Setelah satu minggu yang melelahkan, tak salah bila kita ingin rehat, menyegarkan pikiran serta membuat diri merasa lebih tenang karena terbebas dari kejaran aktivitas selama lima hari sebelumnya. Baik itu sekolah, kuliah, pekerjaan, ataupun beragam kegiatan lainnya. Am I right?  Wisata bengkulu, pantai panjang, pantai panjang bengkulu, wisata di bengkulu, staycation, djo front one inn hote

Maka bukan hal aneh bila beberapa hari lalu aku memutuskan untuk piknik tipis-tipis. Nah, untuk weekend getaway kali ini, aku berencana untuk staycation sekaligus menikmati quality time dengan seorang sahabat yang sudah lama belum berjumpa.

Tak perlu waktu lama, cukup dua hari saja, sabtu dan minggu. Trip kali ini pun sebenarnya agak dadakan, karena si teman ini baru mengabari akan datang ke Bengkulu beberapa hari sebelumnya dan kebetulan aku sedang butuh liburan. So yeah, mari kita staycation lagi!

 

pantai panjang, wisata bengkulu, wisata di bengkulu, pantai panjang bengkulu

 

Setelah bertemu di salah satu tempat makan sabtu siang itu, kami memutuskan untuk langsung datang ke beberapa tempat wisata Bengkulu yang tak boleh terlewatkan:

 

 

 

Staycation di Bengkulu, ke Mana Saja Enaknya?

 

 

Rumah Pengasingan Bung Karno

 

Rumah pengasingan Bung Karno beralamatkan di Jalan Soekarno Hatta, Kelurahan Anggut Kota Bengkulu. Mengapa dinamakan rumah pengasingan Bung Karno?

Karena dalam masa perjuangan negara kita untuk merebut kemerdekaan, presiden pertama kita Soekarno pernah diasingkan di Bengkulu guna memadamkan api semangat dan kegiatan-kegiatannya. Lokasi tempat wisata di Bengkulu yang satu ini terletak di pusat kota, sehingga akses untuk menuju ke sana pun sangat mudah.

 

pantai panjang, wisata bengkulu, wisata di bengkulu, pantai panjang bengkulu

Wisata Bengkulu #1: Rumah Pengasingan Bung Karno

 

Nggak bosen, Nin, main ke Rumah Bung Karno, salah satu warisan sejarah di Bengkulu? Nggak dong, karena rumahnya masih khas zaman dulu, dengan barang-barang peninggalan beliau yang masih terawat hingga kini. Ditambah dengan deretan buku-buku yang tersusun di rak dan bagian dalam rumahnya yang teduh.

Bahkan aku dan teman-teman Bloger Rafflesia pernah sambil diskusi di meja panjang di teras belakang karena sejuk dan nyaman di sana XP

 

 

Pantai Panjang Wisata di Bengkulu

 

Setelah dari rumah Bung Karno, kami beranjak untuk check in ke Djo Front One Hotel yang terletak persis di sebelah kawasan kampus Universitas Bengkulu, cuma untuk meletakkan barang-barang dan tentu saja untuk siap-siap pergi ke tujuan kami selanjutnya: pantai. Wisata di Bengkulu tentu tak lengkap tanpa singgah di pantainya dong.

 

pantai panjang, wisata bengkulu, wisata di bengkulu, pantai panjang bengkulu

Wisata Bengkulu #2: Pantai Panjang

 

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Bengkulu dikaruniai beragam pantai-pantai cantik. Ada Pantai Sungai Suci, Pantai Berkas, Pantai Jenggalu, Pantai Malabero, Pantai Panjang, dan lain-lain. Dari sekian banyak pantai-pantai ini, Pantai Panjanglah yang menjadi ikon wisata Bengkulu.

Sesuai namanya, Pantai Panjang berada tak jauh dari pusat kota dan membentang dengan garis pantai seluas 7 km dan lebar pantai 500 m. Bila biasanya di tepi pantai terdapat pohon-pohon kelapa, pada Pantai Panjang Bengkulu ini berjejer deretan pohon cemara dan pohon pinus, sehingga pas untuk dijadikan tempat bersantai dan menunggu matahari terbenam.

Chillin‘ di pantai ini sembari menikmati es kelapa muda dengan pemandangan langit sedang berubah warna saat sunset itu, rasanya … priceless.

 

 

Bukit Jipang Staycation Wisata Bengkulu

 

Bila hari sabtunya kami hanya bermain-main di kota Bengkulu, maka pada keesokan harinya kami menuju ke Bukit Jipang yang berada di Curup, Kab. Rejang Lebong. Perjalanan menuju Curup menempuh waktu sekitar dua jam dan untuk menuju ke Bukit Jipangnya sendiri memerlukan waktu sekitar setengah jam hingga satu jam perjalanan.

 

pantai panjang, wisata bengkulu, wisata di bengkulu, pantai panjang bengkulu

Wisata di Bengkulu #3: Bukit Jipang

 

Di Bukit Jipang ini, kita bisa melihat kota Curup dari kejauhan. Udaranya pun masih segar, dengan hamparan hijau pepohonan membentang, rumah-rumah kecil di bawah, birunya Bukit Barisan, awan-awan putih berarak bersamaan, dan langit biru membentang.

Tersedia pula beberapa spot foto instagramable di sini. Perpaduan semuanya cukup menenangkan dan membuat kita siap untuk menghadapi hari-hari berikutnya. Wisata bengkulu, pantai panjang, pantai panjang bengkulu, wisata di bengkulu, staycation

 

 

 

Menginap di Djo Front One Inn Hotel

 

 

Ada cerita lucu di balik alasan kami menginap di hotel ini. Setelah janjian akan menginap di kosanku, saat sampai di Bengkulu aku baru menyadari kalau kunci kosan ketinggalan di rumah. Seceroboh itu? Iya, hiks, parah banget dah.

Makanya saat kami bertemu untuk makan siang, terpaksa diskusi dadakan membahas harus menginap di mana malam itu. Kenapa akhirnya menginap di Djo Front One Inn Hotel?

Empat alasan utamanya adalah karena ingin mencoba menginap di budget hotel yang belum lama dibuka ini, lokasinya yang tak jauh dari kawasan mahasiswa sehingga kami tak perlu repot saat mencari makan malam, harganya yang tak terlalu mahal, dan lebih dekat untuk melanjutkan perjalanan ke Bukit Jipang keesokan harinya.

 

pantai panjang, wisata bengkulu, wisata di bengkulu, pantai panjang bengkulu

Djo Front One Inn Hotel. Sumber gambar: djoforntoneinn.com

 

pantai panjang, wisata bengkulu, wisata di bengkulu, pantai panjang bengkulu

 

 

Review Djo Front One Inn Hotel

 

Budget hotel ini bertemakan musik nan warna-warni. Mulai dari bangunan luar, lobby, lorong, hingga kamar diberikan sentuhan warna-warna cerah. Ada empat pilihan kamar: business class tanpa sarapan, business class dengan sarapan, first class tanpa sarapan, dan first class dengan sarapan.

Mau ke warung nasi padang pun tinggal ngesot, maka kami memutuskan untuk memilih kamar first class tanpa sarapan. Kala itu kami hanya membayar kurang lebih Rp 300.000 untuk berdua.

 

pantai panjang, wisata bengkulu, wisata di bengkulu, pantai panjang bengkulu

Kamar Business Class

 

Sesuai dengan harganya, maka tak heran bila kamarnya tak terlalu luas, bahkan bisa dikatakan cukup kecil. Ruangan yang tersedia hanya kamar dan kamar mandi. Kamarnya pun hanya cukup untuk queen bed serta lorong panjang yang melewati kamar mandi dan ranjang.

Fasilitasnya pun sebenarnya cukup oke. Ada tv, handuk, AC, peralatan mandi, dan dua botol air mineral, cukuplah untuk menunjang kehidupan untuk semalam. Ranjangnya pun nyaman untuk tiduran dan bersantai.

Tapi sayangnya colokan listriknya hanya satu, sementara kami berdua harus men-charge dalam waktu bersamaan. Solusinya? Selanjutnya mesti bawa colokan listrik tambahan kalau mau menginap di sini.

 

 

 

Lobby Hotel Djo Front One Inn

 

 

Well, fokus dari weekend getaway kali ini memang lebih ditekankan untuk bersantai dan relaxing. Jadi bisa staycation dan menginap di Djo Front One Inn Hotel ini pun udah oke banget.

 

Untuk cari hotel murah dan melakukan pemesanan kamarnya pun gampang, cukup dengan Traveloka. Traveloka ini memiliki banyak keunggulan, seperti pay@hotel, easy reschedule, last minute hotel, dan hotel near me sebagai rekomendasi hotel di sekitar kita.

Traveloka juga mempunyai fitur Traveloka PayLater. Dengan Traveloka PayLater, kita bisa melakukan pemesanan hotel ataupun transportasi seperti tiket pesawat maupun kereta api, dan membayarnya kemudian.

Jadi pemesanan tersebut akan ditanggung oleh Traveloka terlebih dahulu, dan kita bisa membayarnya dengan mencicil selama 2-12 bulan.

Cemas data pribadimu disalahgunakan? Nggak usah takut, karena data pribadi kita selaku pengguna aplikasi cicilan online Traveloka PayLater ini aman dan terlindungi kok. Traveloka PayLater telah didukung oleh Danamas, sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali punya izin beroperasi dari OJK. staycation

 

Sekarang udah zamannya cashless gaes, termasuk di dalamnya cicilan online. Kita nggak perlu lagi repot bahwa uang cash ke mana-mana, selain itu juga pastinya lebih aman karena lalu lintas keuangan kita bisa lebih terpantau.

Aku bahkan booking kamar di Djo Front One Inn ini hanya sekitar dua jam sebelum kami check in saja loh. Cuma pesan di Traveloka, bayar lewat m-banking, dan beres. Jadi, mau ke mana kita selanjutnya? Wisata bengkulu, pantai panjang, pantai panjang bengkulu, wisata di bengkulu, staycation

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This