar sistem imun tetap kuat di tengah pandemi.

 

herbamuno+

Dengan Herbamuno+, bebas beraktivitas tanpa cemas.

 

Berdasarkan pengalamanku sih, setelah mulai rutin mengonsumsi Herbamuno+, aku jadi nggak gampang sakit. Ah ya, saat proses pemulihan dari sakit beberapa waktu lalu pun aku dibantu dengan Herbamuno+ sebagai suplemen penguat imun tubuh.

Kalau sekarang sih aku udah kembali produktif, dan masih mengonsumsi Herbamuno+ dong, karena ada banyak manfaatnya serta membuatku bisa beraktivitas tanpa dibayangi perasaan cemas dan khawatir. Tentu saja dibarengi dengan selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sebagai bentuk perlindungan diri, dong.

Penasaran nggak sih, kalo mau beli Herbamuno+, di mana aja bisa belinya? Herbamuno+ kini sudah tersedia di apotek-apotek kesayangan terdekat dari rumah, official online store dari Mustika Ratu, juga berbagai e-commerce. Cek langsung link-link di bawah ini ya!

Yuk jaga daya tahan dan tingkatkan sistem imun tubuh dengan rutin mengonsumsi Herbamuno+. Kita bareng-bareng jaga imunitas biar bisa bebas beraktivitas tanpa cemas. Jangan lupa menerapkan 3M, 7 tips menjaga daya tahan tubuh di atas serta  rutin berolahraga juga, ya, temans! ^^

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This