Kehilangan itu menyakitkan. Kehilangan itu meluluhlantakkan, memerosok dalam kubangan hitam pekat tiada batas. Menjeratmu dalam dimensi waktu tanpa ujung. Menyerap semua rasa, menyisakan rasa bersalah berkepanjangan.Back up data, otg sandisk, usb otg checker, kehilangan, kenangan, #DibuangSayang, #SandiskAPAC

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya, pelukan itu untuk kali terakhir. Bahwa permintaan untuk menciumnya di pipi adalah pinta terakhir. Dia, pusat hidupku, support system-ku nomor satu, diam-diam telah pergi, membawa sebagian hatiku pergi bersamanya.

Dalam sekejap duniaku runtuh.

 

Aku telah abai mencerna tanda-tanda yang ia berikan sejak beberapa hari sebelumnya. Senyum sedih itu, permintaan aneh itu, pertanyaan-pertanyaan itu, nasihat-nasihat itu. Bahkan aku belum sempat meminta maaf untuk perdebatan kami sebelumnya. Meski aku selalu tahu, ia akan selalu memaafkan, tanpa peduli apapun yang terjadi.

Kini tak ada lagi senyum hangat layaknya dopping semangat saatku lelah. Tak akan ada lagi telepon-telepon bernada khawatir itu. Tak ada lagi omelan-omelan bila pada pagi buta aku tak kunjung memejamkan mata. Tak ada lagi yang percaya bahwa aku bisa menjadi apa saja. Tak ada lagi yang mengenalku dengan lebih baik ketimbang diriku.

Ternyata aku bukan hanya kehilangan, tapi juga tak lagi mengenal diriku sendiri.

 

pentingnya back up data smartphone dengan USB OTG SanDisk

 

 

 

Kehilangan Kesempatan untuk Terus Melekatkan Kenangan di Ingatan

 

 

Yang aku tahu saat itu, ada rindu di setiap udara yang kuhidu. Ada nyanyian keheningan menjelma menjadi pengiring pagi hingga malamku. Ada rintik air mata jatuh di pipi, titik demi titik lalu hilang tersapu tetesan air mata lainnya.

Berjibaku dengan kesedihan di setiap waktu itu melelahkan. Padahal kata orang, waktu itu menyembuhkan. Namun mengapa yang kurasa hanya kehilangan bahkan di setiap detiknya?

Bukan, bukannya aku mengajarkan untuk terpaku pada masa lalu. Pada kebahagiaan semu yang tak akan datang kembali itu. Kita juga masih harus menyongsong masa depan, karena perjalanan kita masih panjang. Benar bukan?

Kamu juga harus tahu bahwa masa lalu lah yang membuat kita menjadi lebih hidup. Ada ingatan tentang kenangan manis. Ada memori kebahagiaan tercipta, tersimpan di sudut hati, menunggu untuk muncul kembali. Memoar akan gestur dan bahasa tubuh mereka yang tercinta, perhatian-perhatian kecil mereka.

 

Karena mereka yang pergi, sesungguhnya tak pernah benar-benar pergi.

 

pentingnya back up data smartphone dengan USB OTG SanDisk

 

Tidak ada yang lebih menyedihkan ketimbang kehilangan kenangan.

 

Namun kenangan-kenangan itu seyogyanya diabadikan pula dalam bentuk digital, guna mematri memori dalam bentuk nan bisa selalu kita ingat dengan jelas, bukan sekadar bayangan memoar samar-samar yang meringkuk dan menunggu saatnya muncul itu. Melekatkannya dalam bentuk yang dapat kita lihat secara langsung, seperti foto atau pun video.

Kini setelah tujuh bulan berlalu, satu hal yang sangat aku sesalkan adalah kehilangan kenangan. Kehilangan data foto-foto di gawaiku lebih tepatnya, saat sebulan lalu micro SD-ku rusak dan tak dapat lagi diperbaiki.

Smartphone-ku juga memori internalnya full dan memutuskan untuk nge-hang di saat yang bersamaan. Akibatnya banyak foto-foto yang hilang, terutama foto-foto kenangan kebersamaanku dengan Ayah. Dan bodohnya lagi, berkat kecerobohanku ini, foto-foto tersebut sama sekali belum di-back up, baik di harddisk maupun lokasi penyimpanan daring.

 

Ah, ya ya ya. Namanya juga manusia, kan? Kekhilafan ini tentunya menjadi pelajaran besar buatku, untuk rajin mem-back up data -data penting, karena selama ini yang membuatku malas mem-back up adalah karena terlalu repot saat menyambungkan ponsel dengan laptop. Akibatnya, ya tentu saja penyesalan melanda.

Aku kehilangan kesempatan untuk terus melekatkan semua kenangan di ingatan, karena foto-foto yang hilang tersebut.

 

 

 

Penyebab Kehilangan Data Ponsel

 

 

Smartphone memang tak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Kita menggunakan gawai untuk berbagai hal: mulai dari sarana hiburan, menyampaikan informasi, bekerja, bahkan untuk berbagai hal yang tak terbayangkan sebelumnya. Nah, bila berbicara mengenai ponsel pintar, kita tak bisa lepas dari data. Namun sebelumnya, apa sih yang dimaksud dengan data itu?

 

Data: n Komp informasi dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer, seperti representasi digital dari teks, angka, gambar grafis, atau suara [Kamus Besar Bahasa Indonesia V]

 

Kehilangan data ponsel pun sebenarnya merupakan hal yang lumrah dan bisa ditandai dengan beberapa hal sekaligus:

  • File rusak ataupun tidak dapat diakses karena kerusakan operasi perangkat;
  • Penimpaan struktur kontrol data atau penghapusan file tanpa disengaja;
  • Data dari sistem tidak bisa diakses;
  • Gawai sering eror bekerja lebih lambat dari biasanya;
  • Terdapat peringatan memori penuh.

 

pentingnya back up data smartphone dengan USB OTG SanDisk

Kehilangan data, apa tanda dan penyebabnya?

 

Hilangnya data di gawai pun bisa disebabkan oleh banyak hal:

  • Hilangnya data akibat kelalaian manusia, seperti penghapusan file dengan disengaja ataupun tidak; dan penimpaan file.
  • Hilangnya data akibat kehilangan perangkat.
  • Kerusakan data akibat virus, malware, bug, perangkat lunak sistem operasi, aplikasi, atau saat updating sistem operasi dan aplikasi gawai.
  • Kerusakan pada memori penyimpanan, tidak adanya space kosong pada memori, atau kerusakan pada perangkat.
  • Tidak melakukan back up data secara berkala

 

 

 

Pentingnya Melakukan Back Up Data Smartphone

 

 

Back up data berarti menyalin atau memindahkan kumpulan informasi atau data, dari satu media ke media lainnya. Dalam hal ini, tentu saja back up data smartphone ke media penyimpanan lainnya, misalnya laptop ataupun media penyimpanan daring.

Kamu gimana, Nin? Lebih suka back up di mana?

Sebenarnya aku lebih suka mem-back up di harddisk eksternal, tapi sejak salah satu harddisk-ku malah eror corrupt sejak tahun lalu, bisa dikatakan aku tak pernah lagi membackup data smartphone. Kenapa tidak di Dropbox atau Google Drive, misalnya? Sayangnya tidak, karena aku tidak selalu terhubung dengan koneksi internet stabil sepanjang waktu.

 

pentingnya back up data smartphone dengan USB OTG SanDisk

Back up data smartphone, cukup rumit bila harus selalu terhubung langsung dengan laptop ataupun koneksi internet.

 

Yang jadi pertanyaannya, apakah yang merasa menyesal dan kesal karena tidak melakukan back up data gawai ini hanyalah aku seorang? Ternyata tidak, teman-teman.

Wajib kita ketahui bahwa menurut survei dengan judul Indonesia Consumer Mobile Habit and Data Management Survey oleh DEKA yang dikomisikan Western Digital Corp, 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di ponsel mereka. Riset ini dilakukan di 6 kota: Yogyakarta, Bandung, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Medan dengan melibatkan total responden sejumlah 1.120.

Dari hasil survei ini pula, didapatkan data bahwa 80% responden paham dan sadar akan pentingnya back up data smartphone, tapi ternyata hanya 1/3-nya saja yang teratur memback up setiap sebulan sekali. Salah satu alasan jarangnya mereka memback up data, yaitu prosesnya cukup rumit dan memakan waktu.

 

Padahal pada bulan September 2018 saja, tingkat penetrasi smartphone di Indonesia berada pada angka 27.4% atau sebanyak 73 juta pengguna, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna gawai terbesar keenam di dunia Dan 97% responden di antaranya mengandalkan smartphone sebagai gawai utama untuk lebih banyak fungsi, mulai dari video, gaming, sosial media, bekerja, dan lain-lain.

Ponsel pintar pun kini sudah dianggap sebagai pengganti kamera. FYI, dari total 90% responden, mereka lebih sering menggunakan smartphone untuk mengambil gambar daripada untuk menelepon (87%) atau chatting (72%).

Dan data yang ada pada smartphone pun hampir seluruhnya terdiri dari foto (98%) dan video (79%). Menariknya, 56% responden menggunakan memori internal 16-32 GB dan tidak cukup untuk menampung foto-foto dan video tersebut.

 

Kapasitas memori yang tidak mencukupi dan jarang mem back up data, apa akibatnya? Ya tentu saja, risiko untuk kehilangan data di smartphone menjadi semakin besar, tercatat sebanyak 67% responden pun pernah kehilangan data. Sehingga proses back up data sejatinya menjadi krusial untuk saat ini.

 

pentingnya back up data smartphone dengan USB OTG SanDisk

Hasil Survei: Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey.

 

 

 

SanDisk USB On The Go (USB OTG SanDisk)

 

 

SanDisk yang tergabung dalam naungan Western Digital Corp sebagai produsen #SanDiskAPAC sangat mengerti kebutuhan kita akan proses back up data ponsel yang mudah dan cepat. Untuk itulah, SanDisk memberikan solusi berupa SanDisk USB On The Go atau yang bisa kita singkat sebagai USB OTG SanDisk.

USB On The Go (USB OTG) SanDisk merupakan USB flash drive untuk membantu kita membaca, menyalin, dan memindahkan data dari gawai ke komputer. Hal ini berkat konektor USB 3.0 dan konektor type lain (micro USB, USB type A, USB Type C, dan mini flash drive) di sisi lainnya untuk memindahkan berkas antar perangkat. Tentunya harus disesuaikan dengan jenis konektor USB di gawai kita masing-masing.

Ada lima tipe USB OTG dari SanDisk yang bisa kita pilih.

 

 

 

5 Tipe USB OTG SanDisk

 

 

  • SanDisk Ultra Dual Drive USB type-C

USB OTG SanDisk yang pertama adalah SanDisk Ultra Dual Drive USB type-C yang dikhususkan untuk pengguna Android. Dengan konektor USB 3.1 berkecepatan tinggi di satu sisi dan USB type-C di sisi lainnya (bisa juga untuk USB type-A, USB OTG ini memungkinkan kita untuk mentransfer data antar ponsel, tablet dan komputer dengan lebih mudah, dengan kapasitas 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

 

  • SanDisk Ultra Dual Drive m3.0

Seperti SanDisk Ultra Dual Drive USB type-C, USB OTG yang kedua ini dapat digunakan oleh para pengguna ponsel Android. Untuk mentransfer berkas dari gawai ke komputer, SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 memiliki konektor micro-USB di satu sisi dan USB 3.0 di sisi lainnya. Adapun kapasitasnya adalah 16 GB, 32 GB, 64 GB, dan 128 GB.

 

5 tipe USB OTG SanDisk

5 tipe USB OTG SanDisk

 

  • SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0

USB OTG tipe ketiga ini dapat digunakan oleh para pengguna ponsel Android. Untuk mentransfer berkas dari gawai ke komputer, SanDisk Ultra Dual USB Drive 3.0 memiliki konektor micro-USB di satu sisi dan USB 3.0 di sisi lainnya. Dengan kapasitasnya adalah 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

 

  • SanDisk Flash Drive iXpand

USB OTG SanDisk yang keempat ini dikhususkan untuk pengguna iPhone dan iPad. SanDisk iXpand Flash Drive ini memiliki konektor Lightning fleksibel dan konektor USB 3.0 untuk dihubungkan ke komputer. Dengan kapasitasnya yaitu 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.

 

  • SanDisk Flash Drive Mini iXpand

SanDisk Flash Drive Mini iXpand pun dikhususkan untuk pengguna iPhone dan iPad, dengan konektor Lightning fleksibel dan konektor USB 3.0 untuk dihubungkan ke komputer. Memiliki kapasitas 64 GB.

 

USB OTG SanDisk

SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C

 

 

 

10 Alasan Harus Back Up Data dengan SanDisk Ultra Dual Drive USB On The Go

 

 

Tak ingin lagi kehilangan kenangan, aku akhirnya selalu membawa SanDisk Ultra Dual Drive USB Type-C ku ke mana-mana. Selain untuk meminimalisir kehilangan data ponsel (dan kehilangan kenangan) seperti Anin, ada 10 alasan kita harus back up data smartphone dengan USB OTG SanDisk, antara lain:

 

 

Memudahkan Proses Back Up Data

 

Sesuai dengan tujuan utamanya, USB OTG SanDisk berfungsi untuk memudahkan saat kita akan memindahkan data lintas perangkat, dalam hal ini dari smartphone ke laptop atau PC. Proses back up jadi lebih mudah berkat konektor USB 3.0, USB 3.1, micro USB, dan USB type X dari USB OTG SanDisk yang bisa disesuaikan dengan tipe gawai ini.

 

 

Kompatibel Back Up Data OTG SanDisk

 

Flash Drive ini kompatibel dengan berbagai perangkat, dengan konektor mini flash drive, USB Type-C, USB Type-A, Micro USB, USB 3.0 dan USB 3.1. Jangan lupa pilih jenis yang sesuai dengan gawai milikmu sebelum membeli, ya.

 

USB OTG SanDisk

Konektor USB type-C di satu sisi

 

USB OTG SanDisk

Konektor USB 3.1 di sisi lain.

 

 

Plug and Play Back Up Data OTG SanDisk

 

Plug and play juga memiliki peran penting. Males banget kan, kalau harus ribet saat menggunakan perangkat eksternal baru? Untungnya, USB OTG SanDisk ini bisa langsung digunakan alias plug and play. Kita juga tak memerlukan koneksi internet untuk memindahkan data ponsel.

 

 

Cepat Transfer File Hingga 150Mb/detik

 

USB OTG SanDisk dengan USB 3.0 berkecepatan tinggi membuat proses transfer file menjadi super cepat. Untuk USB OTG berkapasitas 16 GB, kecepatan bacanya hingga 130 Mb per detik, sedangkan untuk kapasitas 32 GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB memiliki kecepatan baca hingga 150 Mb per detik.

 

 

Back Up Data Otomatis OTG SanDisk

 

Tak perlu takut terlupa menyalin data, setiap kali terhubung ke smartphone risiko kehilangan data bisa diminimalkan, karena OTG SanDisk secara otomatis akan mem-back up data kita.

 

USB OTG SanDisk

Saat disambungkan ke smartphone.

 

 

Kapasitas Memori Besar

 

SanDisk sangat memahami kebutuhan kita akan penyimpanan data dengan menyediakan beberapa pilihan kapasitas memori, mulai dari 16 GB, 32, GB, 64 GB, 128 GB, dan 256 GB. usb otg checker

 

 

Aplikasi Manajemen Data

 

Di dalam USB OTG SanDisk, telah ditanamkan aplikasi Memory Zone (Android) dan iXpand Drive App (iPhone dan iPad) untuk membaca, menyimpan, mengatur, menyalin, dan memindahkan file dari memori gawai ataupun sosial mediamu dalam satu lokasi dan memberikan ruang bebas atau free space pada memori gawai. usb otg checker

Dua aplikasi ini bisa kita untuk di Play Store dan App Store loh. Kerennya lagi, aplikasi Memory Zone pun dapat membantu kita untuk menemukan file di seluruh lokasi penyimpanan. Jadi semua bisa kita lakukan dengan aplikasi manajemen data dari SanDisk ini. usb otg checker

 

USB OTG SanDisk

Ada 10 alasan harus back up data smartphone dengan USB OTG SanDisk.

 

 

Desain Elegan dan Simpel

 

Tak perlu berdesain ribet, karena justru kesederhanaan desain dari USB OTG Sandisk ini malah membuatnya terlihat elegan dan simpel. Ukurannya pun imut, yang disesuaikan dengan jenis konektornya, sehingga proses transfer data jadi lebih praktis di mana pun dan kapan pun.

 

 

Mudah Dibawa Back Up Data OTG SanDisk

 

Desainnya yang simpel dan elegan ini membuat USB OTG SanDisk memiliki keuntungan lain. Karena simpel inilah, USB OTG ini berukuran kecil dan ringan, sehingga mudah dibawa ke mana-mana serta mendukung mobilitas tinggi kita.

 

 

Garansi 5 Tahun Back Up Data OTG SanDisk

 

Seperti produk-produk SanDisk lainnya, USB OTG SanDisk pun terjamin kualitasnya dengan garansi selama lima tahun. Jangan sampai salah beli ya, cari produk original dengan stiker garansi distributor resmi. Ini untuk menjamin bila terjadi kerusakan, mudah diklaim di empat distributor resmi SanDisk Indonesia. usb otg checker

 

USB OTG SanDisk

Tak perlu lagi kehilangan kenangan bila rutin back up data smartphone dengan USB OTG SanDisk.

 

 

 

USB OTG SanDisk Beli di Mana?

 

 

USB OTG ini memang sangat memudahkan kita. Namun, di mana sih kita harus membelinya? usb otg checker

Nggak usah khawatir, karena UTG ini sudah tersedia di seluruh Indonesia. Namun teman-teman harus teliti saat membeli ya, jangan asal beli karena murah saja. Pastikan teman-teman membeli produk SanDisk dengan stiker hologram di bagian belakang kemasan produk, untuk menjamin keasliannya.

Atau daripada pusing, mendingan langsung aja beli di toko official SanDisk di Shopee. Langsung aja klik link ini:  USB OTG Sandisk, atau bisa juga dengan klik button di bawah ya. PS: toko official-nya SanDisk ini sering promo loh. Selain produk yang terjamin keasliannya, dapet harga murah pula. Double untung deh.

Kenangan dan memori tentunya #DibuangSayang. Daripada kehilangan kenangan kembali terulang, lebih baik selalu back up data smartphone dengan USB OTG Sandisk, jadi kita bisa lebih tenang, ya kan?

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This