Saat pandemi sekarang ini, tanam-menanam menjadi favorit baru untuk mengisi waktu di rumah aja. Mulai dari anak muda hingga buk-ibuk memilih untuk memanfaatkan waktu yang tersedia dengan menjadikan rumah menjadi lebih hijau berkat tanaman. Ah tentu saja berwarna-warni karena bunga-bunga beraneka rupa. pertumbuhan tanaman.

Nah, bila kita memutuskan untuk memelihara tanaman di rumah, tanaman kebun ataupun tanaman pertanian, wajib hukumnya merawatnya agar tetap subur dan terpelihara dengan baik. Kita tidak hanya diharuskan untuk memberi pupuk dan air di waktu tertentu, juga merawat tanaman tersebut agar pertumbuhannya tetap baik.

 

 

pertumbuhan tanaman

 

 

FYI, tahukah teman-teman bahwa ada satu hal yang dapat membantu pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik, yaitu dengan memperdengarkan alunan musik. Kenapa? Ternyata ada lima pengaruh musik pada pertumbuhan tanaman, loh. Ada apa saja?

 

 

 

 

5 Pengaruh Musik Pada Pertumbuhan Tanaman

 

 

 

Mempercepat Penyerapan Pupuk

 

Penelitian membuktikan bahwa tanaman yang berada dekat dengan musik di frekuensi tertentu dapat membuat penyerapan pupuk 700% lebih banyak dan kecepatan tumbuh pun bertambah sebesar 99% dari biasanya. Bahkan salah satu tanaman pada penelitian tersebut dapat tumbuh hingga 3,5 meter, padahal biasanya hanya tumbuh 4,5 cm.

 

 

Mempercepat Proses Pematangan Buah

 

Tahu nggak sih temans, saat ini banyak perusahaan budidaya pertanian dan perkebunan yang memberikan suplemen musik untuk membantu proses pertumbuhan dan pengembangan tanaman. Salah satunya adalah perusahaan anggur di Afrika Selatan yang bergerak dalam bidang budidaya tanaman anggur.

Perusahaan anggur ini melakukan eksperimen dengan cara memberikan suplemen musik baroque pada tanaman-tanamannya. Hasilnya adalah pertumbuhan anggur menjadi lebih cepat, pun begitu dengan proses pematangan buah anggurnya.

 

 

pertumbuhan tanaman

Ada 5 pengaruh musik pada pertumbuhan tanaman, loh.

 

 

 

Menambah Bobot Tanaman

 

Musik ternyata mampu menambah berat atau bobot tanaman. Hal ini dibuktikan pada sebuah penelitian dengan objek tanaman kailan yang diperdengarkan musik gamelan. Hasil penelitiannya adalah terjadi penambahan bobot tanaman secara signifikan saat diiringi dengan musik gamelan.

Penelitian lebih lanjut pun mengatakan bahwa musik tidak hanya berpengaruh pada berkembangnya bobot tanaman, juga menambah tinggi tanaman kailan dan melebarnya bukaan stomata.

 

 

Menambah Banyaknya Daun

 

Selain mampu mempercepat kematangan buah, membuat daun lebih cepat berkembang, dan menambah bobot tanaman, musik juga dapat menambah banyaknya daun.

Hal ini dibuktikan dengan penelitian pada tanaman brokoli dari satu siswa Indonesia yang diiringi dengan musik klasik. Hasilnya brokoli tersebut menghasilkan banyak daun, sebab musik klasik membuat tanaman tersebut tidak stres. Sehingga resapan air meningkat, daun menjadi lebih banyak dan tanaman brokoli tumbuh dengan cepat.

 

 

pertumbuhan tanaman

Tapi jangan lupa sesuaikan jenis musik terhadap jenis tanamannya.

 

 

 

Membantu Proses Pertumbuhan Jaringan Tanaman

 

Musik berpengaruh langsung dalam pertumbuhan tanaman, terutama pada pertumbuhan jaringan daun dan batang. Dalam satu jurnal disebutkan bahwa bila kita bernyanyi dengan diiringi oleh gitar akustik akan membantu pertumbuhan batang dan daun, salah satunya pada sawi hijau.

Dijelaskan lebih lanjut dalam jurnal penelitian ini, bahwa dalam waktu 40 hari terjadi pertambahan bagian jaringan pada tumbuhan secara signifikan dibanding dengan tanaman lain tanpa musik akustik.

 

 

 

 

Mengapa Musik Memiliki Pengaruh Pada Pertumbuhan Tanaman?

 

 

 

Pastilah menjadi pertanyaan, mengapa musik dapat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman? Hal ini disebabkan oleh teknologi sonic bloom. Teknologi sonic bloom ini merupakan teknologi yang memanfaatkan efek gelombang suara untuk dialirkan ke tanaman.

Aliran frekuensi yang dialirkan mampu merangsang stomata untuk berada dalam keadaan tetap terbuka, sehingga meningkatkan efisiensi fotosintesis. Alhasil tanaman tersebut menghasilkan jumlah produksi mutu yang terbilang optimal.

 

 

Nah, itulah tadi 5 pengaruh musik pada pertumbuhan tanaman. Buat teman-teman yang ingin memberikan iringan musik pada tanaman di rumah, jangan lupa untuk memastikan bahwa jenis musik yang akan digunakan tersebut cocok dengan tanaman yang dimiliki ya.

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This