[vc_row][vc_column][vc_column_text]Selamat kamis siang, semuanya![/vc_column_text][vc_column_text]

Yang suka belanja daring yok angkat tangan! *ngelirik ke tumpukan hasil belanja daring di kamar. Aku dong hehe, kamu juga kan? Hampir setiap minggu kurir dari ekspedisi pengiriman mampir ke rumah mengantarkan belanjaan bukuku. Iya parah banget memang.

[/vc_column_text][vc_column_text]

Karena aku sering belanja daring, makanya dari awal kuliah mulai belajar jualan juga. Dulu sih aku jualan macem-macem, mulai dari make up, tas, sampai buku. Pada dasarnya memang ngga bisa diem sih. Dari awalnya cuma jualan ke teman-teman, jadi mulai jualan lewat sosial media terutama instagram. Dulu sih belum terpikir sama sekali untuk membuat online shop sendiri, dodol ya?

[/vc_column_text][vc_column_text]

Walaupun masih menjadi mahasiswa, tetap harus bisa memutar otak untuk mencari uang tambahan dong. Apalagi zaman sekarang yang serba canggih ini banyak sekali yang bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Di samping menjadi mahasiswa, karyawan atau bahkan ibu rumah tangga, kita juga harus mulai memikirkan sampingan sebagai pemasukan tambahan. Untuk itu, salah satu pekerjaan sampingan saat ini adalah berjualan daring yang tentunya dibarengi dengan membuat online shop sendiri. Kenapa sih harus membuat online shop?

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”15px”][vc_custom_heading text=”Alasan mengapa harus membuat online shop sendiri” font_container=”tag:h2|text_align:center|color:%238c6ff7″ google_fonts=”font_family:Aladin%3Aregular|font_style:400%20regular%3A400%3Anormal” css_animation=”zoomIn”][vc_zigzag color=”chino” el_width=”80″ el_border_width=”8″ css_animation=”zoomIn”][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text css_animation=”right-to-left”]

Tren market saat ini sedang bergeser ke arah online

[/vc_column_text][vc_column_text]

Mengikuti perkembangan zaman, target pasar mulai beranjak ke belanja daring. Tren online market memang sedang tinggi peminatnya. Orang-orang berlomba untuk berbelanja daring karena berbagai keuntungan yang didapatkan. Maka dari itu kita juga bisa memanfaatkan tren saat ini dan mulai berkecimpung dengan membuat bisnis online juga.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text css_animation=”right-to-left”]

Praktis

[/vc_column_text][vc_column_text]

Membuat online shop itu praktis! Kenapa sih? Ya iya lah, kita cuma butuh waktu dan koneksi internet. Oh iya ponsel dan laptop juga diperlukan untuk berjualan daring.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text css_animation=”right-to-left”]

Tidak Membutuhkan Modal Besar

[/vc_column_text][vc_column_text]

Membuat online shop bisa dikatakan tidak perlu banyak modal. Kita tidak perlu membutuhkan toko fisik dan tidak perlu repot membuat brosur untuk memasarkan produk. Dengan berjualan daring jangkauan pembeli menjadi jauh lebih besar daripada penjualan offline.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_empty_space height=”15px”][vc_custom_heading text=”Bagaimana cara membuat online shop yang mudah dan praktis?” font_container=”tag:h2|text_align:center|color:%238c6ff7″ google_fonts=”font_family:Aladin%3Aregular|font_style:400%20regular%3A400%3Anormal” css_animation=”zoomIn”][vc_zigzag color=”chino” el_width=”70″ el_border_width=”8″ css_animation=”zoomIn”][vc_empty_space][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column width=”1/2″][vc_column_text css_animation=”right-to-left”]

Tentukan Produk yang Ingin Dijual

[/vc_column_text][vc_column_text]

Sebelum mulai membuat online shop pastikan terlebih dulu apa yang ingin dijual, apakah itu berbentuk produk atau jasa. Nah, kita harus memilih produk yang bisa dikirim fisik ataupun online. Jika kita telah memutuskan untuk menjual produk berbentuk fisik, kita juga harus mencari tahu mengenai cara pengiriman barang dan ekspedisi yang efisien. Rencanakan dengan matang terlebih dahulu produk yang ingin dijual, jangan sampai saat online shop sudah berjalan, kita malah merasa terbebani.

[/vc_column_text][/vc_column][vc_column width=”1/2″][vc_empty_space][vc_single_image source=”external_link” alignment=”center” css_animation=”appear” custom_src=”https://3.bp.blogspot.com/-Y05Ibc-FKOs/WrNvMBqofiI/AAAAAAAACUc/Prea_Lr17eQpWz9GPPzgnOAnr-c18xGggCLcBGAs/s640/membuat-online-shop-sendiri.png”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text css_animation=”right-to-left”]

Buat Online Shop

[/vc_column_text][vc_column_text]

Setelah tahu apa yang akan dijual, langkah kedua adalah mulai membuat online shop kita pribadi. Ada banyak cara membuat online shop, salah satunya adalah membuat website. Mengapa harus membuat website? Karena website adalah rumah untuk jualan kita, di mana kita bisa mengembangkan produk dan memiliki brand. Tapi kan membuat website itu sulit?

[/vc_column_text][vc_column_text]

Jangan takut dulu karena tidak ada yang sulit jika kita berani mencoba. Di zaman yang praktis ini kita bisa memanfaatkan banyak platform untuk membuat website jualan, salah satunya adalah winmarket.id. Winmarket merupakan platform e-commerce ecomeerce yang bertujuan untuk meningkatkan omzet jualan kita dengan go online. Di winmarket, kita bisa membuat online shop dengan mudah dan praktis. Jika bingung ada banyak sekali panduan bisa digunakan dalam membuat online shop di sini. Selain itu kita juga bisa menyebarluaskan produk dengan sistem dropship yang disediakan oleh winmarket. Seandainya dulu aku sudah mengenal winmarket, sudah pasti sedari dulu aku punya website untuk jualan daring.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text css_animation=”right-to-left”]

Strategi Pemasaran

[/vc_column_text][vc_column_text]

Langkah terakhir yaitu menyusun strategi pemasaran produk yang akan dijual. Kita bisa menggunakan sosial media untuk menjangkau calon pembeli dan memasarkan produk di marketplace, tapi pastikan semua tersambung dengan website utama agar di manapun pembeli berada mereka tetap tahu di mana ‘rumah’ kita. Kemudian jangan lupa untuk menggunakan iklan seperti google adwords, facebook ads, dan intagram ads yang berfungsi untuk memperluas jangkauan audience. Semakin luas jangkauan audience maka semakin banyak pula calon pembeli produk kita.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]

Jadi kamu mau menunggu apa lagi? Yuk segera buat online shop-mu untuk mendapatkan omzet jutaan rupiah.

[/vc_column_text][vc_column_text]Baca juga: [Membuka Usaha dengan Modal Hanya 5 Juta, Bisa!]

Baca juga: [Tips Merencanakan Biaya sebagai Solusi Kekurangan Dana Saat Lamaran]

Baca juga: [Tutorial ala Zaskia Sungkar untuk Gaya Hijab Trendi dan Keren][/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][/vc_column][/vc_row]

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This