Perawatan rambut memang terlihat ribet, terutama bagi perempuan yang bekerja. Dengan waktu yang terbatas, bila harus singgah di salon tentu saja terkadang melelahkan. Padahal, perempuan mana sih yang tak ingin untuk punya rambut sehat? Tentu saja tidak ada, oleh sebab itu kita harus paham bagaimana cara merawat rambut yang simpel dan efektif.

Rambut bisa dikatakan sebagai mahkota bagi wanita, yang dapat menunjang penampilan. Bahkan bagi perempuan berhijab pun, perawatan rambut tetaplah menjadi bagian penting yang wajib diperhatikan. Apalagi tak sedikit yang dihadapkan dengan berbagai permasalahan, seperti rambut rontok, kasar, kering, mudah patah, bercabang, hingga ketombe.

Lantas, bagaimanakah perawatan rambut yang benar? Kali ini aku ingin berbagi beberapa tips cara merawat rambut yang simpel dan efektif dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah.

 

 

cara merawat rambut

 

 

 

 

Cara Merawat Rambut yang Simpel dan Efektif, Ada 4 Tips yang Bisa Kamu Coba

 

 

 

Cara Merawat Rambut Menggunakan Madu

 

Tips perawatan rambut yang pertama adalah dengan menggunakan madu. Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan madu, bukan? Di samping rasa manis dan lezatnya, madu juga punya beragam khasiat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, madu bagus digunakan untuk kesehatan rambut dan kulit kepala. Pasalnya, zat kompleks pada madu diyakini mampu melembutkan rambut, mengilaukan, hingga mengatasi ketombe.

Ohya, sebelum melakukan perawatan dengan madu, sebaiknya keramaslah terlebih dulu. Setelah itu oleskan madu ke rambut secara merata sembari diberi pijatan lembut. Diamkan sekitar 15–20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

 

 

cara merawat rambut

Cara merawat rambut menggunakan madu

 

 

 

Perawatan Rambut dengan Buah Pisang

 

Pssstt, nggak banyak yang tau loh, bahwa buah pisang dapat dijadikan masker untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Padahal buah satu ini kaya akan kandungan vitamin dan protein, yang dapat menjaga kelembapan rambut, merawat rambut dari kerusakan, mencegah kusam, serta mengatasi masalah ketombe loh.

Cara merawat rambut dengan buah pisang pun sangat mudah, kita hanya perlu menyiapkan satu hingga dua buah pisang. Kupas kulit pisang, tumbuk dagingnya sampai halus, lalu oleskan pada rambut secara merata. Pijat rambut dan kulit kepala secara lembut, dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Dan terakhir, bilas rambut dengan air dingin hingga bersih.

 

 

Cara Merawat Rambut Menggunakan Minyak Kelapa

 

Tahukah teman-teman bahwa minyak kelapa memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan oleh rambut dan kulit kepala?Di antaranya berupa vitamin E, vitamin K, asam kaprat, asam laurat, lemak essensial, serta jenis antimikroba tertentu. Adapun mengenai manfaatnya seperti dapat melembapkan rambut, menghaluskan, dan membuat rambut berkilau.

Untuk cara penggunaannya, siapkan minyak kelapa secukupnya dan oleskan pada rambut secara merata sambil diberi pijatan lembut. Kemudian diamkan selama 10–15 menit dan bilas rambut dengan air dan sampo hingga bersih.

 

 

cara merawat rambut

Perawatan rambut dengan minyak kelapa, kamu sudah coba?

 

 

 

Menggunakan Yogurt dan Telur

 

Pada umumnya, yogurt dan telur ini kerap dijadikan masker untuk perawatan kulit wajah. Namun ternyata keduanya bisa pula digunakan untuk perawatan rambut. Ya, kombinasi yogurt dan telur terbukti efektif untuk melembapkan rambut, mengatasi rambut bercabang, serta mencegah kerusakan pada rambut.

Adapun cara merawat rambut dengan yogurt dan telur adalah sebagai berikut: siapkan 1 butir telur, kupas kulitnya, dan sisihkan ke dalam wadah. Campurkan dengan 5 sendok makan yogurt lalu oleskan pada rambut secara merata. Beri pijatan lembut pada rambut, lalu bungkus rambut dengan handuk atau shower cap, dan diamkan selama sekitar 10. Bilas kembali rambutmu dengan air hangat hingga bersih.

 

Nah, itulah tadi rekomendasi empat tips cara merawat rambut yang simpel dan efektif, yang bisa teman-teman coba di rumah. Tips perawatan rambut di rumah favoritmu yang mana nih, temans? ^^

error: Content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This